Selama bekerja di kantor, tidak banyak hal yang bisa membuatmu merasa betah berlama-lama. Kamu mulai merasa bahwa bekerja di kantor hanya membuat kreatifitasmu merasa terkurung, apalagi dengan tiap harinya kamu mesti berpakaian rapi yang justru membuatmu tak nyaman. Dalam dirimu mulai muncul gejolak-gejolak dan bayangan untuk resign saja. Menjadi wirausahawan pun hal pertama yang kamu pikirkan.

Nah, kalau kamu sudah mulai merasakan 7 tanda ini, mungkin memang kamu lebih pas menjadi seorang pengusaha, dan menjadi bos untuk usahamu sendiri, bukannya menjadi karyawan seumur hidup.

1. Ketika orang lain lebih senang main aman, kamu justru lebih suka terhadap tantangan sekali pun banyak resikonya

kamu menerima resiko

kamu menerima resiko via www.rachelmccordcreative.com

Advertisement

Hal yang membedakan kamu dengan orang lain adalah kamu lebih suka hidup dalam tantangan. Padahal kamu tahu kalau tantangan selalu sepaket dengan resiko yang timbul setelahnya, tapi kamu bersedia dan siap melewatinya.

Orang lain lebih senang bekerja kantoran yang hanya bekerja mengikuti atasannya, sementara kamu yang berjiwa wirausaha lebih senang memulai sendiri bisnismu dari nol. Walaupun kamu tahu kalau memulai usaha tak selalu untung dalam seketika. Tapi disitulah keistimewaanmu. Kamu tidak hanya duduk manis dan menunggu kesempatan ditawarkan untukmu. Karena kamu lebih senang membuka kesempatan itu sendiri untuk kamu jadikan peluang kesuksesan.

2. Kamu selalu punya banyak ide yang segar dan menarik. Dan kamu selalu berhasil mewujudkannya dengan baik

inovasi baru terus meluncur

inovasi baru terus meluncur via www.thepodium.ca

Wah, mie instan ini bisa diolah jadi apa saja ya?  Kue dengan bahan dasar mie instan sepertinya belum ada

Advertisement

Hal-hal baru dan unik seperti itulah yang kerap bermunculan di otakmu. Seolah ide-ide tersebut menuntutmu untuk diwujudkan dan kemudian diperkenalkan kepada orang lain sebagai mahakaryamu sendiri.

Tak jarang idemu yang sangat unik, tapi kamu selalu mampu mewujudkan keunikan tersebut jadi nyata. Otakmu dipenuhi soal bagaimana membuat sesuatu inovasi yang baru dan tentu belum banyak orang memandangnya sebagai peluang bisnis yang menggiurkan.

Karena seorang wirausahawan yang sesungguhnya bukan hanya mampu memikirkan hal-hal baru, tapi juga mampu mewujudkannya jadi nyata.

3. Buatmu, sukses bukan hanya soal nominal rupiah. Tapi juga berhasil membantu orang lain untuk mendapatkan pekerjaan

menciptakan lapangan kerja

menciptakan lapangan kerja via wlyap.tumblr.com

Jika buatmu sukses bukanlah soal seberapa keuntungan yang kamu dapatkan, tapi seberapa banyak orang yang terbantu karena kamu, maka kamu memang seorang entrepreneur sejati.

Karena sesungguhnya seorang wirausahawan bukan hanya memilikirkan seberapa banyak uang yang dia dapat dari usahanya, tapi juga memikirkan berapa banyak orang yang terbantu karena usahamu ini. Dengan menjadi pengusaha, kamu tidak hanya membantu dirimu sendiri mewujudkan apa yang selama ini kamu cita-citakan, tapi juga mampu untuk menyejahterakan orang lain dengan usahamu sendiri.

4. Cita-cita masa tuamu bukanlah hidup dengan dana pensiunan. Melainkan masih menikmati hasil bisnis yang sejak lama kamu tekuni

Banyak dari mereka di luar sana yang begitu menginginkan menjadi PNS. Selain karena gaji yang pasti didapatkan setiap bulan, seorang PNS juga kelak mendapatkan tunjangan hari tua. Tapi tentu kamu yang memiliki jiwa wirausaha tidak mudah terpengaruh dengan kenikmatan tersebut.

Uang pensiunan memang hanya sepertiga dari gaji selama bekerja, tapi yang membuatmu enggan hidup dari uang pensiunan bukanlah hal itu. Tapi lebih karena kamu menginginkan masa tua yang tetap sibuk mengurusi bisnis yang sudah kamu rintis sejak muda. Setidaknya di masa tua kelak, kamu akan punya lebih banyak pengalaman yang bisa kamu bagi.

5. Kamu tak pernah malu bekerja tanpa seragam. Bekerja di rumah pun tak masalah, asal sama-sama menghasilkan pundi-pundi uang

kerja di rumah

kerja di rumah via babyccinokids.com

Ada yang merasa malu kalau dilihat tetangga sedang tidak melakukan apa-apa, atau istilahnya menganggur. Orang Indonesia memang kebanyakan lebih memandang hebat seseorang dengan seragam dan orang-orang yang bekerja di balik meja kantor. Padahal, tidak ada salahnya tinggal di rumah tapi tetap menghasilkan sesuatu yang berkualitas, bukan?

Dan kamu, adalah orang yang tak pernah malu walau bekerja di dalam rumah tanpa seragam dinas yang mentereng. Buatmu, sekalipun bekerja di rumah kamu tetap menelurkan hal-hal kreatif yang laku di pasaran. Dengan menjadi wirausahawan, kamu adalah bos untuk dirimu sendiri beserta rintisan usaha yang kamu mulai dari dalam rumah.

Kamu tidak mempedulikan apa kata orang dan terus terfokus dengan bagaimana mewujudkan dan kemudian mengembangkan apa yang menjadi impianmu, itulah yang terpenting saat ini dan di kemudian hari.

6. Tiap orang pasti mencari keuntungan, dan keuntungan menurutmu bukan hanya uang tapi juga pengalaman beserta kawan baru yang berdatangan

keuntunganmu lebih banyak

keuntunganmu lebih banyak via www.entrepreneur.com

Setiap orang yang bekerja, baik di perusahaan atau berwirausaha pasti mencari keuntungan sebesar-besarnya. Tapi menurutmu, keuntungan bukan hanya soal materi tapi juga pengalaman dan kian luasnya jaringan yang kamu dapatkan.

Keuntungan memang penting, tapi kamu juga selalu puas tiap kamu bisa memetik ilmu baru ketika berkumpul dengan sesama pengusaha, atau kamu juga cukup bahagia dengan kian banyaknya orang yang mengenalmu sebagai seorang wirausahawan.

7. Dan yang paling penting, kamu begitu paham bahwa kegigihan adalah kunci dalam keberhasilanmu kelak

kegigihan itu kunci

kegigihan itu kunci via www.entrepreneur.com

Memulai usaha dari bawah memang tak gampang, sekalipun sudah banyak buku atau wejangan yang kamu terima, praktek untuk mewujudkannya tak pernah semudah kelihatannya. Dan buatmu bakat saja tak cukup untuk membuat keinginanmu sebagai pengusaha terbuka lebar.

Kamu pasti paham betul bahwa untuk menjadi seorang entrepreneur butuh kegigihan serta ketekunan yang lebih. Kamu juga tidak boleh merasa cepat puas, apalagi merasa gampang menyerah. Karena memang untuk bisa berhasil kamu akan melalui jalan terjal beserta tebing di kanan kirinya.

Kalau kamu merasa bahwa memiliki bakat dan kemampuan saja sudah cukup untuk bisa mewujudkan mimpimu menjadi wirausahawan, coba pikir ulang. Karena sesungguhnya, berjuang tak sekadar tentang bakat saja.

Setiap orang memang memiliki kemampuannya masing-masing, begitupun kamu. Kalau tanda-tanda di atas sudah mulai kamu rasakan di keseharianmu, tidak ada salahnya mulai ambil langkah untuk menjadi seorang pengusaha.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya