Apa kamu termasuk salah seorang yang tak sabar menunggu datangnya ramadan?. Ya,setiap muslim selalu berharap untuk bertemu dengan bulan ramadan, karena bulan merupakan waktu yang penuh dengan rahmat, anugrah dan pahala yang berlipat ganda.

Bertemu dengan bulan penuh rahmat ini pun merupakan salah satu karunia terbesar, karena tak semua umat umat muslim dapat kembali berjumpa  dengan bulan penuh dengan ampunan ini.

Menurut kalender hijriah, tanggal satu ramadan jatuh kurang dari dua puluh hari lagi. Banyak hal yang dirindukan dari bulan ramadan, seperti ngabuburit sekaligus mencari ta”jil menjelang berbuka, shalat tarawih bersama teman di masjid, hingga tadarus setelah shalat tarawih.

Tapi tak jarang rindu ramadan hanya sebatas libur panjangnya, dan rindu akan jajanan-jajanan yang hanya didapat ketika bulan suci, lantaran malas dan khawatir harus menahan hawa nafsu ketika beraktifitas pada saat berpuasa.

Agar kamu tidak khawatir untuk menjalankan ramadan nanti, kamu dapat menjalankan tujuh hal ini untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan melatih diri menjelang datangnya bulan penuh rahmat ini.

1. Perbanyak doa menjelang bulan suci

www.flickr.com

www.flickr.com via https://www.flickr.com

Doa merupakan permohonan kepada Allah yang maha kuasa disertai dengan kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dari-Nya.Kenapa harus berdoa menjelang ramadan?, tak ada yang dapat menjamin kita dapat menemui bulan maghfirah ini lagi, baik sebulan, seminggu, ataupun sehari menjelang Ramadhan.

Advertisement

Ulama salaf terdahulu berdoa enam bulan menjelang ramadan tiba. Adapun doanya “Allahumma barik lana fi Rajaba wa Sya’bana, wa ballighna ramadan”. Artinya “ Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan”.

2. Sempurnakan shalat mu

www.freepik.com

www.freepik.com via https://www.freepik.com

Salat merupakan salah satu hal yang wajib dilaksanakan bagi umat muslim, untuk meningkatkan iman dan taqwa. Sebagai muslim harus memiliki kualitas shalat yang baik, salah satu cara untuk meningkatkan kualitas salat menyempurnakan gerakan shalat dan khusyuk ketika beribadah.

Tetapi masih banyak di antara kita yang belum bisa khusyuk dalam salat. Salah satu cara agar khusyuk saat salat, dengan cara memahami setiap arti dari bacaan salat.

3. Membaca dan mentadabburi Al-quran

www.flickr.com

www.flickr.com via https://www.flickr.com

Advertisement

Membaca dan mempelajari Al-quran merupakan salah satu cara untuk untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, karena Al-quran merupakan sumber hukum dan pedoman bagi umat muslim. “Orang terbaik dari kamu ialah orang yang mempelajari Al-quran dan mengajarkannya”. (HR. Bukhari).

Dengan membaca dan mentadaburi Al-quran, dapat melatih untuk menambah keyakinan dan keimanan kepada Allah.

4. Perbanyak puasa sunnah

www.pexels.com/rawpixel.com

www.pexels.com/rawpixel.com via https://www.pexels.com

Agar terbiasa berpuasa saat ramadan, kamu dapat berlatih dengan memperbanyak puasa sunnah menjelang ramadan, hal ini dapat melatih tubuh kamu agar terbiasa menahan haus dan lapar ketika berpuasa pada ramadan nanti.

Aisyah mengatakan “Belum pernah Nabi SAW berpuasa satu bulan yang lebih banyak dari puasa Sya’ban. Terkadang hampir beliau berpuasa Sya’ban sebulan penuh. (HR. Bukharri dan Muslim)

Puasa sunnah apa saja yang bisa dilakukan menjelang ramadan?, puasa setiap hari senin dan kamis, atau lebih dikenal sebagai puasa Senin Kamis. Puasa ayyamul bidh, puasa ini dikerjakan setiap tanggal 13,141,15 bulan Hijriah.

5. Hindari diri dari perbuatan sia-sia

www.pexels.com/rawpixel.com

www.pexels.com/rawpixel.com via https://www.pexels.com

Menjelang Ramadhan tiba sebaiknya mulai menghindari diri dari  perbuatan yang sia-sia, dan mulai melakukan amalan-amalan yang dapat menambah keimanan pada bulan suci nanti. Seperti lebih banyak menggunakan lisan untuk berzikir dan mengucapkan hal-hal baik.

Salah satu ciri baiknya seorang muslim yaitu dengan cara menghindari diri dari perbuatan yang sia-sia, karena setiap hal yang dilakukan akan dipertanggung jawabkan di akhirat kelak. “Seorang muslim yang baik) adalah yang tangan dan lisannya tidak menyakiti orang lain” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Tetapkan target ramadan

www.pexels.com/rawpixel.com

www.pexels.com/rawpixel.com via https://www.pexels.com

Menetapkan target di bulan ramadan dapat mempermudah mu untuk mengevaluasi diri, agar tahu sudah sejauh mana pencapaian di ramadan tahun ini, dengan itu kamu dapat meningkatkan target untuk ramadan yang akan datang.

7. Konsisten dengan amalan yang sudah dikerjakan

www.pexels.com/vjapratama

www.pexels.com/vjapratama via https://www.pexels.com

Mengerjakan suatu amalan secara berkelanjutan dapat mempermudah mu untuk melanjutkan amalan-amalan baik ketika bulan ramadan menghampiri, karena tubuh sudah terlatih dan terbiasa dengan perbuatan-perbuatan yang dilakukan menjelang bulan ramadan.

Nah, tujuh hal di atas dapat dikerjakan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan menjelang bulan suci ramadan, tak ada salahnya mempersiapkan diri dari sekarang untuk menyambut bulan penuh berkah ini, agar terbiasa melakukan hal-hal baik ketika bulan penuh ampunan ini tiba, dan tetap terbiasa melakukannya walau ramadan telah berakhir nanti.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya