Apakah kamu salah satu penonton dari film Tenggelamnya Kapal  Van der Wijck? Tahukah kamu siapa penulis dari novel yang diangkat menjadi film tersebut?

Penulis dari novel tersebut adalah Abdul Malik Karim Amrullah atau dikenal dengan Buya Hamka. Seorang sastrawan kelahiran Sumatera Barat ini telah banyak menghasilkan karya sastra. Diantara novelnya ada Du Bawah Lindungan Ka’bah, Tenggelamnya Kapal Van Der Wicjk, Mandi Cahaya di Tanah Suci, Di Lembah Sungai Nil, dan Di Tepi Sungai Dajlah.  

Buya Hamka banyak menghasilkan karya sastra setiap melakukan perjalanan ke luar negeri.  Bagi kamu yang pernah menonton film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck atau Di Bawah Lindungan Ka’bah itu merupakan beberapa karya sastra Buya Hamka yang difilmkan. Bahkan dalam waktu dekat kamu bisa lebih mengenal sosok Buya Hamka melalui film Buya Hamka yang akan diperankan oleh Vino G Bastian.

Dari karya-karyanya tersebut banyak menghasilkan kata-kata bijak yang mungkin bisa menjadi pesan self reminder bagi diri kita.

1. Waktu

Tidak ada harga atas waktu

Tidak ada harga atas waktu via https://unsplash.com

Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat berharga. Memiliki waktu tidak menjadikan kita kaya, tetapi menggunakannya dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan.

2. Keberhasilan

Apakah tugas kita hanya untuk berhasil saja?

Apakah tugas kita hanya untuk berhasil saja? via https://unsplash.com

Advertisement

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.

3. Tangis dan tawa

Ada tangis dan tawa

Ada tangis dan tawa via https://unsplash.com

Saat kau dilahirkan engkau menangis tetapi orang lain ketawa, tetapi berjuanglah sampai di saat kau mati, orang lain menangisi kepergianmu tetapi engkau tertawa dalam senyuman.

4. Perempuan

Perempuan

Perempuan via https://unsplash.com

Perempuan itu adalah makhluk yang kalau disakiti dia ingat betul siapa yang menyakitinya dan itu tersimpan dalam di dalam hatinya. Tapi dia lupa, dia juga sering menyakiti orang lain.

5. Air mata

Air mata

Air mata via https://unsplash.com

Advertisement

Air mata berasa asin itu karenanya air mata adalah garam kehidupan.

Mungkin beberapa kata bijak dari Buya Hamka ini bisa menjadi pesan tersendiri bagi diri kita. Jadi apa kata bijak favoritmu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya