Penyakit adalah salah satu gangguan kesehatan yang mempunyai tingkat bahayanya tersendiri bagi kelangsungan hidup manusia.

Salah satunya adalah penyakit kanker. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang sampai saat ini masih sangat sulit untuk disembuhkan terutama bagi stadium kanker yang sudah sangat tinggi bagi si pasien. Banyak macam dari jenis kanker yang salah satunya adalah jenis penyakit kanker kulit. Bahkan di Amerika sendiri kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang banyak diderita pasien. Menurut American Academy of Dermatology jenis kanker kulit dibagi menjadi 3, yaitu basal cell carcinoma (BCC) melanoma, dan squamous cell carcinoma (SCC). BCC yang paling banyak diderita pasien, biasanya menyerang bagian leher, muka dan juga lengan karena paparan sinar matahari. SCC, lebih sering menyerang bagian mulut, bibir dan area kelamin seseorang. Sedangkan melanoma, identik dengan bintik - bintik hitam yang menjadi jenis kanker kulit yang paling mematikan.

Penyebab kanker kulit ada beberapa macam, diantaranya adalah seringnya seseorang terpapar sinar ultraviolet dalam jangka dan langsung mengenai kulit, tanpa menggunakan pelindung seperti jaket atau krim tabir surya. Maupun penggunaan tato pada tubuh seseorang dengan menggunakan jarum atau tinta tato yang tidak steril. Faktor keturunan dari keluarga juga menjadi faktor yang menyebabkan seseorang bisa terserang kanker kulit. Faktor gen dari orang tua biasanya juga akan menurun pada si anak ataupun keturunan dari anggota keluarga kandung semisal dari sang kakek atau nenek. Dan penyakit jantung dan diabetes adalah contoh dari penyakit menurun lainnya. Menurut penelitian di Amerika, penyakit kanker kulit juga bisa disebabkan oleh faktor warna rambut yang dimiliki oleh seseorang. Khususnya bagi mereka yang mempunyai jenis warna rambut pirang dan berwarna merah.

Selain itu penggunaan teknologi medis yang biasa digunakan dalam proses rontgen,pemeriksaan kandungan dan bermacam pemanfaatan sinar X lainnya dalam dunia medis bisa menjadi pemicu kanker kulit jika insensitas penerapannya terlalu sering pada seorang pasien. Dan efek samping dari pengidap penyakit Lymphoma dan HIV juga berpotensi mengidap kanker kulit.

1. Bintik Hitam dengan Sisinya Terasa Bergerigi

youtube.com via https://www.google.com

Jika umumnya bintik hitam tau tahi lalat terasa empuk saat dipegang, namun pada kasus tanda – tanda kanker kulit tahi lalat yang terasa bergerigi pada bagian sisinya bisa memunculkan adanya kemungkinan seseorang terserang kanker kulit.

2. Bintik Hitam dengan Ukuran yang Semakin Membesar

huffingtonpost.com via https://www.google.com

Perhatikan lebih lanjut soal ukuran dari bintik hitam tapi jika diperhatikan ukurannya semakin membesar dari biasanya. Karena termasuk suatu tanda yang aneh, bisa dipastikan ini akan menjadi resiko bagi dirimu mengenai penyakit kanker kulit.

3. Bintik Hitam yang Semakin Menghitam atau Berubah Warna

Advertisement

medicalnewstoday.com via https://www.google.com

Pernahkah kamu memperhatikan suatu atau beberapa jumlah bintik hitam yang ada pada kulitmu tiba – tiba semakin menghitam dari tahi lalat pada umumnya? perubahan warna bintik hitam pada kulitmu ini harus segera kamu waspadai untuk mencegah terjadinya hal yang lebih buruk. Segera konsultasikan ke dokter spesialis terdekat.

4. Jerawat yang Tidak Kunjung Menghilang

Jerawat adalah salah satu gangguan pada kulit yang paling wajar pada mereka yang berada di usia pubertas, maupun orang dewasa yang mengalami terlalu banyak makan makanan berminyak ataupun pengaruh dari paparan debu di jalan. Tapi kamu perlu khawatir jika jerawat ini tidak kunjung hilang dalam kurun waktu sebulan dan terkesan tembus pandang jika terkena sinar matahari.

5. Memar di Telapak Kaki yang Tak Kunjung Sembuh

medicalnewstoday.com via https://www.google.com

Bagi kamu yang pernah mengalami yang namanya "memar" pasti kamu tau gimana ngilunya memarmu jika sampai tersenggol sesuatu. Kalau kamu merasa tidak pernah terbentur benda tumpul terlalu keras tapi malah timbul memar di bagian telapak kaki kamu perlu merasa khawatir. Apalagi memar yang ada di telapak kakimu tidak kunjung sembuh setelah kamu mengobatinya, semisal dengan mengoleskan salep khusus untuk mengobati memar. Bisa jadi ini salah satu tanda kamu terserang kanker kulit.

6. Luka yang Tidak Kunjung Sembuh

richardmatthewsplasticsurgeon.co.uk via https://www.google.com

Luka ini biasanya terdapat di area mulut, bagi mereka yang terbiasa merokok khususnya mereka para perokok berat. Tembakau dan filter rokok dapat menyebabkan kanker kulit tipe SCC atau squamus cell carsinoma jika seorang terlalu sering menghisap rokok. Satu – satunya cara adalah mengurangi jumlah rokok dalam sehari atau yang paling aman adalah berhenti menjadi perokok.

7. Terdapat Lapisan Coklat di Bawah Kuku Jarimu

metro.co.uk via https://www.google.com

Tanda selanjutnya adalah ada semacam lapisan berwarna coklat yang terdapat di bagian dalam ujung kuku jari tanganmu. Ini bukanlah kotoran yang sedang menumpuk di bagian dalam kukumu, tapi ini adalah tanda berbahaya dari penyakit kanker kulit dengan jenis BCC atau basal cell carcinoma.

8. kulit yang Kasar dan Bersisik

health.com via https://www.google.com

Hal ini berbeda dengan kondisi dimana kulit bersisik yang terjadi saat kamu berada di area yang dingin, atau ketika kamu jarang menggunakan body lotion. Tanda kulit bersisik dan terasa kasar mempunyai permukaan kulit yang lebih empuk namun seperti mati rasa ketika dioleskan krim kulit.

9. Munculnya Kutil di Area Mulut dan Kelamin

vafacialsurgery.com via https://www.google.com

Mungkin kamu pernah melihat atau merasakan bahwa di area kelaminmu terdapat semacam jerawat dan itu bukanlah hal membahayakan seperti tanda – tanda kanker kulit. Yang lebih berbahaya adalah ketika kamu melihat munculnya kutil semacam kulit yang terasa padat di area kelaminmu. Ini bisa disebabkan karena faktor seks bebas.

10. Bintik Hitam atau Tahi Lalat yang Berbentuk Aneh

latimes.com via https://www.google.com

Munculnya tahi lalat yang berbentuk tidak rata pada bagian kulit tertentu seseorang ini bisa menjadi ciri atau pertanda seseorang sedang mengalami hal yang kurang baik pada tubuhnya. Seperti kemungkinan serangan kanker kulit.

11. Bintik Hitam atau Tahi Lalat yang Terasa Sakit atau Berdarah

pinterest.com via https://www.google.com

Ketika kamu menyentuh tahi lalat yang ada di bagian tertetntu pada kulit, pastikan tidak terasa sakit ketika disentuh dan juga tidak mudah mengeluarkan darah. Jika itu semua adalah kebalikannya, maka kamu harus waspada akan kemungkinan tanda – tanda kanker kulit yang ada pada tubuhmu.