Ketika tanggal tua tiba, mungkin banyak dari kita yang bingung, linglung dan kerap murung. Tanggal gajian masih lama, uang di dompet sudah tidak ada. Berikut ini barang-barang yang bisa kita gadaikan ketika tanggal tua tiba dan tak ada teman yang iba untuk meminjamkan uang kepada kita. Berikut tips dan triknya!

1. Sertifikat Tanah

sertifikat tanah

sertifikat tanah via http://google.co.id

Daripada dijual, lebih baik sertifikat tanah yang kamu miliki digadaikan saja, karena nilai jual tanah akan naik setiap tahunnya. Banyak bank dan lembaga keuangan yang siap untuk menampung sertifikat tanah kamu untuk digadaikan. Nilai untuk gadai sertifikat tanah, biasanya ditaksir dari PBB tanah yang kamu miliki. Bila di atasnya terdapat bangunan, biasanya harga taksiran gadainya pun menjadi lebih tinggi.

2. Sertifikat Rumah

sertifikat rumah

sertifikat rumah via http://google.co.id

Advertisement

Nilai gadai sertifikat rumah biasanya lebih besar daripada sertifikat tanah. Tergantung dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang tertera pada PBB bangunan tersebut. Kalau gadai sertifikat rumah, sepertinya uangnya bukan hanya cukup sampai gajian saja, tetapi bisa untuk memperoleh modal untuk membuka bisnis baru. Dengan memiliki sebuah bisnis, sepertinya tidak ada lagi cerita gadai benda-benda saat tanggal tua.

3. Mobil

Saat ini sudah banyak kelas menengah di Indonesia yang memiliki kendaraan mobil. Jika akhir bulan dompet terasa hampa, tidak ada salahnya untuk menggadaikan BPKB mobil andalan kamu ke lembaga keuangan yang ada. Uang yang bisa kamu terima tergantung merek, tipe, dan tahun pembuatan mobil. Karena jumlahnya lumayan, lebih baik uang dari gadai BPKB mobil ini kamu investasikan sebagian, supaya tidak engap-engapan ketika tanggal tua menyapa.

4. Motor

Hampir semua masyarakat Indonesia memiliki motor sebagai kendaraan utama untuk pergi ke sana-sini, ke kantor, sekolah, atau ke pasar. Tidak ada ruginya pula memiliki motor, karena kendaraan umum di Indonesia seringkali menjengkelkan. Nah, jika kamu memiliki motor namun tidak memiliki uang ketika tanggal tua tiba, tidak ada salahnya untuk menggadaikan BPKB atau surat Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor. Asiknya, motor bisa tetap kamu pergunakan meskipun BPKB-nya kita gadaikan. Nilai untuk gadai kendaraan motor ini bervariasi, kamu bisa memperoleh 3-10 juta, tergantung merek dan tahun pembuatan kendaraannya.

5. Elektronik dan HP

elektronik

elektronik via http://google.co.id

Advertisement

Pilihan terakhir untuk memperoleh uang ketika dompet usang karena tanggal tua adalah menggadaikan elektronik atau HP kita. Mungkin teman tidak akan meminjamkan duit secara cuma-cuma, namun jika ada "barang jaminan" niscaya mereka akan lebih percaya dan memberikan sedikit bantuan dengan gadai barang elektronik atau hp kamu. Jika tidak ada juga teman yang mau meminjamkan, sekarang ini telah banyak lembaga pinjaman jaminan BPKB. Semoga berhasil!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya