#WisataFilipina-Muslim Traveller, yuk Lihat 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Muslim-Friendly di Filipina!

Setelah Pandemi Usai, Yuk kunjungi Filipina! Its More Fun In the Philippines!

Walaupun keadaan dunia sekarang masih dalam status pandemi dan mobilitas fisik kita terbatas, tidak ada salahnya merencanakan liburan bersama orang-orang tercinta dari sekarang. Terkadang, muslim traveller ragu-ragu dalam memilih destinasi wisata karena berbagai hal, seperti khawatir kesulitan menemukan tempat makan halal, atau masjid untuk beribadah.

Tapi tenang, muslim traveller sekarang nggak usah ragu atau khawatir lagi karena Filipina sudah termasuk salah satu destinasi wisata yang muslim-friendly loh! Nah sebelum pergi ke Filipina, yuk lihat rekomendasi destinasi wisata yang muslim-friendly untuk para muslim traveller.

Advertisement

1. Davao

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via http://www.pinterest.ph

Kota Davao merupakan kota terbesar di Filipina yang terletak di Pulau Mindanao. Keindahan alamnya menjadi daya tarik dari Kota Davao ini. Salah satu yang menjadi ikon dari kota ini adalah Gunung Apo yang terkenal dengan sebutan The Philippine Peaks. Selain itu, Davao juga disebut sebagai kampung halaman Durian.

Hamparan perkebunan buah dan bunga, khususnya anggrek menjadi daya tarik lainnya dari Davao. Kota Davao juga merupakan salah satu destinasi yang populer karena muslim friendly. Di Davao, traveller bisa mengunjungi Davao City Islamic Center, Omar Mosque Toril Islamic Center yang terletak di pusat kota, Ecoland Mosque, dan masjid lainnya untuk beribadah. Nggak sedikit juga tempat makan halal yang bisa para muslim traveller kunjungi, salah satu contohnya yaitu Halal House Davao.

Advertisement

2. Cotabato

Photo by Out of town on Pinterest

Photo by Out of town on Pinterest via http://www.pinterest.com

Masih di Mindanao, kali ini traveller bisa mengunjungi Cotabato yang terletak di SOCCSKSARGEN. Cotabato city merupakan pusat regional Wilayah Otonomi di Mindanao Muslim atau Autonomous Region of Muslim Mindanao (ARMM). Di Cotabato terdapat masjid terbesar di Filipina, yaitu Grand Mosque Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mosque yang terletak di antara Sungai Tamontaka dan Teluk Moro.

Masjid ini dibangun berkat sumbangan warga Filipina dan bantuan dari Sultan Brunei. Selain itu, masjid lain yang cukup eye-catching karena memiliki warna yang cukup mencolok yaitu warna pink adalah Masjid Dimaukom. Untuk makanan sendiri nggak usah khawatir karena banyak tempat makan halal yang dapat dengan mudah traveller temukan.

Mengunjungi Cotabato, jangan lupa bawa oleh-oleh untuk orang tersayang ya traveller. Traveller bisa mengunjungi pasar tekstil yang menyediakan berbagai macam kerajinan dari daerah Maguindanao. Pasar tekstil yang bisa traveller kunjungi di Cotabato antara lain Cotabato Mega Square, Cotabato Mega Market, dan lainnya. Traveller bisa membeli kain inaul yang merupakan ciri khas dari Filipina.

Advertisement

3. Zamboanga

Photo by Freedom Wall

Photo by Freedom Wall via http://www.pinterest.com

Zamboanga merupakan kota dengan banyak penduduk beragama muslim, disini traveller nggak akan kesusahan untuk menemukan tempat makan halal maupun masjid untuk beribadah. Salah satu masjid yang terkenal di Zamboanga adalah Masjid Taluksangay yang merupakan masjid tertua di Zamboanga yang dibangun pada tahun 1885. Objek wisatanya pun tak kalah menarik, di Zamboanga terdapat pantai berpasir pink di Pulau Santa Cruz yang menjadi daya tarik wisatawan.

4. Bohol

Foto oleh Kamil Lothar 夏侯惇 dari Pexels

Foto oleh Kamil Lothar 夏侯惇 dari Pexels via http://www.pexels.com

Bohol merupakan sebuah provinsi kepulauan yang terletak di Central Visayas. Bohol terkenal akan pemandangan alamnya yang indah. Salah satu tempat yang dapat dikunjungi di Bohol adalah Chocolate Hills yang terkenal dengan lebih dari 1.268 kubah batu gamping berselimutkan rumput yang serupa. Dinamakan Chocolate Hills karena pada musim kemarau, perbukitan ini berubah warna menjadi coklat.

Destinasi wisata lainnya di Bohol adalah Taman Margasatwa Tarsius dan Hewan Liar Filipina (Philippine Tarsier and WIldlife Sanctuary) di Corella, disini traveller bisa menemukan primata terkecil di dunia, Tarsius. Buat traveller yang suka dengan tantangan, jangan lupa uji keberanian dengan mencoba plunge di E.A.T Danao, yaa! dijamin seru deh. Ohya, jangan lupa untuk menyempatkan waktu mengunjungi Masjid Darussalam ya, traveller!

5. ILOILO

Photo by WisataFIlipina

Photo by WisataFIlipina via http://www.wisatafilipina.com

Destinasi kali ini masih terletak di Visayas, lebih tepatnya Visayas Barat nih traveller. Iloilo memiliki julukan sebagai The Heart of The Philippine, karena letaknya nya berada di tengah-tengah Filipina. Di Iloilo, traveller bisa mengunjungi 3 masjid untuk beribadah, yaitu masjid Molo di Molo district, The Iloilo Pioneer Masjid di La Paz district, dan The Masjid Al-Khabeer di Pavia town. Daya tarik wisata di Iloilo pun tidak kalah dari destinasi lainnya. Di Iloilo, traveller bisa mengunjungi Calle Real yang merupakan tempat berdirinya bangunan bersejarah era Spanyol sejak tahun 1800-an. Salah satu tempat wisata yang terkenal adalah Kepulauan Gigantes. Kepulauan Gigantes menyuguhkan wisata pantai yang sangat indah dengan gua dan lagunanya yang terbaik. Pulau lainnya yang menarik adalah Pulau Sicogon yang memiliki pasir berwarna kuning muda.

Gimana traveller? tertarik mengunjungi Filipina? sekarang kita liburan virtual dulu aja yaa.. Setelah pandemi usai, langsung deh cuss terbang ke Filipina. Travellers, perlu diingat, kemanapun kita pergi harus selalu menjaga sopan santun dan menjaga kebersihan, yaa!

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah FIlipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It's More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE