Saya rasa semua setuju kalau rumah dengan nuansa sejuk adalah idaman semua orang. Apalagi sekarang ini cuaca di Indonesia semakin panas karena pengaruh tingginya pemanasan global dan hal lain. Terlebih Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan iklim terpanas di Dunia. Rumah sebagai tempat kita berteduh setelah seharian beraktivitas sudah sewajarnya memberikan kita kenyamanan untuk beristirahat, namun apa jadinya kalau rumah juga terasa panas?

Ini tentu sangat meresahkan kita sendiri, solusi yang terbaik adalah dengan memasang AC atau air conditioner. Namun tidak semua orang tentu mampu memasang AC karena memang biayanya yang mahal.

Namun tenang, Hipwee punya beberapa solusi cerdas untuk kamu yang ingin membuat rumah menjadi lebih sejuk dan dingin serta membuat kamu nyaman tanpa menggunakan AC sekalipun. Langsung saja simak dan lakukan 5 tips menyejukan rumah tanpa AC seperti di bawah ini.

1. Menggunakan Tirai Jendela, Langkah Terbaik Agar Panas Tidak Menyengat

Tirai Jendela dari Bambu

Tirai Jendela dari Bambu via https://rumahmu.com

Jangan cuma menyalahkan matahari saja yang terlalu panas? Coba koreksi apa yang membuat rumah kamu jadi terasa panas? Tentu bagian pertama yang harus diperhatikan adalah jendela karena sebagai ventilasi rumah. Tips yang pertama untuk membuat rumah jadi dingin adalah dengan memasang tirai pada jendela rumah.

Ini sangat penting agar pada siang hari saat matahari memancarkan panasnya, panas tidak terlalu over ke rumah kita karena terdapat tirai jendela yang membuat suasana menjadi lebih sejuk, kamu bisa pakai tirai-tirai dengan tnas bambu untuk hal ini.

2. Biasakan Membuka Jendela di Malam Hari Sebelum Tidur Juga Perlu. Tapi, Pastikan Nggak Ada Nyamuk yang Masuk, Ya!

Membuka Jendela

Membuka Jendela via https://unsplash.com

Advertisement

Saat malam hari terutama saat tidur, ada 2 kebiasaan orang terhadap rumahnya: yang pertama adalah membiarkan jendela rumah terbuka lebar agar udara lebih masuk atau menutupnya rapat rapat karena untuk keamanan.

Namun tentu saja kalau kamu ingin membuat rumah kamu jadi lebih sejuk, bukalah jendela rumah saat malam hari termasuk saat kamu tidur. Apalagi kalau pada musim panas, suhu malam hari tentu lebih rendah dan apabila merasa panas, buka saja jendelanya.

3. Menanam Tanaman di Sekitar Rumah Itu Penting! Ingat, Area Sekitar Rumahmu Pun Butuh Asupan Oksigen Cukup!

Tanaman di Sekitar Rumah

Tanaman di Sekitar Rumah via https://unsplash.com

Salah satu penyebab kenapa banyak orang perkotaan suka dengan lingkungan rumah di perdesaan adalah karena nuansanya yang sejuk. Dan itu semua tentu ada alasannya. Ya, karena rumah di perdesaan kebanyakan di kelilingi oleh berbagai tanaman, maka dari itu nuansa rumah jadi terasa dingin dan enak karena sejuk.

Advertisement

Usahakan mulai sekarang tanamlah berbagai tanaman di sekitar atau sekeliling rumah kamu, itu akan sangat berguna untuk membuat nuansa rumah jadi sejuk. Kalau perlu, buat tempat khusus untuk kamu jadikan taman internal rumah.

4. Menggunakan Lampu Hemat Energi

Lampu Hemat Energi

Lampu Hemat Energi via https://unsplash.com

Tips yang selanjutnya untuk menyejukkan rumah tanpa harus menggunakan AC adalah dengan menggunakan lampu hemat energi dengan daya listrik yang kecil. Hal ini penting karena lampu dengan energi yang hemat akan dapat mengurangi emisi CO2 yang dapat memicu panas dalam rumah. Jangan lupa juga matikan lampu rumah saat siang hari.

5. Ganti Warna Rumah dengan Warna yang Sejuk

Warna yang Sejuk

Warna yang Sejuk via https://unsplash.com

Warna cat dinding rumah juga sangat mempengaruhi sejuk tidaknya suatu rumah. Coba deh bandingkan warna rumah misalnya warna hijau tua dengan biru muda. Kamu pasti secara tidak langsung akan lebih merasa sejuk dengan warna yang biru muda karena bisa memberikan efek sejuk. Pilihlah warna dengan nuansa yang kalem dan tidak terlalu mencolok untuk membuat rumah menjadi lebih sejuk.


Ada banyak sekali kombinasi warna yang bagus untuk membuat rumah jadi sejuk seperti putih, biru muda, oranye atau cokelat muda.


Itulah beberapa tips membuat rumah menjadi lebih sejuk tanpa AC, masih banyak tips lain seperti membuat taman di dalam rumah, meninggikan langit langit rumah atau plafon dan lain sebagainya. Yuk, buat rumahmu jadi senyaman mungkin, sekarang juga!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya