Masa-masa mengerjakan skripsi memang masa yang menantang. Mulai dari mempertimbangkan judul penelitian, mencari dosen pembimbing yang paling cocok untuk topik yang akan kita ambil, menghubungi narasumber yang mau diwawancarai, sampai mengumpulkan data yang kita perlukan untuk menyelesaikan skripsi itu sendiri — seberapa tertarik pun kamu pada topik penelitianmu, pasti ada saja titik dimana kamu jenuh dan kehabisan energi.

Karena beratnya tekanan dalam proses pengerjaan skripsi ini, banyak mahasiswa yang akhirnya menyerah kalah. Padahal kalau kuliah itu video game, skripsi adalah musuh terakhir yang harus kamu kalahkan sebelum menjadi pemenang permainan.

Advertisement

Nah, supaya semangatmu mengerjakan skripsi bertambah dan kamu terhindar dari keinginan menyerah, Hipwee akan menjabarkan untukmu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kejenuhan ketika mengerjakan skripsi. Sepenting apapun tugasmu itu, setiap orang butuh waktu break atau istirahat. Yuk, pastikan masa istirahatmu berfaedah dengan kegiatan-kegiatan di bawah ini! 😉

Demi Mengerjakan Skripsi, Banyak darimu yang Akan Mengurung Diri. Jadi, Obatilah Rasa Jenuh dengan Mengubah Letak Barang-Barang di Kamar Kost.

Ubah posisi barang di kamar tidurmu

Ubah posisi barang di kamar tidurmu via fyeahcooldormrooms.com

Rasa stres tidak hanya bisa datang ketika kamu dihadapkan pada tekanan, namun juga rutinitas. Rutinitas itu banyak macamnya, termasuk “rutinitas” melihat posisi dan dekorasi kamar kost yang itu-itu saja.

Untuk mengobati kejenuhan, coba deh ubah posisi barang-barang di kamar tidurmu. Jika kasurmu tadinya terletak di dekat jendela, geser saja hingga letaknya sekarang di pojokan ruang. Jika lemarimu tadinya berada di dekat pintu, pindahkan saja lemari itu ke sudut lain di kamarmu.

Advertisement

Tak puas cuma dengan mengubah posisi furnitur? Berkreasi saja dengan dekorasi kamarmu! Hipwee sudah pernah mengulas tips-tips sederhana untuk menghias kamar kostmu, lho. Kamu bisa mengubahnya menjadi “istana” yang nyaman, menambahkan kolase foto di dinding, hingga membuat taman mini di dalam botol alias terarium.

Perubahan itu tak harus besar-besaran. Yang penting, perubahan itu signifikan. Hanya dengan mengubah posisi furnitur atau mendekorasi dinding kamar, pikiranmu sudah bisa menjadi lebih segar. Jika mau mengerjakan skripsi dengan suasana yang lebih berbeda lagi, keluarlah dari kamarmu dan kerjakan tugas itu di spot-spot mengerjakan skripsi yang bisa menambah inspirasi ini.

Mengerjakan Skripsi Memang Harus Sendiri, Tapi Kamu Tetap Butuh Sosialisasi. Temukan Teman yang Bisa Kamu Ajak Bercerita!

Cerita dengan teman (tapi nggak harus di tepi laut juga sih)

Cerita dengan teman (tapi nggak harus di tepi laut juga sih) via ariamriansya.blogspot.com

Salah satu obat stres yang paling ampuh adalah dengan bercerita pada orang yang kamu percaya. Jangan ragu atau merasa malu ketika kamu memang membutuhkan itu. Menceritakan kesulitan bukan berarti pertanda kalau kamu tidak mampu menyelesaikannya. Tiap orang memang butuh sokongan, terutama dalam periode-periode penuh tekanan.

Cobalah untuk bersikap terbuka. Tidak ada salahnya juga menceritakan kepada orangtuamu. Bukankah ketika kamu bercerita, mereka bisa mengerti kesulitanmu dan menjadi paham kalau skripsi itu memang nggak gampang? :’)

Pergilah ke Coffee Shop: Pesan Minuman Kesukaan, Baca Buku-Buku Ringan, Atau Sekadar Perhatikan Orang-Orang

Hangout di coffee shop bisa jadi alternatif

Hangout di coffee shop bisa jadi alternatif via eatwithloves.wordpress.com

Kalau otak sudah buntu dan perasaan mulai gak karuan, ini saatnya kamu tutup laptopmu dan melakukan hal yang membuatmu rileks. Jika kamu punya sedikit uang, mungkin kamu bisa menghabiskan beberapa jam di coffee shop. Pesanlah minuman yang kamu suka sambil membaca komik atau novel dari rak buku. Jika memungkinkan, cobalah untuk mengobrol ringan dengan para pelayan kafe. Malas membaca atau mengobrol? Boleh juga kok kamu sekadar duduk, mendengarkan musik sembari melihat orang datang dan pergi di tempat tersebut.

Dengan ini, pikiran dan konsentrasimu akan berpindah dari diri sendiri ke lingkungan sekitar. Ingat, salah satu obat stres paling ampuh adalah berhenti memikirkan diri sendiri dan mulai memperhatikan orang lain!

Jika Kamu Perlu Sumber Rasa Nyaman dan Ketenangan, Pertimbangkanlah Untuk Memelihara Hewan.

Memelihara hewan bisa memberimu rasa nyaman

Memelihara hewan bisa memberimu rasa nyaman via arsyiarsyo.blogspot.com

Tahukah kamu kalau memiliki hewan peliharaan ternyata berguna untuk mengurangi rasa stres? Kalau belum tahu coba deh baca artikelnya di sini. Ya kamu mulai bisa mencari hewan-hewan peliharaan yang bisa menemani kamu mengerjakan skripsi. Kalau anjing atau kucing kamu anggap merepotkan cobalah beli ikan-ikan kecil yang bisa kamu taruh di akuarium.

Bakar Energi Negatif dengan Menjaga Fisikmu Tetap Aktif. Jika Pikiran Mulai Kacau, Bangkit dari Kursi dan Segeralah Berolahraga!

Jaga fisikmu tetap aktif

Jaga fisikmu tetap aktif via tumblr.com

Selain memelihara binatang solusi lainnya bisa kamu coba untuk mengatasi  rasa stres saat mengerjakan skripsi adalah dengan berolahraga. Olahraga seperti futsal, renang, atau bahkan sekadar lari — semuanya efektif untuk mengurangi ketegangan mentalmu. Jadi mulai sekarang, terapkanlah trik ini supaya untuk membuat pikiranmu tetap tenang dan terorganisasi.

Bosan Duduk Terus Sepekan Ini? Rencanakan Saja Jalan-Jalan Singkat di Akhir Pekanmu

Rencanakan perjalanan singkat mu

Rencanakan perjalanan singkat mu via jalan2men.com

Jangan karena skripsi, kamu jadi katak dalam tempurung. Bukankah skripsi justru harusnya bertujuan menjadikanmu berpikiran cerdas dan lebih terbuka? Jadi, jangan terus mengungkung diri di dalam kamar. Kalau kamu memang hobi jalan-jalan, jalanilah hobimu dengan perjalanan singkat di akhir pekan.

Jadikan akhir pekanmu sebagai waktu terbaik untuk melepaskan diri dari segala tekanan skripsi. Tak perlu yang jauh-jauh karena itu akan membuatmu lelah dan bingung memikirkan biayanya. Yang dekat dan murah juga banyak kok. Pasti ada obyek wisata tertentu yang bisa kamu kunjungi di kotamu, bukan?

Jika Kamu Enggan Bercerita Lewat Obrolan Biasa, Curahkan Saja Perasaanmu Lewat Tulisan

Tulis idemu dimanapun dan kapanpun

Tulis idemu dimanapun dan kapanpun via www.thepurpletouch.com

Kalau kamu tidak suka cerita dengan orang lain , jangan ragu untuk menumpahkan rasa stresmu pada sebuah tulisan. Bisa di buku harianmu (terdengar lawas, tapi ini cara yang cerdas), di blog pribadimu, bahkan di forum-forum internet. Jika sedang stres, kamu butuh yang namanya pelepasan perasaan. Disinilah pentingnya menghasilkan tulisan.

Rasa stres bukanlah sesuatu yang bisa ditabung lalu diinvestasikan. Jadi, salurkan rasa stresmu itu jauh-jauh hari sebelum menumpuk jadi satu dan meledak!

Sebagai Remdi yang Cepat, Kamu Juga Bisa Menghirup Aroma Lavender

Aroma lavender bisa menenangkan kamu

Aroma lavender bisa menenangkan kamu via www.wellnesscent.com

Secara ilmiah, menghirup aroma bunga lavender ampuh membuat tubuhmu menjadi lebih rileks (mau penjelasan yang lebih detail lagi? Baca di sini). Jadi bagi kamu yang memang sudah pusing dengan skripsi coba deh pergi ke toko interior rumah dan cari aroma terapi jenis lavender. Menghirup ini akan membuatmu lebih tenang dan rileks. Keesokan harinya, kamu pun bisa memulai hari dengan lebih ceria.

Tahukah Kamu Kalau Mengunyah Permen Karet Juga Bisa Mengurangi Rasa Stres?

Meskipun simple tapi bisa mengurangi stres ternyata

Meskipun simple tapi bisa mengurangi stres ternyata via www.huffingtonpost.com

Lagi-lagi ini masih dari ranah penelitian yang menyebutkan kalau mengunyah permen karet adalah obat ampuh untuk mengurangi rasa stres. Jadi kalau kamu mulai pusing dengan segala bentuk tekanan dari skripsi, segeralah beli permen karet untuk dikunyah-kunyah. Kamu juga gak perlu menyiapkan waktu khusus, karena hal ini bisa dilakukan sambil mengetik skripsi. Mudah, ya?

Jika Cara-Cara di Atas Terbukti Kurang Ampuh, Perasaan Tertekanmu Pastilah Begitu Besar. Cari Tahu Apa Penyebabnya, dan Percayalah Bahwa Pasti Ada Solusinya.

Cari tahu masalahnya dan temukan solusinya

Cari tahu masalahnya dan temukan solusinya via agilsaputra.com

Kalau cara-cara di atas belum juga ampuh mengobati rasa stresmu, kamu perlu perlu melakukan evaluasi terhadap apa yang membuatmu merasa terus stres. Mungkinkah rasa stresmu datang dari topik skripsi yang ternyata tidak kamu suka, tekanan yang terlalu besar dari orang tua, atau justru niatmu yang kembang-kempis dalam mengerjakan skripsi?

Tenanglah. Seberapa menekan pun periode ini, skripsi pasti akan berakhir, kok. Kamu hanya perlu sedikit lebih percaya diri. Tidak hanya kamu yang mengalami tekanan besar ini. Dan kalau orang lain — yang bisa saja punya kecerdasan di bawahmu — bisa melalui ini, kenapa kamu tidak?

Mungkin skripsimu tidak selesai tepat waktu, namun pasti akan selesai di waktu yang tepat.

Kamu bisa melaluinya. Percayalah, kamu pasti bisa. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya