Rich Ruffalo menderita retinis pigmentosa, suatu penyakit degeneratif yang akhirnya membuat ia buta ketika masih muda. Amarah, kecewa dan keputusasan yang dialaminya berubah ketika ia menemukan jalan untuk tidak meratapi nasibnya. Sekarang ia adalah seseorang guru, pelatih dan pembicara motivasional, ia telah meraih sejumlah mendali emas dan pengakuan nasional atas prestasi-prestasinya di lapangan maupun di ruang kelas. 

Jangan biarkan kegagalan, kekecewaan dan keputusasaan untuk menghalagi kamu untuk maju. Rich Ruffalo bisa bangkit, nah kamu juga pasti bisa. 7 P ini akan bantu kamu untuk meraih sukses!

1. Plummet (Kondisi Anjlok)

Kegagalanku adalah bantu loncatan untuk sukses via https://www.pinterest.com

Ketika kamu anjlok, sulit untuk menyalakan pikiran positif dari dalam diri. Mungkin kamu berusaha untuk menghidupkan pikiran positif tetapi terasa sulit dan tak mampu. Tapi kamu harus sadar bahwa kemerosotan dan keanjlokkan kamu yang menakutkan dan pengalaman-pengalaman buruk yang dialami itu adalah harga yang harus dibayar untuk menghargai sukses. Ditempatkan untuk mengalami dan merasakan keanjlokan agar kamu tetap rendah hati dan menghargai proses untuk meraih kesuksesan. Kamu harus sadar bahwa pengalaman-pengalaman buruk yang kamu alami dapat menciptakan jalan-jalan positif menuju kesuksesan. Ayo bangkit dari kegagalan!

2. Pride (Harga Diri)

Aku harus tingkatkan harga diriku via https://www.pinterest.com

Yang perlu dikembangkan untuk menjadi Juara adalah (KEPERCAYAAN DIRI, KERJA KERAS, SIKAP MENDAHULUKAN KEPETINGAN SESAMA, PEMBIMBING dan KETEKUNAN). 5 Kualitas tersebut akan membantu kita menjadi peraih-peraih prestasi puncak di sekolah, kampus, pekerjaan, bisnis dan dalam kehidupan.

Kelimanya dapat membantu kamu untuk menanamkan harga diri positif yang kamu butuhkan. Memberikan pengaruh positif bukan hanya untuk diri kamu sendiri,melainkan untuk orang-orang yang berada di sekitar kamu. Mungkin jalan menuju kesuksesan penuh dengan kegagalan, jalan tersebut selalu bisa diperbaiki. Jangan kuatir! Jadi diri sendiri!

3. Pressure (Tekanan)

Tekanan buatku putus asa via https://www.pinterest.com

Semua orang pasti pernah mengalami tekanan dari dalam maupun dari luar. Menggantikan tekanan negatif menjadi tekanan positif merupakan pelajaran yang sangat penting harus kamu pelajari. Ketika kamu merasa tidak sanggup menangani tekanan dan merasa kamu ingin menyerah. Janganlah menyerah! Percayalah pada diri kamu sendiri,percaya bahwa kamu pasti bisa melewati tekanan yang kamu alami. Engga perlu malu kalau kamu mencoba dan ternyata gagal lagi, malulah kalau kamu berhenti untuk mencoba. Tekanan yang kamu alami akan membuat kamu menjadi Juara.

4. Purpose & Passion ( Maksud dan Semangat)

Aku pasti bisa! via https://www.pinterest.com

Kamu mengalami liku-liku kehidupan, mungkin terkadang kamu bertanya dalam hati mengapa segalanya terjadi pada diriku? Terkadang kamu menghabiskan waktu yang lama untuk mencari jawaban yang hanya datang ketika kamu memiliki iman dan keberanian untuk berhenti bertanya. Semua orang mempunyai ujian dan kesusahannya masing-masing. Liku-liku kehidupan yang kamu alami jangan sampai menjadi batu sandungan untuk mencapai misi kehidupan. Orang-orang yang hebat adalah mereka yang mempunyai maksud yang jauh lebih besar daripada diri mereka sendiri.

Nah Kalau kamu bersemangat, bersikap positif dan memandang kebaikan dalam segala hal, hal-hal yang baik akan terjadi. Semangat akan mengalahkan hal-hal negatif, keraguan diri, dan kurangnya kepercayaan diri yang menghalangi kamu dari mencapai hal-hal besar dalam kehidupan. Halangan dan rintangan apapun yang kamu alami sekarang atau akan kamu alami, semangat terus jangan mudah menyerah dengan keadaan. Tingkatkan terus semangat kamu untuk mencapai kesuksesan. Emangnya pintu aja yang bisa didobrak, semangat kamu juga dong!

5. People (Sesama)

Penyemangatku via https://www.pinterest.com

Mungkin ada orang-orang yang tak suka denganmu, meremahkan kamu dan berkata kalau kamu tidak bisa apa-apa. Jangan sedih, tapi tunjukkan kepada orang-orang yang meremahkanmu kalau kamu bisa jadi yang terbaik. Ingat ketika kamu sukses jangan lupa dengan orang-orang di sekitar kamu (keluarga, sahabat, pacar, dll) yang selalu memberikan dukungan, mendengarkan keluh kesah kamu, mendoakan kamu dari jauh, dan menemanimu ketika dalam keadaan susah dan senang. Orang-orang sekitarlah yang membantumu sukses, sebab tanpa dukungan dan bantuan mereka kamu akan sulit untuk mencapai kesuksesanmu. Tetap ingat mereka dan jangan lupakan setiap hal-hal kecil dan besar yang mereka lakukan untuk kamu.

6. Prayer (Doa)

Tetaplah berdoa via https://www.pinterest.com

Doa dapat membantu seseorang melambung ke ketinggian baru, meraih impian-impian yang mustahil, meraih prestasi puncak. Tetap dekatkan diri dengan Tuhan lewat doa, jangan pernah lelah untuk berdoa. Tuhan pasti mendengar semua doa-doamu. Doa mengubah yang tidak mungkin menjadi mungkin. Dan yakin Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik untuk dirimu dan masa depanmu.