1. Hindari Peak Seasons

Peak Season Travels

Peak Season Travels via http://news.xinhuanet.com

Pesanlah tiket pesawat dari jauh-jauh hari dan gunakan maskapai penerbangan hemat seperti Air Asia, Jet Star, atau Tiger Airway. Pastikan waktu keberangkatan Anda pada waktu Low Season alias tidak bersamaan dengan musim liburan, perayaan, atau festival tertentu karena biasanya tiket pesawat dan harga penginapan pada waktu-waktu ini menjadi sangat mahal (ditambah dengan ramainya turis yang akan membuat kalian harus mengantre di hampir setiap loket!)

2. Pilih Penginapan Dekat Transportasi Publik

Capsule Hotel

Capsule Hotel via http://www.uniqhotels.com

Cari penginapan seperti hostel atau guest house untuk 5-10 orang dalam satu kamar jika ingin menghemat budget. Biasanya di negara-negara tujuan wisata menyediakan Female Dorm Room dan loker yang bisa dikunci sehingga kalian bisa menitipkan koper di sini saat berencana menjelajah kota yang sedang Anda kunjungi.

Sekarang, sudah banyak negara-negara di Asia Tenggara yang meyediakan Capsule Hotel, sebuah penginapan berbentuk kompartemen-kompartemen kecil. Sangat cocok bagi kalian yang ingin menekan biaya akomodasi namun tetap bisa tidur dengan nyaman. 

 

3. Tidak Perlu Bawa Banyak Barang Bawaan

Light Packing

Light Packing via http://forums.tombihn.com

Bawalah satu backpack dan satu tas kecil yang berisi baju dan keperluan pribadi kalian. Bawalah baju yang mudah dicuci dan cepat kering sehingga membuat perjalanan kalian lebih praktis. Gunakan juga tas-tas kecil untuk menggkelompokkan barang-barang kalian, selain dapat menghemat ruang barang bawaan juga lebih terorganisir. 

Tidak perlu bawa banyak celana jeans yang berat, satu atau dua sudah cukup dengan satu celana pendek. Handuk, sabun, shampoo, dan hal-hal kecil lainnya? Hotel pasti menyediakannya jadi kalian tidak perlu menghabiskan ruang dengan membawa barang-barang tersebut.

 

4. Bebas Visa di Asia Tenggara

No Visa Country for Indonesian Citizens

No Visa Country for Indonesian Citizens via http://en.wikipedia.org

Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Brunei adalah negara yang bebas dikunjungi oleh WNI tanpa harus memiliki visa kunjungan dengan jangka waktu yang berbeda. Memilih negara bebas Visa tersebuti dapat menghemat budget dan waktu kalian. Namun, kalaupun memerlukan Visa saat traveling ke suatu negara di Asia Tenggara, kalian bisa langsung mengurus Visa On Arrival di Immigration Border.

 

5. Pilih Makanan Khas Lokal

Pastikan memilih makanan yang tidak terlalu pedas, asam, atau asin sehingga tidak mengganggu kesehatan kalian saat melakukan perjalanan keliling Asia Tenggara. Perhatikan kondisi tubuh kalian dengan memakan makanan yang terjamin kebersihan dan higienisnya.

Untuk menghemat, belilah makanan tradisional khas lokal karena biasanya lebih murah daripada beli di restoran fast food - walaupun terkadang fast food menjadi pilihat makan hemat, namun bukan berarti menjadi pilihan tempat makan yang lebih murah atau restoran lainnya.

 

6. Perbanyak Kenalan dan Teman

Anda bisa memulai berkenalan dengan teman di negara lain melalui situs Coach Surfing. Dengan punya banyak teman di negara lain, siapa tahu kamu bisa menghemat biaya akomodasi penginapan atau membutuhkan bantuan di suatu waktu.

7. Pergunakan Website Perbandingan Harga Tiket Pesawat

Website Perbandingan Harga Tiket Pesawat

Website Perbandingan Harga Tiket Pesawat via https://www.tiket2.com

Menggunakan website perbandingan harga tiket pesawat dapat sangat menekan biaya traveling kalian. Kalian dapat membandingkan tiket pesawat termurah untuk destinasi kalian. Harga yang ditawarkan pada website-wesite tersebut tentunya akan lebih murah dibandingkan jika kalian membeli langsung di konter atau website maskapai pesawat tersebut. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya