Mahasiswa dan perkuliahan adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan karena keduanya saling terikat satu dan lainnya. Berbeda dengan masa belajar di SMA yang penuh dengan materi pelajaran dan aturan yang harus dipatuhi. Perkuliahan cenderung lebih santai karena setiap jurusan memiliki fokusnya masing-masing sehingga materi perkuliahan yang diberikan lebih berkonsentrasi pada jurusan yang diambil oleh mahasiswa.

Menjadi seorang mahasiswa pun tentunya adalah bagian awal dari hidup seseorang untuk menentukan bagaimana masa depan yang ia inginkan karena tidak sedikit juga kawan-kawan kita mengambil pilihan lain seperti membuka usaha, langsung bekerja ataupun menjadi abdi negara. Bagi kita yang telah memilih menjadi mahasiswa tentunya ada harapan bahwa jurusan perkuliahan yang sedang dijalani nantinya akan memberikan keuntungan menjalani kehidupan setelah lulus kuliah nanti.

Sayangnya seringkali ketika pemilihan jurusan banyak dari kita “ikut-ikutan” karena mungkin melihat saudara, teman ataupun kakak kelas yang mengambil jurusan tersebut cukup berhasil dan sukses ketika lulus. Tanpa mempertimbangkan apakah jurusan yang diambil sudah sesuai dengan minat, kemampuan dan juga passion yang dimiliki.

Sehingga banyak kasus mahasiswa drop out di tengah jalan bukanlah hal yang baru. Mirisnya lagi ketika menjelang semester akhir ada yang baru tersadar ternyata jurusan yang diambil bukanlah passion yang dimiliki. Ditambah sudah tidak ada minat sama sekali untuk melanjukan kuliah.

Hal ini cukup mencengangkan bukan karena masalahnya namun karena mahasiswa tersebut tidak mengetahui secara pasti rencana apa yang dia miliki ketika tahu bahwa jurusannya tidak sesuai passionnya. Artikel ini akan memberikan inspirasi bagi kita, kawan-kawan, saudara ataupun pasangan kita untuk menghadapi problematika salah jurusan saat semester akhir dalam dunia perkuliahan.

1. Hobimu bisa menjadi ladang rezekimu

Mahasiswa Diskusi

Mahasiswa Diskusi via https://images.pexels.com

Setiap orang biasanya memiliki hobinya masing-masing. Mahal, murah, sederhana ataupun rumitnya sebuah hobi itu tergantung pandangan orang yang menggelutinya. Dan sering kali hobi yang ditekuni secara serius ternyata bisa menghasilkan sesuatu baik itu sebuah prestasi ataupun ladang rezeki.

Advertisement

Kamu yang sedang mengalami ke’galau’an karena salah jurusan. Ada baiknya untuk mencoba mulai serius menekuni hobi yang kamu miliki karena menekuni sesuatu yang kita sukai tentunya akan jauh lebih menyenangkan ketika menjalaninya. Kamu tidak perlu takut kok, karena sudah banyak kawan-kawan kita berhasil membuat hobinya menjadi lebih berguna dan pastinya membiayai hidupnya.

2. Bangun usahamu, bangun mimpimu!

Mahasiswa Belajar

Mahasiswa Belajar via https://images.pexels.com

Pengusaha-pengusaha besar yang kita kenal ataupun kita ketahui, mereka tentunya memulai usaha dari nol. Ketekunan, belajar dari kesalahan sampai pantang menyerah adalah modal awal untuk membangun sebuah usaha. Banyak orang yang ingin terjun di dunia usaha karena mereka tahu bahwa keuntungan yang dapat diperoleh mulai dari bisa mengatur jam kerja sesuai keinginan sampai bisa memberikan lowongan kerja bagi orang lain.

Membangun usaha tentunya tidaklah mudah terutama jika memulainya dengan hanya modal nekat. Namun untuk kamu yang tersadar bahwa bangku kuliah bukanlah minat kamu. Cobalah untuk melihat di sekitar kita karena ternyata banyak hal kreatif bisa dijadikan ide usaha. Maka mantapkanlah hati, rencanakan segalanya dengan matang lalu bangun usahamu untuk menggapai mimpimu.

3. Bakat adalah modal awal membangun masa depan

Mahasiswa di Perpustakaan

Mahasiswa di Perpustakaan via https://images.pexels.com

Advertisement

Manusia dilahirkan ke muka bumi ini tentunya sudah di anugerahkan oleh Tuhan dengan bakat yang berbeda-beda. Bernyanyi, menari dan menulis adalah sebagian kecil dari bakat yang ada. Mereka yang mengetahui bakat apa yang dimilikinya rela jatuh bangun untuk mengasah dan mengembangkan bakatnya. Bahkan sampai rela meninggalkan bangku sekolah karena keyakinan yang kuat akan bakatnya untuk menjamin masa depan.

Jadi beruntunglah kamu yang sudah menyadari apa bakatmu karena banyak orang berusaha sebaik mungkin untuk menemukan bakatnya. Dengan menekuni, melatih dan juga mengembangkan bakat yang kita miliki secara maksimal dan ketekunan tentunya kamu akan lebih mudah merencakan kehidupan yang kamu miliki.

4. Kursus dan pelatihan bisa menjadi cara bagus menambah keahlian

Kondisi di Perpustakaan

Kondisi di Perpustakaan via https://images.pexels.com

Saat ini kursus dan pelatihan untuk mempelajari keahlian ataupun ilmu baru tidaklah sulit. Mulai dari teknik computer yang begitu rumit sampai ilmu ternak lele yang butuh kehati-hatian bisa dengan mudahnya kita temukan bahkan langsung Sang Ahlinya yang mengajarkan.

Kursus dan pelatihan ini sangat sesuai bagi kita yang masih bingung passion apa yang kita miliki. Karena dengan bergerak mengembangkan diri akan lebih baik dibandingkan hanya berdiam diri. Mempelajari hal baru kita bisa juga menjadi trigger untuk menemukan sesuatu yang cocok dengan keahlian kita. Memang kursus dan pelatihan tidak menjamin kesuksesan seseorang namun bila kita tekun untuk mempelajarinya tentunya hasil tidak akan menipu usaha.

5. Mensyukuri Apa yang Ada saat ini dan Bangun Rencana untuk Masa Depanmu

Wisuda Lempar Toga

Wisuda Lempar Toga via https://images.pexels.com

Hal yang paling sering dilupakan oleh seorang manusia adalah bersyukur. Dimulai dengan bangun tidur sampai terlelap kembali, kata-kata umpatan dan kekesalan lebih sering diucapkan dibandingkan kata syukur. Kita mungkin merasa menyesal ketika menyadari bahwa kuliah yang kita ambil ternyata salah jurusan.

Namun seringnya banyak juga dari kita langsung mengambil keputusan berhenti kuliah tanpa berpikir dua kali. Seandainya kita membandingkan diri kita dengan kawan kita yang belum mampu untuk melanjutkan sekolah mereka tentunya kita pasti akan merasa bahwa sebetulnya diri kita masihlah beruntung.

Kawan, menyelesaikan kuliah di jurusan yang bukanlah passion yang kita miliki bukanlah sesuatu yang memalukan. Justru akan menjadi bekal yang memperkuat mental diri kita karena telah menyelesaikan masalah yang awalnya tidaklah kita pahami. Tentunya kita pun tidak ingin mengalami kesalahan yang sama setelah lulus kuliah, ada baiknya selama kuliah kita merencakan apa yang akan dilakukan setelah lulus nanti. Mempersiapkannya secara matang dan terencana dengan baik tentunya akan menjadi keputusan yang bijak.

Kesalahan mengambil jurusan bukanlah sebuah kegagalan namun hal itu akan terjadi bila kita menyikapinya dengan putus asa dan menyerah. Bangun dan terus kejar mimpimu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya