Ada temuan menarik dari Fidelity Study pada 2013 silam. Mereka menemukan kecenderungan besar bahwa kaum pria dinilai lebih percaya diri dalam memilih investasi jangka pendek dibanding kaum wanita. Kaum pria suka memilih tantangan dan memilih investasi jangka pendek untuk menaklukkan pasar, sementara kaum wanita lebih menyukai investasi jangka pendek yang terdiversifikasi. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, bukan berarti stigma itu tidak berubah. Kini banyak wanita yang lebih tajam intuisinya dalam berinvestasi dibanding kaum pria. Lihat dong Ellen May! Nah, biar tidak terkungkung dalam stigma semacam ini, ada baiknya kaum wanita mempertajam intuisi investasinya dengan beberapa tips jitu berikut ini:

1. Berpikir masa depan

http://diaryhijaber.com

http://diaryhijaber.com via http://diaryhijaber.com

Salah satu ciri orang yang percaya diri yaitu berpikir untuk masa depan yang cemerlang. Salah satu cara menyiapkan masa depan yang cemerlang yaitu sukses dalam mengelola keuangan hari ini. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya kaum wanita berusaha untuk meraih kesuksesan di masa depan dengan investasi hari ini. Untuk tujuan ini, kaum wanita harus menanamkan keyakinan dalam diri bahwa sukses itu perlu dan penting untuk diraih. Nah untuk meraih sukses, yakinilah bahwa masa depanmu adalah hari ini. Lakukan sekarang juga, jangan nanti-nanti.

2. Terus belajar

http://www.bintang.com

http://www.bintang.com via http://www.bintang.com

Advertisement

Investasi itu bisa dipelajari. Kebiasaan berinvestasi akan mempertajam intuisi. Apalagi, kaum wanita itu biasanya lebih sabar sehingga memiliki pertimbangan matang dan tajam dibanding kaum pria yang praktis dan kadang grusah-grusuh. Terus belajar dan tak mau kalah dengan kaum pria menjadi kunci kesuksesan. Apalagi, berbagai organisasi ternama kini sudah menyediakan banyak informasi mengenai investasi yang akan memudahkan kaum wanita. Kuncinya: jangan lelah untuk terus belajar. Kesuksesan itu tidak jatuh dari langit.

3. Gunakan jasa penasihat keuangan terdaftar

http://mre.co.id

http://mre.co.id via http://mre.co.id

Menggunakan jasa penasihat terdaftar menjadi solusi untuk kaum wanita yang tidak gampang percaya dengan penasihat yang biasa-biasa saja.

4. Tak perlu ikuti gaya kaum pria

http://katadata.co.id

http://katadata.co.id via http://katadata.co.id

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, wanita cenderung lebih realistis dibandingkan kaum pria. Oleh sebab itu, daripada berusaha meniru gaya investasi pria, para wanita sudah seharusnya memaksimalkan kemampuan secara relistis untuk menggapai kesuksesan dalam berinvestasi.

5. Belajar dari investor wanita

http://www.ellen-may.com

http://www.ellen-may.com via http://www.ellen-may.com

Advertisement

Salah satu cara mempertajam intuisi investasi yaitu memperkuat motivasi diri. Belajar dari kesuksesan investor wanita lain menjadi cara memotivasi diri. Tak ada salahnya kaum wanita belajar dari tokoh seperti Ellen May yang sukses menjadi investor Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya