Membuat pilihan adalah hal yang pasti kita lakukan setiap hari. Baik pilihan kecil seperti sarapan roti atau nasi, sampai hari dimana kita harus membuat pilihan besar yang akan menjungkirbalikkan dunia yang selama ini kita tahu. Dari pilihan-pilihan yang kamu buat inilah, hidupmu perlahan-lahan terlihat bentuknya. Tapi tentu saja, pasti ada saat dalam hidup dimana kamu terhenti tanpa bisa mengambil keputusan. Atau bahkan kamu tidak tahu bahwa kamu punya pilihan.

Jangan terlalu lama terombang-ambing dalam kesesatan hidup tanpa tahu tujuanmu selanjutnya. Tanpa kamu sadari waktu telah menjalankan hidupmu tanpa kehadiranmu. Bergegaslah mencari tahu apa yang benar-benar kamu inginkan dalam hidup sehingga kamu bisa segera memilih jalan untuk maju ke depan. Jika kamu masih tidak tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan, terapkanlah cara-cara berikut.

1. Inilah Saat Yang Tepat Untuk Jadi Egois

wpid-Featured_Picture72-1024x683

Hilangkan orang lain dalam pencarianmu via www.imcreator.com

Advertisement

Kamu tidak akan bisa mengetahui apa yang benar-benar KAMU inginkan dalam hidup jika terus-menerus mengorbankan waktu dan perhatianmu untuk orang lain. Bercerminlah dan tanyakanlah pada dirimu pertanyaan berikut

Jika sekarang kamu tidak terikat kontrak pekerjaan, tanggungjawab keluarga, atau prioritas lain yang membatasimu, apa yang benar-benar ingin kamu lakukan?

Dengan menempatkan dirimu di atas segala-galanya, kamu justru bisa melihat secara lebih jelas semua keinginan yang selama ini terpendam atau tidak berani kamu ungkapkan. Impian tersebut kamu pendam jauh-jauh mengingat segala keterbatasanmu atau memang kamu anggap mustahil untuk dicapai. Tapi disaat kamu sedang tersesat, keegoisan jutsru akan bisa menuntunmu lebih dekat ke jawaban yang selama ini kamu cari. Jadi proses pencarian ini memang harus diawali dengan menjadi egois.

2. Cobalah Semua Hal yang Ingin Kamu Jajal, Kemudian Terima Kegagalanmu

wpid-Featured_Picture83-1024x682

Walaupun mungkin akan gagal, tetap mencoba via www.imcreator.com

Advertisement

Jika kamu tidak memiliki petunjuk apapun tentang apa yang sebenarnya kamu inginkan, maka kamu harus berani mencoba semua hal yang belum pernah kamu coba. Jangan harap semua percobaanmu akan berakhir manis,karena justru kegagalan yang akan jauh lebih sering menghampirimu. Dengan begitu kamu akan tahu secara nyata mana jalan yang sesuai atau tidak sesuai untukmu.

Jangan takut untuk gagal dalam usahamu mencoba tantangan baru, karena sejatinya segala pelajaran yang dapat kamu ambil dalam tantangan tersebut jauh lebih baik daripada berdiam diri pada tempat yang sama. Percayalah bahwa sebenarnya tiap kegagalan akan mengajarimu lebih jauh untuk menemukan hal yang benar-benar kamu ingin lakukan dalam hidup.

3. Bebaskan Dirimu Dari Penyesalan

8301387451_3a27b23f5a_b

Penyesalan hanya akan membuatmu semakin jauh dari jawaban yang kamu cari via www.imcreator.com

Jika kamu tidak egois, memberanikan diri untuk mencoba, dan berlapang dada menerima kegagalan, hidupmu pasti seringkali dihinggapi penyesalan. Penyesalan terhadap masa lalu hanya akan lebih menjauhkanmu dari jawaban yang kamu butuhkan untuk membawamu maju ke depan. Jawaban tersebut baru akan muncul jika kamu sudah bisa terlepas dari segala penyesalan yang selama ini membebani hatimu.

Lepaskan beban tersebut dan melangkahlah ke depan. Mungkin selama ini pandanganmu terhadap kenyataan, masa depan, dan apa yang kamu inginkan terkaburkan oleh beban masa lalu yang selalu kamu simpan dalam-dalam. Masa lalumu tidak seharusnya ada di belakang untuk menahan langkahmu, tapi justru jadi pijakan kuat yang menyongsong langkahmu ke depan.

4. Cari Tahu Apa Yang Wajib Kamu Miliki Dalam Hidup

question-mark-chalk-board-woman-thinking-hplead

Apa ya yang harus aku miliki dalam hidup? via ginkthink.files.wordpress.com

Cari tahu apa yang kamu inginkan dari apa yang tidak bisa kamu lepaskan atas nama apapun. Cari tahu hal yang akan membuat hidupmu sama saja dengan mati jika kamu tidak memilikinya. Apakah itu keluargamu ? Atau kekasihmu ? Atau jaminan finansial ? Bahkan untuk orang tertentu, tidak diperbolehkan memakai rok pendek ke kantor pun akan memangkas habis identitas diri yang mereka junjung tinggi.

Akan lebih mudah untuk memetakan apa yang tidak ingin kamu lepaskan dan terus ingin kamu jaga selamanya, dibandingkan mencari inspirasi dari lautan kehidupan. Jika kamu benar-benar tidak tahu apa yang kamu inginkan, rangkailah mimpimu dari apa yang tidak bisa korbankan demi apapun juga.

5. Jangan Asal Benci Saja! Ketahui Secara Persis Mengapa Kamu Merasa Terganggu Dengan Hal-Hal Yang Tidak Kamu Sukai

ohcVaqO

Pastikan kamu tahu alasanmu membenci via i.imgur.com

Jika mencari apa yang kamu sukai dan inginkan dalam hidup terlalu sulit, pelajarilah hal yang jelas-jelas membuatmu bergidik penuh rasa benci dan amarah. Tapi jangan hanya bilang kamu membenci pekerjaanmu. Cari tahu secara persis apa yang membuatmu tidak suka dengan pekerjaanmu. Apakah karena atasan yang selalu merendahkanmu? Atau beban kerja yang tidak manusiawi? Atau memang dari awal kamu menerima pekerjaan ini dengan terpaksa?

Setelah kamu tahu jawabannya, mulailah untuk segera berpikir apa yang bisa kamu perbuat untuk mengatasinya. Mungkin kamu harus berbicara dengan bosmu atau ternyata tidak ada jalan lain kecuali mengundurkan diri. Hanya dengan begitu, kamu tidak akan lagi disibukkan dengan perasaan negatif yang terus-menerus mengelilingi hidupmu. Kamu juga sudah tahu secara persis apa yang harus kamu hindari nantinya jika tidak ingin lagi terperangkap dalam ke-negatif-an.

6. Lalu, Tentukan Apa Yang Sebenarnya Membuatmu Bahagia

o-TEENAGER-HAPPY-facebook

Akhirnya juga bisa mengerti apa yang sesungguhnya bisa membuatmu bahagia via i.huffpost.com

Jika sudah menyingkirkan hal-hal negatif dalam hidupmu, kamu akan bisa melihat lebih jelas apa itu arti kebahagiaan. Kamu tidak lagi hanya berusaha keluar dari ‘penderitaan’ hidup, tapi sudah berdiri di tempat yang tepat untuk mencari kebahagiaan yang sesungguhnya. Kamu mungkin akan terkaget-kaget sendiri bagaimana pekerjaan yang jauh dari predikat mentereng justru mampu membuatmu merasa jauh lebih bahagia dibandingkan kemapanan finansial yang ditawarkan pekerjaanmu terdahulu.

Jadikanlah kebahagiaan tersebut pedoman utama untuk menentukan rencanamu ke depan. Kehidupan akan terus memberimu petunjuk, tinggal bagaimana kamu bisa dengan bijak memanfaatkan petunjuk tersebut. Maka dari itu janganlah berusaha menipu dan meyakinkan dirimu jika kamu bahagia, padahal kamu tahu itu tidak benar. Karena dengan begitu, kamu hanya akan semakin menjauhkan dirimu dari hal yang benar-benar membuatmu bahagia.

7. Pastikan Orang-Orang Terdekat Mengerti Keputusanmu Memperbaiki Haluan Hidup

0519-0908-3023-2156_president_barack_obama_whispering_into_first_lady_michelle_obamas_ear_during_the_white_house_cinco_de_mayo_celebration_o

Berbagi dengan orang terkasih akan memudahkan pencarianmu via www.acclaimimages.com

Walaupun harus bermula dari dirimu sendiri, jangan jadikan ini perjuangan solo yang sepi. Berbagilah pikiran dan perasaan dengan orang-orang terdekatmu. Mereka juga pasti ingin kamu menemukan jalanmu menuju kebahagiaan. Mereka yang paling mengerti dan menyayangimu pasti juga dapat memberikan ide-ide baru yang menginspirasimu. Walaupun keputusan akhir selalu berada di tanganmu, kehangatan dari kebersamaan yang kalian bagi pasti dapat membantumu melewati kesesatan dunia.

8. Jalani Hidup Sebaik Mungkin Hingga Kamu Menemukan Jawaban yang Dicari

image

Tetap yakin akan menemukan jalanmu via seemashenoy.files.wordpress.com

Kehidupanmu memang tidak akan selalu mengalir sesuai keinginanmu. Kamu bisa saja terbawa arus yang terlalu deras hingga kamu hampir tenggelam. Atau bahkan macet karena tertahan bebatuan. Mulai sekarang jangan mau terombang-ambing dalam ketidakpastian, segeralah ambil alih kemudimu hidupmu.

Kamu memiliki kendali untuk memilih jalan hidupmu sendiri. Jadi jangan lagi kamu tersesat dari keributan jalan yang dipilihkan untukmu. Walaupun mungkin akan salah berbelok satu dua kali, yakinlah kamu pasti akan menemukan jalanmu yang benar.

Bingung dan tersesat itu adalah hal yang pasti dialami manusia yang penuh ketidaktahuan. Tapi apa yang kamu lakukan selanjutnya-lah yang akan membedakan mereka yang akhirnya menemukan kebahagiaan dari meraih apa yang benar-benar mereka inginkan dalam hidup. Namun jika kamu malu mengakui bahwa kamu sedang tersesat dan terus menjalani hidup yang tidak akan memenuhimu, maka sesungguhnya kamu adalah golongan yang merugi. Pastikan kamu tidak termasuk golong itu dan mulailah benar-benar memikirkan apa yang sebenarnya ingin kamu raih dalam hidupmu

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya