Public speaking merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek. Dengan kemampuan tersebut, kita akan mudah menyampaikan ide serta gagasan yang kita miliki. Namun sayangnya, tidak semua orang dapat tampil dengan baik di depan umum, terutama orang-orang yang berkepribadian pemalu dan introvert. Karena mayoritas sikap para introvert cenderung pendiam dan menarik diri.

Taukah kamu? Keterampilan public speaking bisa dilatih lho! Karena kemampuan berbicara di depan umum merupakan suatu skill yang bisa dipelajari. Berikut adalah beberapa tips belajar public speaking bagi kamu yang introvert.

1. Mulailah memperhatikan cara orang berbicara di depan umum

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Advertisement

Jika kamu sering datang ke acara seperti workshop atau seminar, atau suka menonton TV, coba deh perhatikan bagaimana cara para pembicara membawa diri di depan umum.

Mulai dari cara mereka menyapa, memberi salam, membawa diri sampai terlihat rileks, hingga intonasi berbicara. Mereka bisa jadi role model kamu dalam mempraktikan Public Speaking.

Tapi hal yang perlu diingat, jangan menjiplak seratus persen gaya mereka ya! Ciptakan ciri khas dan gaya yang kamu miliki. Karena setiap orang memiliki keistimewaan yang berbeda.

2. Cara selanjutnya adalah latihan!

Photo by Giftpundits.com from Pexels

Photo by Giftpundits.com from Pexels via https://www.pexels.com

Advertisement

Kunci untuk bisa berbicara di depan umum adalah latihan. Taukah kamu? Seseorang yang ekstrovert juga bisa gelagapan berbicara di depan umum jika tidak melakukan latihan.

Cara mudah untuk memulai latihanmu adalah membaca teks apapun dengan bersuara disertai intonasi. Latihan ini akan memperlancar pelafalan kamu dalam berbicara.

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah latihan berbicara. Jika kamu diharuskan presentasi misalnya, berlatihlah untuk berbicara tanpa terfokus dengan teks.

Kamu bisa melakukan latihan ini di tempat yang sepi, seperti kamar, toilet, dan tempat-tempat lainnya yang menurutmu kondusif.

3. Jangan lupa minta orang terdekat untuk mengoreksi

Photo by nappy from Pexels

Photo by nappy from Pexels via https://www.pexels.com

Setelah belajar dan latihan, jangan lupa untuk minta orang terdekatmu untuk mengoreksi penampilanmu. Kamu bisa meminta tolong kepada orang tua, saudara, maupun sahabatmu. Hal ini diperlukan supaya ada orang lain yang dapat memberikanmu kritik maupun saran. Jadikan masukan meeka sebagai acuan untuk menjadi lebih baik ya!

4. Perbanyak jam terbangmu!

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Setelah melakukan banyak latihan, jangan lupa beranikan diri untuk praktik public speaking yang sesungguhnya. Hal ini bisa kamu lakukan mulai dari hal kecil, seperti presentasi di kelas, menjadi MC saat acara reuni dan lain sebagainya. Ingat, jangan pernah takut mencoba. Karena semakin sering kamu berbicara di depan umum, kamu akan terlatih.

5. Jangan lupa tanamkan dalam diri bahwa kemampuan public speaking bisa dilatih

Photo by Liam Martens on Unsplash

Photo by Liam Martens on Unsplash via https://unsplash.com

Hal yang harus selalu kamu ingat, kemampuan public speaking berasal dari latihan, bukan bakat. Banyak orang yang menjadi pembicara profesional karena latihan dan jam terbang, bukan kemampuan dari lahir.

Maka dari itu, selalu percaya pada dirimu kalau kamu pasti bisa untuk berbicara di depan umum dengan baik

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya