Beberapa Tahun belakangan ini Wallpaper lebih banyak diminati untuk mempercantik dinding ruangan dibanding kita harus mengecat dinding ruangan yang warnanya itu-itu saja. Bisnis ini nggak main-main loh, setiap tahunnya permintaan konsumen selalu meningkat dan semakin banyak perusahaan-perusahaan yang melirik bisnis wallpaper ini sehingga banyak kompetitor di usaha wallpaper ini. Tapi nggak usah khawatir, setiap kompetitor punya koleksi wallpaper yang berbeda-beda. Dan jangan takut setiap rezeki Tuhan sudah atur bagian nya masing-masing, tergantung bagaimana cara kita mengolahnya. Jadi, bersaing secara sehat ya..

Sebelum kamu ingin memasang wallpaper di dinding ruangan mu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan nih :

1. Wallpaper

macam-macam wallpaper

macam-macam wallpaper via https://www.instagram.com

Berbagai macam wallpaper yang kamu bisa temukan

2. Pastikan Dinding yang akan dipasang Wallpaper Tidak Lembab/ Basah

dinding lembab mudah terkelupas

dinding lembab mudah terkelupas via https://www.instagram.com

Advertisement

Kamu harus tahu dulu nih keadaan dinding ruangan yang ingin kamu pasang wallpaper. Jangan sampai dinding yang kamu ingin pasang wallpaper itu lembab/ basah. Karena dinding yang lembab tersebut tidak akan meresap lem wallpaper, hasilnya pun tidak akan maksimal. Sayang kan, jika kamu udah pasang wallpaper tapi hanya tahan beberapa waktu saja. Lebih baik kamu rapihkan dulu dinding yang lembab tersebut dengan tambahan semen (di aci / dempul) setelah itu kasih cat dasar dan baru dipasang wallpaper yang kamu suka.

3. Pemilihan Bahan Wallpaper yang Tepat

interwallcovering

interwallcovering via https://www.instagram.com

Sekarang ini banyak banget wallpaper dari berbagai macam jenis bahan. Contohnya seperti wallpaper sticker, Wallpaper Vynil 3D dan Wallpaper Vynil. Saran saya kalo kamu mau pakai wallpaper jangka panjang lebih baik pakai wallpaper yang bahan dasarnya terdapat Vynil karena wallpaper Vynil ini dilapisi kertas yang tidak mudah sobek, lebih bagus, tahan lama, lebih berkualitas dan motifnya pun lebih beragam dan menarik.

4. Ukuran Dinding dan Ukuran Wallpaper

meteran pas

meteran pas via https://www.instagram.com

Sebelum kamu pergi ke toko wallpaper, ada baiknya jika kamu mengukur luas dinding yang akan kamu pasang wallpaper untuk mengetahui estimasi berapa wallpaper yang akan terpakai nantinya. Dan kamu juga bisa menghitung berapa biaya yang akan kamu keluarkan nantinya.

Advertisement

Kalau dulu wallpaper cuma ada satu ukuran saja, lebar 50 cm x panjang 10 meter. Karena perkembangan yang begitu cepat dan pesat saat ini ada beberapa ukuran wallpaper. Di antara nya :

- lebar 50 cm x 10 meter (5 m²)

- lebar 70 cm x 10 meter (7 m²)

- lebar 1 meter x 10 meter (10 m²)

- lebar 1 meter x 15 meter (15 m²)

Nggak ada salahnya kan kita lebih teliti dan cermat dalam membeli barang yang akan kita beli.

5. Memilih Warna dan Motif Wallpaper

wallpaper kombinasi

wallpaper kombinasi via https://www.instagram.com

Wallpaper itu akan selalu kamu lihat loh, misalnya di kamar tidur atau ruang tamu. Tentu nya kamu harus lebih memilih warna dan motif yang netral agar bisa di cocokan dengan warna furniture di sekelilingnya. Motif dan warna wallpaper akan berpengaruh pada mood kita. Akan lebih manis jika kita mengkombinasikan wallpaper dalam 1 ruangan, jadi terkesan tidak ramai atau monoton. Misalnya di dalam satu ruangan, 1 dinding kita kasih full motif dan keliling nya dikasih polos. Dijamin kamu akan semakin nyaman diruangan tersebut, kalau suasana nya udah nyaman gini pasti kamu akan malas beranjak.

Pada dasarnya memilih motif dan warna wallpaper itu kita harus dalam keadaan hati tenang, tidak terburu-buru dan harus tahu tema ruangan yang akan dipasang wallpaper (klasik / minimalis) jangan sampai kamu salah memilih dan menyesal nanti nya.

Selamat mencobaaa ya…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya