Gaya hidup masyarakat Indonesia cenderung boros menghabiskan uang dan cenderung berfoya-foya sana sini hal ini di sebabkan oleh gengsi yang terlalu tinggi, mengapa ? ya karena daya hasrat ingin membeli dan tingkat ukuran dompet yang serasa menghempas di dalam kantong ini yang menjadi salah satu penyebab bahwa gengsi di masyarakat indonesia itu sangat tinggi dengan pemikiran yang tidak mengedepankan jangka pendek menengah dan jangka panjang yang di turuti hanya nafsu membeli barang yang merupakan keinginan sesaat dan bukan kebutuhan untuk jangka panjang .

1. Tahan dan ingat nafsu itu hanya sesaat

Foto: copyright shutterstock.com

Foto: copyright shutterstock.com via https://www.vemale.com

Jangan menuruti nafsu ingat bahwa kebutuhanmu itu tidak hanya untuk saat ini detik ini menit ini dan hari ini ingat lah akan jangka panjangmu dan orientasi kelanjutan akan masa depan mu pastikan bahwa kemampuan keuangan kamu cukup untuk jangka panjang itu dan hindari membawa kartu debet belanja dari rumah itu sangat berbahaya hehe, apalagi kalau tidak pintar membendungnya serta kontrol diri kalau bisa block semua situs-situs belanja supaya bisa menahan nafsu dan akhirnya menghilang.

2. Ingat bersyukur itu penting

#SayQuotable

#SayQuotable via http://sayquotable.com

Manusia itu tidak pernah ada rasa puasnya hindari gengsi tinggi dengan rasa syukur cukup menikmati dan menerima apa yang Tuhan berikan nggak perlu mengeluh sana sini buatlah hidupmu sesimple mungkin, terima apa yang kamu miliki saat ini hindari iri dan juga dengki .

3. Sesuaikan gaya hidup dengan isi dompet

Advertisement


Mungkin itu kata Bob Sadino "bergayalah sesuai isi dompet mu yang beneran punya ga akan banyak bicara seperti mereka yang belagak sok punya"


Dari kutipan ini bahwa segala sesuatu itu harus disesuaikan dengan pendapatan jangan terlalu memaksakan jika pendapatan tak mencukupi untuk menuruti gengsi yang akhiRnya pengeluaran besar menjadi salah satu penyakit isi dompet. Nggak perlu serba memaksakan jadilah diri sendiri ga perlu meniru gaya manusia modern yang selalu mengedepankan gengsi. Ingat yaa

4. Tunda dan tinggalkan hal-hal yang tidak penting

Ridwan Rei Bowo ( @ridwanreibowo26 )

Ridwan Rei Bowo ( @ridwanreibowo26 ) via https://www.google.co.id

Setiap orang pasti berkeinginan untuk lebih baik dari orang di sekitarnya hal ini menyebabkan adanya sebuah persaingan nggak perlu nurutin ego, ingat akan kebutuhanmu tunda dan tinggalkan hal tidak penting misalnya: memaksakan diri membeli barang yang hanya kebutuhan sesaat, jangan memelihara gengsi (ingat itu tidak penting), tinggalkan produk merk dan brand terkenal yang membuat angin di dompet masuk, Tunda dahulu hasratmu jika kemampuan keuanganmu sedang drop.

Advertisement

5. Hiduplah apa adanya

Berawan.com

Berawan.com via https://www.google.co.id

Jangan ragu akan hidup apa adanya sesuaikan saja dengan kapasitas hidupmu biarkan mengalir dengan semestinya dengan menghindari hal-hal yang tidak penting seperti menuruti nafsu yang sesaat karena hidup tidak selalu sama dengan apa yang kita inginkan percayalah dengan kita melewati fase-fase ini kita akan tau nikmatnya hidup yang sebenarnya dengan mensyukuri dan tidak memaksakan apa yang telah diberikan Tuhan dan jangan berlarut pada sebuah khayalan

Demikian sekilas tips supaya tidak melulu menuruti gengsi Semoga Bermanfaat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya