10 Alternatif Tanaman Penghias Meja Tamu Rumahmu, Bukan Cuma Bunga Potong Aja~

Buat sudut ruanganmu semakin manis minimalis dengan 10 tanaman ini!

Tanaman memang selalu sukses mengembalikan mood pemiliknya setelah seharian beraktivitas di dalam maupun luar ruangan. Rimbun dan hijaunya daun, warna-warni kelopak bunga, berhasil menenangkan siapa saja termasuk tamu yang datang ke rumah.

Meletakkan satu pot kecil tanaman hias di atas meja tamu bisa menghemat pengeluaranmu yang biasanya dialokasikan untuk membeli seikat bunga potong. Apalagi pemilihan tanaman hias yang tepat dan perawatannya yang mudah bisa menambah nilai estetika ruang tamu kamu loh.

Nah, kira-kira tanaman hias apa saja yang dapat kamu letakkan di meja tamu sebagai pengganti bunga potongmu? Berikut 10 alternatif tanaman pilihan penghias meja tamu yang bisa banget kamu sontek.

Advertisement

1. Sukulen

Foto oleh Designecologist dari Pexels

Foto oleh Designecologist dari Pexels via http://https

Sekian banyak pilihan tanaman hias, tanaman yang paling menggemaskan dan memiliki bentuk paling unik adalah tanaman sukulen.

Sukulen memang jago dalam hal memikat hati. Jenis tanamannya yang bervariasi dan netral untuk diletakkan di mana saja membuatnya semakin diminati. Enggak hanya itu, dibandingkan tanaman hias yang sedang hype sekarang ini, sukulen tergolong tanaman hias dengan harga ekonomis dan enggak bikin kantung miris.

Advertisement

Sukulen boleh banget dijadikan tanaman hias di atas meja tamu. Selain enggak memakan tempat, sukulen juga sangat mudah dirawat.

2. Sansevieria cylindrica

Foto oleh Ksenia Chernaya dari Pexels

Foto oleh Ksenia Chernaya dari Pexels via http://https

Banyak banget jenis sansevieria, namun, sansevieria cylindrica terbilang unik dan beda dari jenis lainnya. Sansevieria cylindrica tergolong tanaman hias yang sangat mudah perawatannya dan enggak butuh terlalu banyak air juga cahaya matahari. Cukup letakkan satu pot sansevieria cylindrica di atas meja tamu, sudah membuat ruang tamu rumahmu sangat hidup loh dan meninggalkan kesan minimalis. Tertarik mencoba menaruh satu pot di meja tamu?

3. Rosemary

Photo by Fran on Unsplash

Photo by Fran on Unsplash via http://https

Rosemary terkenal sebagai tanaman herba yang banyak dimanfaatkan lembaran daun dan batangnya sebagai penambah cita rasa. Contohnya saja di atas daging steak panggang. Namun, semakin hype tanaman hias, ternyata rosemary pun dapat dijadikan pilihan tanaman alternatif pengganti bunga potong di atas meja tamu. Cantiknya dapat, manfaatnya juga dapat. So, kalau kamu sedang bikin steak di rumah, tinggal petik aja daun rosemary dari ruang tamu.

Advertisement

4. Hyacinthus

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Photo by Annie Spratt on Unsplash via http://https

Ingin tetap menambahkan kesan warna pada meja tamu tapi enggak mau kehilangan kesan minimalis, boleh dicoba meletakkan tanaman hyacinthus warna ungu. Tanaman hyacinthus akan mengesankan bahwa pemilik rumah adalah orang yang menyenangkan sehingga tamu akan merasa kerasan.

5. Tradescantia

Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pixabay

Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pixabay via https://pixabay.com

Tanaman hias tradescantia merupakan tanaman hias yang sangat mudah untuk tumbuh. Cukup lakukan stek batang dan tancapkan pada media tanam yang sedikit lembab, tradescantia akan tumbuh dengan sangat cantik. Atau bahkan, kamu bisa memanfaatkan satu vas bunga yang berisikan air lalu taruh sebatang tradescantia di dalamnya.

Satu atau dua hari tradescantia akan tetap segar dan bahkan mengeluarkan akar dan daun muda yang enggak kalah indah. Dengan kata lain, tradescantia tergolong tanaman yang mudah hidup dan beradaptasi loh. Tertarik mengadopsi satu pot tradescantia untuk meja tamu rumahmu?

6. Pakis sarang burung

Foto oleh Tirachard Kumtanom dari Pexels

Foto oleh Tirachard Kumtanom dari Pexels via http://https

Mau sedikit berbeda dari meja di ruang tamu tetangga sebelah? Boleh banget letakkan satu pot pakis sarang burung mini di atas meja tamu rumah kamu. Tapi ingat, cukup pakis sarang burung mini aja loh. Sebab, pakis sarang burung juga ada versi besarnya dan biasa dijadikan tanaman hias di halaman.

Cara perawatan pakis sarang burung juga tergolong mudah dan murah meriah. Cukup disiram dua hari sekali dan bersihkan lembaran daunnya dengan cara dilap menggunakan lap basah minimal tiap satu minggu sekali untuk menghindari debu yang menempel.

7. Peperomia

Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels

Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels via http://https

Siapa bilang tanaman jenis peperomia enggak cantik dijadikan pajangan di meja tamu. Salah besar, loh. Nyatanya, peperomia sangat netral untuk diletakkan di mana saja—di meja belajar, meja tamu atau bahkan di meja counter dapurmu.

Jika kamu telaten merawat peperomia milikmu, dia juga bisa berbunga loh. Tapi catat, hanya jenis peperomia tertentu aja yang bisa berbunga—enggak semua jenis ya. Tertarik?

8. Karet kebo mini

Foto oleh Valeriia Miller dari Pexels

Foto oleh Valeriia Miller dari Pexels via http://https

Menaruh satu pot besar karet kebo di sudut ruangan sih sudah biasa, gimana kalau satu pot untuk diletakkan di atas meja tamu? Tapi harus karet kebo berukuran mini yah, bisa dibayangkan meja tamu kamu rusak jika ditaruh satu pot besar karet kebo berukuran dua meter.

Selain bisa meramaikan meja tamu, karet kebo dapat berfungsi sebagai penetral udara ruangan loh. Jadi, enggak bakal menyesal deh merawat satu batang karet kebo di rumah. Mau?

9. Poinsettia

Foto oleh V O Y T A dari Pexels

Foto oleh V O Y T A dari Pexels via http://https

Mungkin tanaman poinsettia selalu menarik perhatian siapa saja. Bagaimana enggak? Dalam satu pohon, kamu bisa mendapatkan dua warna daun sekaligus yakni merah dan hijau. Dan enggak jarang, ada warna gradasi juga loh antara merah yang bertransisi ke warna hijau. Sayangnya, tanaman poinsettia ini sedikit tricky. Jika terlalu banyak disiram maka dia mudah mati, pun bila kekurangan atau terlalu banyak di bawah sinar matahari warna merahnya perlahan akan memudar. Tapi tetap cantik untuk mendekorasi meja tamu rumahmu.

10. Anggrek

Foto oleh Sara Afonso dari Pexels

Foto oleh Sara Afonso dari Pexels via http://https

Siapa yang enggak kenal anggrek? Bunga sejuta umat. Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis anggrek dan anggrek bulan adalah jenis yang paling mudah diingat. Untuk kamu yang menyukai rumah tetap minimalis namun ada sentuhan warna, pilihlah bunga anggrek dengan kelopak bunga yang tidak terlalu menonjol seperti putih ataupun ungu. Pastinya, ruang tamu kamu akan selalu memberikan kesan segar dan ramah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

selalu ingin belajar menulis

CLOSE