Terbayang nggak betapa ruwet dan repotnya kalau di zaman seperti sekarang ini kita masih harus masak sendiri setiap waktu di dapur dengan berbagai macam menu-menu yang kita inginkan? Apalagi ditambah kalau saat memasak perut kita sudah benar-benar lapar dan ingin sekali segera menyantap makanan-makanan yang sudah hidup dalam pikiran kita.

Kalau udah lapar ditambah hal-hal yang merepotkan tersebut apalagi ditambah sepanjang waktu, tentu aja membuat kita pasti terpancing emosi meskipun itu hanya sesekali saja.

Nah, untungnya di era kekinian ini tumbuh dan berkembang yang namanya restoran cepat saji. Jadilah urusan kebutuhan perut kita bisa dengan mudah terpenuhi, sebab hanya tinggal datang, bayar, dan makan kita bisa merasakan nikmatnya makan di waktu jeda kantor atau sehabis pulang sekolah yang melelahkan tersebut.

Eits, tapi tunggu dulu. Ketika kamu datang ke restoran cepat saji, ada satu hal penting yang harus kamu ketahui: kamu tidak sekedar makan, lho! Yuk, cari tahu lebih dalam mengapa kamu tidak hanya sekedar makan saat berkunjung ke restoran cepat saji.

1. Meski kamu lapar, tapi yang lapar juga bukan kamu doang, lho. Jadi, tolong mengantri, ya.

antri yuk!

antri yuk! via https://unsplash.com

Kamu yang baru aja mendapatkan jam istirahat makan siang, atau kamu yang gajinya baru aja turun dan pengin makan enak di restoran cepat saji, jangan terbawa suasana dulu, ya. 

Advertisement

Pastikan setelah kamu masuk ke dalam restoran cepat saji untuk masuk ke dalam antrian dengan baik dan benar, ya. Selapar-laparnya kamu, seburu-burunya kamu, ingat, sudah ada orang yang lebih dulu datang dari kamu dan juga punya kepentingan seperti kamu. 

Toh, sembari menunggu, kamu bisa menentukan makanan dan minuman mana yang kamu mau, kan.

2. Saat giliranmu sudah tiba, ingat, ini bukan tebak-tebakan, lho, jadi sebutin pesananmu dengan cepat dan jelas, ya.

ingat-ingat pesanan mu yaa

ingat-ingat pesanan mu yaa via https://www.pexels.com

Nah, kalo giliranmu sudah tiba, maka sebutin pesananmu dengan cepat dan jelas, ya. Kenapa harus cepat? Karena ada orang yang juga mengantri di belakangmu. 

Advertisement

Kenapa harus jelas? Karena tentu kamu juga tak ingin kan petugas kasir meminta kamu mengulang lagi pesenan yang kamu mau sehingga membuat waktumu makin terbuang. 

Dua hal tersebut bisa kamu lakukan dengan baik bila kamu sudah menentukan pesanan sejak dalam antrian tadi. Gimana? Berpikir bijak itu penting, kan.

3. Jangan pernah menggampangkan soal pembayaran. Tolong, kamu harus sudah menyiapkan uang atau kartu pembayaranmu sebelumnya, ya.

siapkan pembayaran

siapkan pembayaran via https://unsplash.com

Biasanya, soal pembayaran ini banyak orang menggampangkan. 

Saat mengantri tidak mempersiapkan uang atau kartu pembayaran lainnya. Tiba-tiba pas sudah dapat gilirannya dan memesan menu, eh, kemudian malah sibuk cari-cari uang di kantong atau dompetnya. 

Jadi, sebelum pesan makanan, biasakan untuk sudah siap dengan alat pembayaranmu, ya. Mempersiapkan seperti itu juga kan demi kebaikanmu, agar makanan cepat sampai di meja dan perutmu, kan.

4. Meskipun kamu sudah bayar, bukan berarti kamu bebas tertawa kencang atau berbicara dengan keras, ya.

sst.. jangan mengganggu sekitarmu

sst.. jangan mengganggu sekitarmu via https://www.pexels.com

Saat kamu sedang menyantap apa yang diidam-idamkan dari tadi, tolong jangan terlalu bersemangat, ya. 

Maksudnya begini, restoran cepat saji itu bukan rumahmu apalagi kamar pribadimu, lho. Jadi jangan bersikap sebebas yang kamu mau, tetap ada etika yang harus dijaga. 

Tentu juga ini berlaku saat kamu sedang berbicara dengan teman makanmu atau cerita pekerjaanmu via telpon, jangan terlalu berbicara keras atau tertawa begitu kencang, ya, soalnya, yang makan bukan cuma kamu aja.

5. Saat perut sudah kenyang dan waktunya pulang, jangan lupa bersihkan mejamu, ya

jangan lupa bersihkan meja ya

jangan lupa bersihkan meja ya via https://www.pexels.com

Makanan sudah habis. Minuman sudah tak tersisa. Jam sudah menunjukkan agar kamu segera kembali ke kantor atau hari sudah begitu malam sehingga waktunya kamu harus meninggalkan restoran cepat saji ini.

Eits, tunggu dulu, sebelum pergi, bersihkan mejamu dulu, ya. Kamu bisa mengumpulkan piring dan gelas lalu ditumpuk di tengah atau pun pada satu nampan agar memudahkan pelayan membersihkan mejamu.

Bisa juga kamu angkut semua sampah-sampah di meja ke tempat sampah restoran cepat sajinya, ya, jika tempat sampah tersebut dapat dijangkau oleh pengunjung.

Habis kenyang, bantuan sekecil itu rasanya nggak begitu berat, kan, ya.

Memang lima hal di atas kesannya sepele, tapi jika dilihat dari sisi lain, hal tersebut menjadi penting, lho, soalnya ini tentang waktu dan etika.

Bagaimana menghargai waktu dan belajar beretika bukanlah soal budaya, melainkan kebiasan yang dimulai dari diri kita ini. Jadi, yuk, sama-sama pelajari hal-hal kecil itu dengan cinta yang besar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya