Sering kali, seseorang dengan kondisi kulit berjerawat diberi saran untuk jangan menggunakan make up dengan alasan supaya kulit bisa bernapas. Sebab nih ya, kulit berjerawat memang kerap kali timbul karena pori-pori tersumbat lalu jadilah jerawat-jerawat nakal itu. Jika beruntung, jerawat akan kempes dan tidak ada bekas. Namun, jika jerawat itu iseng, mereka akan matang lalu bisa menimbulkan bekas yang susah banget dihilangkan. Huhu, sad moment kalau sudah seperti ini.

Nah, gimana nih kalau kita-kita yang sedang berjerawat mau ke acara formal? Masa iya ke kondangan teman harus bare face dan pamer jerawat-jerawat, ya? Nah, ayo, teman seperjuangan kita bikin pengecualian untuk acara seperti ini. Berikut tips make up-nya supaya kita bisa tampil kece, tetapi tetap ingat bahwa kulit wajah memang sedang dalam repairing.

1. Pertama pastikan double cleansing sebelum pakai makeup

double cleansing itu penting banget untuk membersihkan kulit, terlebih yang sedang berjerawat

double cleansing itu penting banget untuk membersihkan kulit, terlebih yang sedang berjerawat via http://www.allure.com

Advertisement

Hei, Anda, typo? Kenapa double cleansing kan ini baru mau pakai make up bukannya setelah pakai make up. Hehe, bener, kok. Double cleansing bukan hanya setelah seharian pakai make up. Namun, jika kamu hanya seharian di rumah atau mau pakai make up di pagi hari setelah bangun tidur pun, sebenarnya wajib melakukan double cleansing.

Terlebih untuk kondisi kulit yang sedang berjerawat. Bersihkan muka terlebih dahulu dengan milk cleanser / lainnya untuk menghapus debu ringan di wajah terlebih dahulu. Lalu pakai cleanser biasa yang kamu gunakan setelahnya. Ingat ya, jika kondisi berjerawat, pakailah cleanser yang water base yang memang ringan di kulit.

2. Aplikasikan obat jerawat tipis-tipis

jika berjerawat harus memakai obat jerawat dong

jika berjerawat harus memakai obat jerawat dong via http://www.okezone.com

Setelah muka bersih, jangan lupa pakai toner agar mengembalikkan kondisi kulit segar kembali. Biasanya, ketika pengaplikasian toner juga bisa buat membersihkan debu atau sisa skin care yang masih nempel tuh.

Advertisement

Toner sudah? Inilah saat yang paling krusial: mengoleskan obat jerawat! Iya, teman-teman. Meskipun muka mau di-make up, jerawat tetap harus dijaga. Lindungi dia dari pengaruh make up secara langsung dengan obat jerawat!

3. Gunakan moisturizer

moisrutizer berfungsi sebagai pelembab agar kulit berjerawat tetap lembab dan terawat meskipun ditimpa produk make up

moisrutizer berfungsi sebagai pelembab agar kulit berjerawat tetap lembab dan terawat meskipun ditimpa produk make up via http://www.detik.com

Kondisi kulit kamu kering, berminyak, atau kombinasi nih teman-teman? Well, apapun jawabannya, yang penting kulit kalian cukup terhidrasi ya sebelum pengaplikasian make up. Terlebih, kondisinya yang masih memiliki musuh tuh. Maka, aplikasikan moisturizer secukupnya. Namun, tunggu yaa sebelum obat jerawat tadi terserap dulu. Jangan langsung templokin sehingga bercampur dengan obat jerawatnya tadi. Hehe.

4. Jangan lupa pakai sunscreen

sunscreen sangat berguna untuk melindungi kulit dari sinar UV

sunscreen sangat berguna untuk melindungi kulit dari sinar UV via http://www.dailyvalnity.sg

Kalian mau ke mana? Acara formal di dalam gedung atau di luar yang langsung terpapar sinar matahari? Oh, acaranya di dalam gedung? Jangan lupa, lindungi kulit wajahmu dengan sunscrean ya. Untuk acara di luar ruangan juga harus pakai sunscreen, kok. Kenapa? Sebab, sunscreen-lah yang akan menjaga dari sinar-sinar yang bisa merusak kulit. Untuk kulit Indonesia dengan cuacanya, sunscreen 30 cukup, kok. Ingat, aplikasikan setelah moisturizer terserap, ya!

5. Selanjutnya, pakai primer!

jenis primer tuh banyak loh, sesuaikan jenis kulitmu yaa :)

jenis primer tuh banyak loh, sesuaikan jenis kulitmu yaa 🙂 via http://www.tribunnews.com

Jika kata orang-orang secara umum, sunscreen-lah yang menjadi pelindung antara skincare dan make up. Kamu kecolongan satu hal! Yep, primer! Seperti namanya, primer merupakan dasar sebelum ber-make up. Ialah yang akan melindungi kulit wajahmu dari partikel-partikel dari make up, terutama foundation. Primer juga bisa menyelamatkan kalian dari pori-pori yang sedang mengamuk karena berjerawat.

Pilihlah primer yang pas untuk kondisi kulit kalian. Berminyak dan pori-pori besar? Bisa pilih primer dengan silicon base. Jika kulit kering, kalian bisa pilih primer yang lebih melembabkan kulit.

6. Tambahkan corrector jika perlu

jenis korektor juga banyak, tergantung dengan masalah wajah yang kamu alami yaa :)

jenis korektor juga banyak, tergantung dengan masalah wajah yang kamu alami yaa 🙂 via http://www.idntimes.com

Ini nih kunci untuk mulut ber-make up ketika jerawatan. Kenapa? Sebab, ketika berjerawat, kondisi warna kulit di sekitar area jerawat pasti berbeda. Kemerahan, lebih seringnya. Terlebih, ketika ada bekasnya yang jelas menantang emosi kita ya, kan? Teman-teman bisa pakai corrector nih untuk membantu menyamarkannya. Pakai korektor warna hijau untuk membantu menyamakan warna kulit yang memerah. Jika memiliki bekas kehitaman, pakai korektor merah/oranye ya.

Jika teman-teman sudah melakukan keenam steps tersebut, silakan aplikasikan make up seperti biasa teman-teman memakainya. Sebaiknya sih, ketika kondisi kulit sedang berjerawat, jangan aplikasikan make up lebih dari tiga jam. Namun, jika memang acara teman-teman melebihi tiga jam, yaa pengecualian deh, hehehe. Yang penting, teman-teman jangan lupa untuk membersihkan make up dengan baik ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya