Ketika kamu membuka pengumuman SBMPTN dan ternyata kamu gagal, dunia pun serasa runtuh dan seakan sia-sia semua perjuanganmu selama ini. Kamu pun merasa bingung, stress, dan tertekan oleh pertanyaan-pertanyaan yang terus menghantuimu.

"Kenapa aku tidak lulus SBMPTN?"

"Haruskah aku menunggu satu tahun lagi untuk dapat kuliah di kampus dan jurusan impianku?"

"Atau haruskah aku asal kuliah di kampus dan jurusan yang sama sekali bukan minatku?"

Semua yang kamu rasakan saat ini pada dasarnya wajar: kamu kebingungan, stress dan tertekan dengan kondisi yang kamu alami saat ini. Tapi ingatlah, setiap kejadian pasti ada hikmahnya, begitu juga dengan kegagalanmu di SBMPTN kali ini. Bisa jadi, hikmah kegagalanmu ini menjadi sebuah batu loncatan terbaik yang akan membawamu terbang menuju kesuksesan yang lebih bermakna. Lima hal ini patut kamu renungkan untuk memetik hikmah kegagalanmu.

1. Kegagalan Adalah Hal Yang Wajar, Teruslah Berusaha

99 kali gagal via https://picturesquote.com

Tiada mungkin kamu meraih kesuksesan tanpa mengalami kegagalan. Seorang Einstein pernah berkata,

Aku telah berjuang sebanyak 99 kali dan hasilnya aku gagal… Lalu aku berjuang kembali untuk ke-100 kalinya, dan aku pun berhasil.

Maka bisa kamu bayangkan, jika seseorang yang baru gagal satu atau dua kali langsung menyerah, maka ia tidak akan bisa meraih keberhasilannya. Kegagalan adalah proses, yang perlu perjuangan setelahnya, untuk kemudian dirubah menjadi keberhasilan.

2. Jangan Khawatir, Masih Ada Kesempatan Pasca SBMPTN

Advertisement

Kesempatan pasca SBMPTN via https://okezone.com

Terkhusus untuk kamu yang mampu secara ekonomi, kamu masih memiliki banyak kesempatan untuk mengikuti ujian masuk di beberapa kampus yang kamu tuju. Adapun kamu yang kebetulan kurang mampu secara ekonomi, setidaknya, berjuanglah sekali lagi.

Siapapun kamu, entah dari golongan mampu ataupun tidak, manfaatkan baik-baik kesempatan lanjutan pasca SBMPTN ini. Bisa jadi ini adalah kesempatan emas sekaligus kesempatan terakhir kamu untuk masuk di kampus dan jurusan impianmu. Sekali lagi, jangan sia-siakan kesempatan ini.

3. Bisa Jadi Kegagalanmu Adalah Wujud Tidak Ridhonya Orangtuamu

Ridho orang tua via https://abiummi.com

Apa sebenarnya penyebab kegagalanmu di SBMPTN? Bisa jadi, salah satu penyebabnya adalah belum ridhonya kedua orang tua terhadap pilihanmu. Seorang guru pernah berkata:

Ridho Tuhan ada pada ridho orangtua

Maka dari itu, coba tanyakan pada orang tuamu tentang pilihanmu itu. Jika memang mereka tidak ridho, jelaskan baik-baik pada mereka: apa alasanmu dan apa tujuanmu untuk memilih jalan hidup itu. Lalu ambillah jalan akhir yang merupakan impianmu sekaligus ridho dari orang tuamu.

4. Atau Mungkin Kegagalanmu Adalah Akibat Kemalasanmu

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, jika kamu adalah orang yang senantiasa berusaha. Tapi jika membaca buku saja kamu malas-malasan, kesuksesan mana yang kamu harapkan? Kau ingin lulus SBMPTN tapi membaca buku malas-malasan, sementara di luar sana ada ribuan orang yang siang-malam senantiasa belajar.

Pikirkanlah, lebih banyak mana intensitasmu dengan ilmu dibanding interaksimu dengan dengan gadgetmu? Lebih intens mana kamu membaca status-status facebook dibanding membaca buku? Bagaimana mungkin kamu berharap mengalahkan ribuan pesaing SBMPTN yang berusaha keras, sementara yang kau lakukan hanya main-main gadget dan memandangi timeline media sosialmu setiap waktu?

Pikirkan kembali.

5. Segera Perbaiki dan Bergegas Raih Suksesmu

Raih suksesmu via https://betanews.com

Pikirkanlah seluruh renungan ini baik-baik.

Yakinilah bahwa kegagalan yang kau alami saat ini adalah sebuah proses indah dalam jalan suksesmu. Bergegaslah, raih kesempatan yang tersisa setelah pengumuman SBMPTN ini. Mintalah ridho kedua orangtuamu, dan singkirkan seluruh rasa malas yang menyertaimu.

Bergegaslah kawan, manfaatkan seluruh kesempatan yang tersisa. Persiapkan dengan matang dan sempurna. Karena, sesungguhnya, ada ribuan orang yang siap sedia mengambil kesempatan ini jika kau lengah dan membiarkannya begitu saja.

Lakukan!