Sama seperti meminta maaf, ngucapin terima kasih itu gratis. Gak perlu bayar. Tapi masih aja kita kadang malas berterima kasih. Kita kayaknya belum paham makna berterima kasih. Dan kita pastinya gak menyadari bahwa berterima kasih secara rutin bisa meningkatkan kesehatan kita.

Di bawah ini ada 10 makna dan manfaat berterima kasih secara rutin tiap hari:

1. Kamu Akan Lebih Positif

Positif dalam melihat kehidupan via 3.bp.blogspot.com

Sering-sering berterima kasih akan menciptakan jalur syaraf baru di otak kamu. Saraf-saraf baru ini akan membuka pikiranmu tentang apresiasi sehingga kamu akan menjadi lebih positif dalam menjalani hidup. Jangan gunakan saraf-saraf baru ini untuk melihat hal dengan negatif dan penuh kesinisan.

2. Hidupmu Akan Lebih Bahagia

Sehat secara emosional via scottsdalehealingspa.com

Advertisement

Sebuah riset psikologi menemukan bahwa berterima kasih mengurangi gejala depresi, bikin kamu lebih bahagia dan sehat secara emosional. Mengucapkan makasih dan mengapresiasi melepaskan hormon bahgia di dalam otak bernama, dopamine.

3. Cermat Mengambil Keputusan

Gak Lagi Bimbang via ronkarr.com

Setelah terbiasa berterima kasih, pikiran kamu bakal lebih kritis dalam mengambil keputusan. Kamu jadi berani ngambil resiko karena kamu udah tahu itu merupakan pilihan yang tepat.

4. Tubuhmu Akan Jauh Lebih Sehat

Pikiran Sehat, Tubuh Bugar via drkellys.co.uk

Riset menemukan bahwa berterima kasih meningkatkan kinerja otak khususnya di bagian hypothamalus. Bagian otak ini bekerja sebagai pengatur fungsi tubuh seperti, metabolisme, rasa haus dan lapar, suhu badan, kebugaran, dan level stress.

5. Tidurmu Lebih Nyenyak

Tidur kayak bayi via 3.bp.blogspot.com

Studi juga mengungkapkan bahwa rajin bersyukur dan berterima kasih tiap hari bisa membantu kamu dapetin tidur yang nyenyak dan berkualitas. Kalau udah begitu, stress akibat insomnia bisa hilang.

6. Hidupmu Jadi Penuh Berkah

Siap-Siap menerima berkah via khum.com

Entah itu efek dari ‘Hukum Ketertarikan‘ atau simply, datang dari Yang Maha Kuasa, kamu bakal merasakan hidupmu penuh dengan berkah setalah rutin berterima kasih. Semakin giat kamu bersyukur makin banyak berkah yang kamu rasakan, percaya deh!

7. Hubungan Asmaramu Makin Mesra

Jauh Lebih Mesra via bunadimineata.ro

Setelah menyadari bahwa gak ada hubungan yang sempurna, kamu gak akan lagi muluk-muluk dan serba menuntut pasanganmu. Kamu akan puas dan bangga dengan hubungan yang kalian miliki. Dan akhirnya, hubungan kalian gak pernah semesra ini sebelumnya.

8. Membuat Orang Merasa Dihargai

Apresiasi usaha dengan berterima kasih via img0.etsystatic.com

Ucapan terima kasih akan membuat orang merasa dihargai atas kerja keras dan jasanya. Dengan begitu mereka lebih giat lagi dalam berusaha.

9. Memotivasi Orang Disekitarmu

Memacu Untuk Kerja Lebih Keras Lagi via 4.bp.blogspot.com

Karena mereka merasa udah dihargai, ada semangat baru di hati mereka. Ada rasa puas dan bahagia dalam perasaan mereka. Dan mereka akan termotivasi untuk merasakannya lagi.

10. Menghindarkan Kamu Dari Masalah

Hindari Masalah Gara-gara Lupa Berterima kasih via www.deafeyeseeit.com

Walaupun ngucapin makasih itu gratis, tapi beberapa orang bisa sangat sensitif jika gak dihargai usahanya. Daripada kamu terjebak masalah dengan orang seperti ini, mending kamu mulai rajin mengucapkan ‘Makasih’ dari sekarang.

Makasih…