Tanaman sorgum mungkin belum begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal tanaman ini kaya akan manfaat karbohidrat dan beragam nutrisi lainnya sehingga menjadi bahan makanan pokok kelima selain manfaat gandum, manfaat padi, manfaat jagung. Tidak hanya bijinya, bahkan daun, batang, dan akar sorgum juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti tanaman obat, bahan pembuatan kertas, hingga bahan pembuatan barang kerajinan.

Sorgum juga terkenal bebas gluten sehingga dapat menjadi bahan makanan alternatif yang aman bagi orang yang alergi terhadap gluten. Dengan kekayaan nutrisi yang dimilikinya ada begitu banyak manfaat sorgum bagi kesehatan di antaranya:

1. Bahan makanan pokok

Bahan makanan pokok

Bahan makanan pokok via http://www.agaricpro.net

Seperti yang telah disebutkan di atas sorgum dapat menjadi alternatif makanan pokok selain beras atau nasi yang dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sorgum juga terbilang kaya serat dan berbagai nutrisi sehingga bisa membantu mencukupkan kebutuhan nutrisi tubuh. Ini membuka peluang untuk diversifikasi pangan sehingga kita tidak terpaku pada beras saja sebagai makanan pokok.

2. Sumber antioksidan alami

Sumber Antioksidan Alami

Sumber Antioksidan Alami via http://www.agaricpro.net

Mengkonsumsi sorgum juga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh di samping bahan makanan lain seperti manfaat buah acerola dan manfaat belimbing. Dengan tercukupinya kadar antioksidan dalam tubuh dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan.

3. Anti tumor

Dengan berbagai aktivitas antioksidan dan nutrisi pada sorgum akan membantu melindungi sel-sel tubuh dari perkembangan yang abnormal yang merupakan cikal bakal terbentuknya tumor. Beberapa bahan alami lain yang juga dikenal dapat berperan sebagai anti tumor di antaranya buah kersen dan manfaat daun sirsak untuk tumor.

4. Mencegah kanker

Dapat mencegah kanker

Dapat mencegah kanker via http://www.agaricpro.net

Selanjutnya konsumsi sorgum secara teratur dalam jumlah cukup juga dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker sehingga anda terhindar dari penyakit kanker yang dikenal sangat mematikan. Pencegahan kanker juga dapat dilakukan dengan beberapa bahan alami seperti manfaat buah aprikot dan manfaat sawi.

5. Mengahambat perkembangan virus

Menghambat perkembangan virus

Menghambat perkembangan virus via http://www.agaricpro.net

Sorgum juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung, kanker, atau HIV-1 karena dapat menghambat perkembangan virus di dalam tubuh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya