Sungguh indah kemegahan Negeri kabut yang di cipta oleh tangan Tuhan semesta alam. Petualangan wisata di Negeri kabut halimun merupakan kegiatan yang unik dan tidak biasa. kemegahan belantara dan penomena eksotisnya merupakan hal yang sering dicari untuk dikunjungi wisatawan penikmat wisata alam dan wisata petualangan.

1. Kabut tipis Halimun yang mempesona

Kabut di wisata Halimun via http://wisatahalimun.co.id

Negeri kabut bagi sebagian orang itu adalah imaginer dan bagi sebagian orang lagi adalah mimpi untuk dapat menjelajah Negeri kabut. Namun tidak bagi sebagian orang yang pernah menelusuri Negeri kabut dalam paket wisata jelajah negeri berselimutkan kabut. Itulah Halimun yang pesona kabutnya masih menyelimuti peradaban-peradaban tua yang enggan tersentuh oleh zaman.

2. Halimun berarti kabut dalam padanan sunda

Pesona Wisata Halimun via http://wisatahalimun.co.id

Advertisement

Halimun dalam padanan bahasa sunda yang berarti kabut, Gunung Halimun merupakan sebuah gugusan yang secara administratif berada di kabupaten Bogor, Sukabumi provinsi Jawa Barat dan kabupaten lebak di provinsi Banten. Berada dibawah pengelolaan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Kementerian Kehutanan, tanggung jawabnya berada di tangan Balai Besar Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Puncak Halimun memiliki ketinggian 1929 Mdpl sementara puncak Salak 2.211 Mdpl. Gugusan Hutan Halimun merupakan hutan hujan dataran rendah.

Pesona kekayaan Taman Nasional Halimun Salak adalah Keanekaragaman hayati yang dikandungnya termasuk yang paling tinggi, dengan keberadaan beberapa jenis fauna penting yang dilindungi di sini seperti elang jawa, macan tutul jawa, owa jawa, surili dan lain-lain. Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan sekitarnya pun merupakan tempat tinggal komunitas masyarakat adat seperti masyarakat adat Kasepuhan Banten Kidul dan komunitas Baduy.

3. Menembus kabut Halimun

Menembus kabut wisata Halimun via http://wisatahalimun.co.id

Berjalan menembus kabut Halimun menuju suatu kampung tempat sebuah keharmonisan bertakhta di ujung enclave kebun teh Nirmala yang purwa. Kebun teh yang dikepung oleh hutan hujan yang kerap berselimutkan halimun tipis nan putih, itulah kampoeng Citalahab sentral tempat wisatawan melepas lelah setelah tubuh seharian berpetualang di rimbanya belantara yang berselimut Halimun

4. Pegunungan di bawah garis pelangi

Here we had the rainbows via http://wisatahalimun.co.id

Advertisement

Menikmati gugusan di bawah garis pelangi di negeri kabut bukan sebatas datang, berkunjung dan melihat lompatan air yang jernih yang melahirkan pelangi dengan putri-putrinya yang tak terlihat, namun juga harus mengenal menemukan perbedaan terjunan air yang melahirkan pelangi sehingga anda dapat temukan keistimewaannya.

5. Viewing spot 1800 Mdpl

Viewing spot via http://wisatahalimun.co.id

Pun di Pegunungan di bawah garis pelangi anda dapat menikmati exotisnya keindahan warna halimun yang senada dengan warna awan di langit biru yang menenangkan pikiran dan menentramkan jiwa disebuah viewing spot enclave Nirmala yang Agung, atau melihat megahnya matahari tenggelam di landscape alam yang tidak terpenjara oleh batasan dengan mata telanjang serta mengabadikan dengan lensa kamera mewahnya warna kemerahan yang mulai terpancar dari kaki langit di ufuk barat karena mentari mulai nampak kelelahan dan enggan menemani kita ebih lama lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya