Apakah Kamu Sedang Terjebak di Hubungan Tidak Sehat? Kenali 5 Tanda Berikut!

Kenali tanda-tanda ini sebelum terlambat!

Jatuh cinta itu indah, menjalin hubungan adalah sesuatu yang membahagiakan. Namun bagaimana jika ternyata hubungan kalian sedang tidak baik-baik saja? Penting untuk mengenali tanda-tanda hubungan yang tidak sehat karena hubungan semacam itu berpotensi meningkat menjadi hubungan yang melecehkan. Sebelum terlambat, lebih baik kamu identifikasi tanda-tandanya mulai sekarang. Berikut lima tanda perilaku tidak sehat dalam hubungan:

1. Adanya rasa tidak percaya satu sama lain

Photo on Pexels

Photo on Pexels via https://images.pexels.com

Apa kamu sering merasa gelisah dengan apa yang pasanganmu lakukan di luar sana, tanpa kamu di sampingnya? Atau apa kamu merasa seperti nggak ada kepercayaan di antara kalian?  Kalau iya, itu adalah sebuah tanda awal yang harusnya segera kamu sadari jika hubungan kamu itu tidak sehat.

Kenapa kamu harus selalu mengecek media sosial pasangan kamu? Mengecek DM, Twitter, atau bahkan bertukar Whatsapp di web.whatsapp? Kalau dia atau bahkan kamu sendiri selalu menaruh rasa curiga satu sama lain, that is very unhealthy! Karena, itu berarti kalian nggak bisa percaya satu sama lain dan nggak menghargai sesama, juga. 

 

2. Manipulatif!

Photo on Pexels

Photo on Pexels via https://images.pexels.com

Saat menjalin hubungan, sebenarnya yang menjadi pertimbanganmu untuk tetap bertahanan hanyalah 2 hal. Yaitu, apakah kamu lebih bahagia setelah menjalin hubungan itu? Dan yang terpenting, pastikan kamu tidak kehilangan diri sendiri saat mencoba menemukan orang lain.

Untuk apa kamu memiliki hubungan, tapi pasanganmu bahkan mencoba membatasi ruang lingkup pribadimu, yang mana itu pasti akan membuatmu tidak nyaman. Jika kamu sendirian saja bisa bahagia, bekembang, dan melakukan banyak hal (positif), seharusnya jika berdua kamu bisa mencapai yang jauh lebih baik dari itu.

Jika hubungan yang kamu jalani terlalu mengekang, seperti kamu tidak boleh dekat dengan orang lain, seperti mengerjakan projek bersama atau bahkan sekedar mengobrol. Itu sudah jelas pertanda hubungan tidak sehat. Kamu masih lah kamu yang bertanggung jawab atas dirimu sendiri. Yang menyatukan kalian hanyalah sebuah kesepakatan.

Perlu diingat, penting untuk memperlakukan diri sendiri dengan hormat dan mengatakan tidak pada hal-hal yang membuat kamu tidak nyaman.

3. Apa hanya kamu yang mendominasi di hubungan tersebut?

Photo on Pexels

Photo on Pexels via https://images.pexels.com

Apakah kamu yang melakukan semuanya sendiri? Memikul semuanya sendiri, seperti menelpon atau memberi pesan terlebih dahulu? Jika kamu satu-satunya orang berperan di dalam hubunganmu dengan pasanganmu. Ayolah! Mungkin kamu tidak berada dalam hubungan saat ini, melainkan hubungan dengan dirimu dan ide-idemu dari pasanganmu. 

Sebuah hubungan dilakukan oleh dua orang. Jika hanya kamu yang berusaha di sini dan juga memberikan kasih sayang secara sepihak. Lantas, apa yang kamu cari di sana? It's not worth it for you.

4. Selalu bertengkah bahkan dengan alasan yang tidak wajar

Photo on Pexels

Photo on Pexels via https://images.pexels.com

Sebenarnya hal yang wajar jika sepasang kekasih bertengkar lalu berbaikan. Bahkan di hubungan yang sehat sekalipun. Yang membedakan adalah  bagaimana kamu dan pasanganmu memecahkan masalahnya.

Jika kamu menjalin hubungan yang sehat, kamu dan pasanganmu pasti akan mencoba memecahkan masalah bersama dan mencari jalan keluarnya bersama juga. Namun, jika hubungan yang kamu jalani itu tidak sehat, kamu hanya akan bertengkar dengan hal yang nggak perlu, dengan hal yang nggak penting, tanpa pasanganmu memberikan titik terang apapun.

Jadi, lebih baik kamu pertimbangkan lagi mengenai tipe pertengkaran itu sendiri. Apakah kamu dan pasanganmu bertengkar untuk sesuatu yang nggak penting? Untuk sesuatu yang tidak bisa dicari solusinya? Atau bertengkar karena perbedaan pendapat.

Dua orang yang berbeda, dengan kepribadian yang berbeda, itu sangat normal memiliki sudut pandang yang berbeda. Kamulah yang bisa menilainya di sini.

5. Mendapat perlakuan yang kasar

Photo on Pexels

Photo on Pexels via https://images.pexels.com

Jika pasanganmu sudah bertindak kasar, apa lagi yang perlu dipertanyakan?  Itu sudah jelas hubungan yang tidak sehat. Akan sangat sulit memang jika kamu sudah berada dalam tahap ini. Tapi percayalah jika bukan tempat kamu untuk memperbaiki seseorang. Jadi melepaskan adalah jawaban yang mutlak.

Kalau kamu berada dalam hubungan yang penuh kekerasan dan ketidaknyamanan, kamu masih bisa menyayangi orang tersebut. Tapi bukan berarti kamu harus tetap menjalin hubungan bersamanya. Tetaplah ingat, jika ini hidupmu dan kamu berhak dan bertanggung jawab menentukan kebahagianmu sendiri. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Undergraduate Communication Student