Memberikan pelukan umum ditunjukkan sebagai wujud sayang dan perhatian. Pelukan bisa diberikan kepada saudara, sahabat maupun pasangan. Pelukan sebagai tanda ungkapan kasih dan perhatian yang bisa jadi tidak bisa kamu ungkapkan dengan kata-kata. Nah, dengan pelukan kamu dapat menyampaikan isi hati kamu. Selain menyampaikan bahasa cinta, ternyata pelukan juga memiliki banyak manfaat.

Memeluk atau mendapat pelukan dari orang lain memang membuat seseorang merasa seperti terlindungi atau disayangi. Inilah kenapa banyak orang yang menggunakan pelukan untuk menyapa seseorang sebagai tanda keakraban. Lalu, seperti apa manfaat pelukan ditinjau dari segi kesehatan?
Guys, berikut ini adalah manfaat yang kamu peroleh dari memberikan dan menerima pelukan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kesehatan diri

Kesehatan diri via https://goo.gl

Hubungan yang kuat dimulai dari rasa percaya. Pelukan hangat akan membantu meningkatkan rasa percaya kamu terhadap pasangan. Pelukan juga bermanfaat untuk melepaskan ketegangan dalam hubungan sehingga menumbuhkan rasa percaya.

Pelukan dapat meningkatkan rasa percaya diri kepada seseorang yang menerima pelukan. jadi, saat orang yang kamu sayangi butuh dukungan maka tidak ada salahnya kamu memberikan pelukan untuknya. Pelukan akan membuat tenang dan membantu meningkatkan rasa percaya dirinya.

2. Mengurangi Stress

Redakan stres

Redakan stres via https://goo.gl

Pelukan dapat meningkatkan kinerja hormon oksitosin dan serotonin yang membantu kamu lebih tenang dan bahagia. Hormon ini juga akan membantu kamu terhindar dari stress. Nah, jadi tidak ada salahnya memberi pelukan untuk orang tersayang bukan?

3. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Keseimbangan hormon

Keseimbangan hormon via https://goo.gl

Pelukan akan membantu menyeimbangkan kondisi jiwa. Respon dari rangsangan antar kulit yang terjadi antara dua orang saat berpelukan mengantarkan kelembapan dan reaksi listrik di kulit, yang akhirnya menjadikan kondisi mental jadi lebih seimbang.

4. Memberikan Rasa Nyaman

Ungkap

Ungkap via https://goo.gl

Setiap orang, tak peduli umur berapa pun, membutuhkan rasa aman. Menurut penelitian, pelukan dapat membangun rasa percaya dan dapat memberikan perasaan aman. Jadi jika kamu ingin memberikan rasa nyaman, maka memeluknya adalah langkah terbaik.

5. Memiliki Pribadi yang Positif

Berenergi

Berenergi via https://goo.gl

Berpelukan juga memungkinkan seseorang memiliki pikiran yang lebih positif ketika menghadapi tekanan. Hormon oksitosin yang dilepaskan tubuh saat berpelukan memberikan rasa lebih diperhatikan, dipercaya, dan kedekatan emosional. Inilah yang membuat mereka yang menjalani hidup ini kemudian merasa lebih positif dalam menghadapi kendala karena merasa memiliki dukungan dan teman berbagi.

Guys, demikian 5 manfaat pelukan yang perlu kamu ketahui. Jadi, sudah tidak ragu lagi memeluk pasangan dan orang tersayang kamu hari ini?

Meski manfaat pelukan terlihat menjanjikan, bukan berarti hal ini bisa dipaksakan kepada semua orang. Tetap hormatilah jika ada orang yang menolak melakukan hal ini karena prinsip-prinsip hidupnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya