Berbicara tentang perjalanan mendaki, pasti banyak sekali cerita dan pengalaman yang terjadi tentang keseruan bersama tentunya sudah menjadi hal yang sangat akan dirindukan. Mendaki gunung memang untuk sebagian orang tidak membuat patah hati. Pesona alam yang begitu indah salah satu alasan yang cukup banyak membuat orang tak pernah patah hati, meski perjalanan untuk menuju puncak ini tak semudah mengambil air di gayung bak mandi rumah.

Salah satu hal yang pernah kamu lihat atau mungkin kamu alami adalah kulit yang gosong, terutama bagian muka. Duh, secuek-cueknya kamu terhadap penampilan, pasti tetap saja merasakan hal yang kurang nyaman jika merasakan hal tersebut. Ini wajar dan normal sebenarnya, karena kamu sedang dihadapkan dengan iklim dan lingkungan yang tak biasanya, maka kuli mu akan mengalami perubahan juga.

Nah guys, kamu nggak usah khawatir, beberapa tips ini akan membantumu agar kulit gosongmu tidak bertahan lama. Kalau terlalu lama nanti ditikung orang, lho, hehehe. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa kamu coba lakukan.

1. Sunblock

Sunblock sangat bermanfaat untuk kulit mu

Sunblock sangat bermanfaat untuk kulit mu via https://www.google.com

Sunblock sangat penting untuk menjaga kulitmu guys, jadi mulai sekarang jika kamu ingin mendaki dan tetap menjaga kulitmu ada baiknya sunblock menjadi cheklist barang yang kamu wajib bawa agar kamu tetap bisa menjaga kulitmu. Bukan untuk kecantikan atau gaya semata tapi ini juga akan sangat penting merawat kulitmu, karena hal yang membuat nyaman akan membuat kamu aman. So, menggunakan sunblock adalah hal utama yang harus kamu lakukan jika tak ingin kulitmu gosong .

2. Hindari make up berlebih

makeupberlebuh

makeupberlebuh via https://www.google.com

Advertisement

Karena kamu akan ke gunung, bukan akan ke mall atau ke pesta pernikahan mantan. Maka kamu tak usah dandan berlebih, biasanya para perempuan atau kaum hawa yang memiliki banyak riasan untuk di wajahnya. Jika saat mendaki, maka semua kebiasaan kamu di kantor atau kegiatan yang banyak menggunakan make up kamu tinggalkan dulu untuk sementara waktu saja, karena ini akan berakibat buruk untuk kulitmu.

3. Memakai pelindung kepala dan kulit

Pendaki Cantik

Pendaki Cantik via https://1.bp.blogspot.com

Advertisement

Well guys, selain menggunakan sunblock, kamu juga perlu menggunakan aksesoris untuk melindungi kulit sebagai tambahan. Misalnya menggunakan topi dan atau pelindung kulit lainnya seperti sarung tangan, itu sangat berguna sekali untuk melindungi kulitmu. Selain itu juga akan terlihat lebih trendy.

4. Jangan sering menyuntuh wajahmu

menyentuh wajah

menyentuh wajah via https://www.google.com

Mendaki adalah kegiatan yang akan menghasilkan keringat berlebih. So, usahakan jangan sering menyentuh wajahmu atau menghapus keringatmu dengan tangan. Hal ini dikarenan akan menambah tumpukan kuman di wajahmu. Tangan sudah banyak menyentuh hal yang tak bisa lagi dihitung jumlah kumannya. Jadi, jika ingin menghapus keringatmu, kamu bisa membawa sapu tangan yang bersih. Usahakan juga tidak banyak menggunakan tisu, karena akan menghasilakan banyak sampah.

5. Kompres air hangat

kompres air hangat

kompres air hangat via https://www.google.com

And then, saat perjalanan pendakianmu selesai, kamu jangan langsung menggunakan pencuci muka ya, guys. Adaptasikan kembali kulitmu dengan iklam dan cuaca sekitar. Ada baikanya kamu punya handuk kecil bersih untuk membersihkan mukamu dan mengompres secara perlahan. Kamu bisa melakukannya sambil istrahat di basecamp tempat pendakianmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya