Kalau ditanya apakah kalian ingin menjadi orang yang sukses atau tidak, pasti kalian semua akan dengan lantangnya meneriakkan kata "iya". Eitss, tapi jangan sekali-sekali mengira kalau meraih kesuksesan itu pada dasarnya semudah membalikkan telapak tangan kita, ya.

Hal ini bisa jadi karena kesuksesan sendiri itu sifatnya 'relatif'. Bagi beberapa orang, sebuah kesuksesan bisa jadi artinya sama dengan memiliki usaha yang mapan sekaligus memiliki mobil mewah yang jumlahnya segudang. Namun bagi sebagian yang lain, sebuah bentuk kesuksesan bisa saja sesederhana mendapatkan senyuman dari orang yang kita sayangi.

Meskipun relatif, ada satu hal yang pasti ketika membicarakan masalah kesuksesan: kesuksesan itu bukan hasil pemberian, melainkan hasil usaha dan jerih payah abadi dari seseorang.

Nah, sekarang masalahnya, apakah kalian ingin sukses tapi masih bingung harus memulai darimana? Tenang. Hilangkan kebingungan dan kegalauan kalian karena ternyata, menjemput kesuksesan itu tidak se-ribet yang biasa kita semua bayangkan. Nih, simak tutorial anti-galau untuk menjemput kesuksesan yang akan mempermudah jalan kesuksesan kalian semua,

1. Buat Definisi ‘Kesuksesan’-mu Sendiri

Kenali gambaran kesuksesan kalian masing-masing via http://www.kaptest.com

Definisi kesuksesanmu itu ya ada di tanganmu sendiri, bukan di tangan orang lain.

Kenapa sih kita harus mendefinisikan kesuksesan kita masing-masing? Jawabannya adalah, agar kita memiliki visualisasi yang jelas akan kesuksesan itu sendiri. Kalau bayangan kalian akan kesuksesan saja masih burem, ya bagaimana kalian bisa mengawali langkah kesuksesan kalian yang seharusnya cemerlang itu?

Advertisement

Makanya, sedari awal, perjelas definisi dan visi dari kesuksesan yang ingin kalian raih. Buatlah definisi sukses yang spesifik agar nanti di tengah perjalanan, kalian tidak 'menyimpang' dari apa yang sudah direncanakan. Dan yang paling penting, jauhi aktivitas 'meniru' definisi sukses milik orang lain karena definisi sukses mereka belum tentu cocok untuk kita anut dan percayai.

2. Disiplinkan Diri

Disiplinkan diri dengan membuat daftar komitmen via https://www.google.co.id

Disciplining yourself to do what you know is right and important, although difficult, is the highroad to pride, self esteem and personal satisfaction.

Bagaimana? Merasa mendapatkan pencerahan setelah membaca kutipan dari ibu Margaret Thatcher yang dijuluki sang Iron Lady ini?

Advertisement

Yup, langkah wajib selanjutnya ialah mendisiplinkan diri kita sendiri. Tahukah kalian, mendisiplinkan diri sendiri itu jauh lebih susah lho daripada mendisiplinkan diri orang lain. Nah, supaya lebih mudah, salah satu cara untuk mendisiplinkan diri yang efektif adalah dengan membuat daftar hal apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan selama proses menjemput kesuksesan.

Terapkan daftar komitmen yang awalnya tidak muluk-muluk dan sifatnya bertahap, semisal jika kalian ingin menjadi penulis artikel yang handal, awalnya cukup berkomitmen untuk menyelesaikan 2 artikel sehari terlebih dahulu. Baru nanti kalau kalian sudah terbiasa, kalian bisa menambahnya menjadi 3-4 artikel per hari dan seterusnya.

3. Jangan Takut Gagal dan Jangan Tunggu ‘Nanti’

Yakinlah kalau kalian pasti bisa via https://www.google.co.id

Waktu nyatanya berlalu begitu cepat. Sementara kalian masih menunggu 'nanti' , jutaan orang di luar sana sudah saling 'berdesakan' untuk memulai dan bahkan sebagian dari mereka sudah asyik memetik 'hasil' mereka masing-masing.

Wuss, ngeri bener ya?

Makanya, jangan terhimpit pemikiran "aduh, aku kan masih belum berpengalaman, " atau "aduh, nanti aku pasti kalah saing sama yang lebih expert, " . Yaelah, guys, andai dulu Thomas Alva Edison punya pola pikir yang semacam ini, terus beliau bilang, "ah, gak mau ah bikin lampu pijar ih, takut kesetrum nih, " . Bisa dibayangkan kan apa yang akan terjadi selanjutnya?

Ayolah, guys. Mulai dari sekarang, lakukanlah sesuatu. Dari hal-hal kecil sajalah, asalkan hal tersebut masih berhubungan dengan definisi kesuksesan kalian tadi. Tingkatkan motivasi diri kalian dan jangan takut gagal karena kalian sebenarnya sudah dilahirkan sebagai pemenang. Ingat, kalian adalah sperma terbaik yang mengalahkan lebih dari 300 juta sperma lainnya. Masih merasa kalau kalian adalah makhluk tergagal yang pernah ada?

4. Lakukan Perubahan

Yuk berubah via https://www.google.co.id

Satu-satunya hal yang konstan di dunia ini adalah perubahan.

Baru saja kalian membeli ponsel pintar yang katanya digadang-gadang menjadi ponsel pintar tercanggih tahun ini, eh, tidak tahunya, tahun depan sudah keluar ponsel pintar yang disebut-sebut sebagai ponsel pintar terbaik di abad ini. Menilik dari pengalaman ini, kalian merasa tidak sih kalau perubahan itu selalu terjadi dimanapun dan kapanpun?

Nah guys, jangan mau kalah dari ponsel pintar, ya! Kalian sebagai manusia justru seharusnya bisa jauh lebih berkembang dari teknologi! Jangan mau hanya stuck di posisi nyaman kalian sekarang karena sejatinya, tidak ada kesuksesan yang datang melalui perjuangan yang mudah nan monoton.

Terbuka pada perubahan menandakan kalau kalian adalah orang yang siap sukses karena salah satu kunci menjemput kesuksesan ialah dengan menjadi pribadi yang 'fleksibel'. Nih ya, kalau kalian masih anti sama yang namanya perubahan, mending kalian sekalian tidak usah hidup di galaksi ini deh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya