Bulan Ramadan sebentar lagi akan tiba, di mana seluruh umat muslim di dunia akan melakukan ibadah puasa dari selama 30 Hari. Bulan suci penuh berkah tersebut sangat ingin dinantikan bagi umat Islam di Indonesia. Hal itu dikarenakan, karena bulan tersebut memiliki banyak makna, berkah, meningkatkan menahan rasa lapar, haus, serta emosi.

Di Indonesia, mungkin banyak orang melakukan tradisi yaitu buka puasa bersama atau lebih sering dibilang bukber. Bukber biasanya menjadi ajang berkumpul bersama keluarga atau teman untuk melakukan buka puasa secara bersama di rumah atau di luar rumah.

1. Tentukan waktu yang tidak ada jadwal padat

Ilustrasi Waktu

Ilustrasi Waktu via https://www.pexels.com

Tips yang satu ini sangat penting, yaitu tentukan waktu yang tidak begitu padat seperti disaat sekolah, kuliah, atau bekerja. Apalagi, menjelang awal mudik.

Advertisement

Cari waktu, di saat liburan atau pertengahan hari di Bulan Ramadhan.

2. Pilih salah satu koordinator

Ilustrasi Koordinator

Ilustrasi Koordinator via https://www.monster.ca

Kalau tidak ada koordinator, mungkin akan repot dan muncul kebingungan, karena harus ada yang pesan tempatnya, berapa mejanya, tempatnya dimana, serta siapa saja yang masuk daftar yang ikut acara bukber.

3. Tentukan tempat dengan harga yang mencukupi

IlustrasI Restoran

IlustrasI Restoran via https://www.pexels.com

Ini sangat penting banget, kalau harga restoran atau tempat makanannya dengan harga menu yang mahal. Sebaiknya, Jangan pesan atau makan di sana, karena, takut budgetnya tidak mencukupi.

Advertisement

Tipsnya, cari dari sumber internet atau lakukan observasi sebelum 2 atau 3 hari mengadakan bukber.

4. Melakukan rundingan atau diskusi

Ilustrasi Diskusi

Ilustrasi Diskusi via http://laytonsearch.com

Hal seperti ini, wajib dilakukan, supaya keluarga atau temanmu, bisa atau tidak untuk ikut, karena kalau tidak dirundingkan atau dilakukan secara mendadak, mungkin mereka tidak akan mau ikut.

5. Berangkat lebih awal, supaya terhindar dari kemacetan

Ilustrasi Kemacetan

Ilustrasi Kemacetan via https://www.pexels.com

Mungkin banyak orang yang mengabaikan ini, Karena, kalau tidak melakukan ini bakal repot dan jadinya bisa terjebak macet serta tidak jadi ikut buka puasa bersama.

Karena itu, sebaiknya berangkat 2 jam sebelum azan magrib.

Nah, itu tadi salah satu tips cara mengadakan Bukber yang benar dan tepat. Intinya, bukber itu sangat bermanfaat, supaya bisa ketemu dan berkumpul kembali dengan keluarga atau teman dengan menambahkan momen di bulan Ramadan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya