Disadari atau nggak, kita sering mengeluh terhadap apa yang terjadi di sekitar kita. Kenapa sih kok banjir terus? Kenapa sih anak kecil itu ditelantarkan? Kenapa sih kok Instagram isinya orang marah-marah? Kenapa seperti ini? Kenapa seperti itu? Sampai pada akhirnya kita sadar bahwa mengeluh nggak menghasilkan apa-apa selain rasa kecewa.

Setelah kita sadar, kemudian kita memutuskan untuk turut menciptakan perubahan itu sendiri pada dunia. Namun kita bingung bagaimana cara melakukannya karena kita sadar kita bukan siapa-siapa. Berikut adalah 6 cara kecil atau sederhana yang mampu mengubah dunia.

1. Tahan emosi, sedikit bersabar dan tebarkan senyum, biar aura positifmu sampai ke semua orang

Asal jangan senyum-senyum sendiri via unsplash.com

Di jalan, perkotaan, perkantoran, di rumah makan, restoran, sekolah dan lain sebagainya seringkali kita menemui orang marah-marah. Tuntutan dan tekanan hidup yang berat boleh jadi adalah penyebab tensi mereka naik. Nggak bisa dipungkiri, bahwa terkadang kita kerap terpancing emosi ketika bersinggunggan dengan mereka.

Nah, saat itu kita nggak boleh terpancing, karena apabila kita ikutan emosi, apa bedanya dengan mereka? Ikutan marah-marah justru memperparah keadaan. Tahan emosi, sedikit bersabar dan tebarkan senyum. Meskipun sepele, tapi sebuah senyuman bisa menghantarkan aura positifmu kepada mereka yang sedang dinaungi aura-aura negatif (red: marah). Dan semoga aura positifmu menular ke mereka.

2. Memandang sesuatu dari berbagai sudut pandang biar kamu dapat memahami dan menghargai pendapat orang

Advertisement

Menghargai pendapat orang via unsplash.com

Perseteruan antar manusia kerap terjadi hanya karena masalah sepele yaitu salah paham. Hal ini tentu kita rasakan belakangan ini di Indonesia. Beda pendapat sedikit tersinggung, beda pemikiran sedikit musuhan, singkatnya semua merasa paling benar. Padahal, bukankah kebenaran itu sifatnya multi-interpretatif? Kita nggak bisa memaksakan pendapat kita yang paling benar sebelum melihat lebih jauh pendapat orang lain. Intinya, kita harus melihat segala sesuatunya dari berbagai sudut pandang agar kita dapat memahami pilihan atau pendapat orang lain mengenai suatu hal. Toleransi!

3. Menolong siapapun yang membutuhkan semampumu. Nggak melulu soal materi, tapi yang penting niat tulus dan ikhlas dirimu

Menolong sesama via unsplash.com

Kita sering merasa kasihan dengan orang-orang yang nggak beruntung. Entah itu saat kita temui di jalanan atau hanya kita tonton dari televisi. Dari situ kita menjadi iba dan timbul keinginan untuk menolong. Namun, kita bingung karena nggak punya-apa (materi) untuk membantu mereka. Terlebih, kita sadar bahwa kita apa-apa di masyarakat.

Nah, saat itu juga kamu harus menghilangkan pikiran-pikiran semacam itu. Karena bagaimana pun juga menolong orang yang melulu soal harta, bantulah sebisa kita–apapun bentuknya. Dan nggak perlu milih-milih. Bantulah siapa saja yang membutuhkan. Secara nggak langsung tindakan kecil ini sedikit bisa mengubah dunia. Bayangkan saja jika setiap orang punya pikiran sama, sudah beerapa banyak orang tertolong?

4. Jangan menunda sesuatu, karena kalau sering menunda-nunda kamu justru membebani orang lain

Jangan menunda-nunda via unsplash.com

Menolong orang lain adalah pengorbanan atas kepentingan sendiri demi kepentingan orang lain. Saat hendak menolong seseorang biasanya orang akan memiliki pikiran seperti “Kenapa mengurusi masalah orang lain sedang masalah sendiri belum beres?”

Benar nggak? Pikiran seperti itu kerap membatasi kita untuk berbuat baik. Jadi kalau ingin mengubah dunia dengan menolong sesama pastikan terlebih dahulu urusan kita pribadi sudah selesai. Nah, untuk itu kita perlu menghilangkan kebiasaan kita menunda pekerjaan, agar kita bisa menolong orang lain tanpa berpikir urusan kita sendiri.

5. Jangan buang sampah sembarangan, setidaknya itu bukti kamu peduli lingkungan

Jangan buang sampah sembarangan via unsplash.com

Kalau sedari tadi berisi tentang cara mengubah dunia lewat apa yang bisa lakukan pada ranah sosial. Kali ini salah satu cara kecil untuk mengubah dunia lewat apa yang bisa kita lakukan pada bumi atau alam. Sampah dunia semakin lama yang semakin menumpuk seiring dengan peningkatan jumlah penduduk di dunia semakin meresahkan. Banjir, wabah penyakit, keseimbangan alam yang terganggu dan lain sebagainya adalah sedikit dampak dari masalah sampah yang belum selesai pada dunia.

Nah, untuk membantu menyelesaikan masalah ini sebaiknya kita mengubah kebiasaan buang sampah sembarangan. Selain itu hal-hal kecil seperti mengurangi penggunaan plastik, karena seperti yang kita tahu, butuh waktu sampai 100 tahun bagi tanah untuk menguraikan plastik.

6. Berkarya, tularkan gagasanmu pada dunia. Lewat karya, gagasan kita menjadi lebih mudah diterima oleh orang lain

Berkarya, tularkan gagasan baik via unsplash.com

Nah, cara yang–mungkin–paling keren untuk mengubah dunia adalah dengan berkarya. Kenapa? Karena dengan berkarya kita bisa membagi gagasan-gagasan baik kita. Kalau hobi menulis, kita bisa menyelipkan pesan lewat buku, pemusik lewat lagu yang diciptakannya, sutradara lewat film yang dibuatnya dan lain sebagainnya. Selain itu, karena disampaikan dengan menarik, gagasan baik yang kita sampaikan menjadi lebih mudah diterima oleh siapa saja yang menikmati karya kita.

Itulah tadi sedikit cara sederhana untuk mengubah dunia versi Hipwee. Memang nggak bisa langsung mengubah dunia seketika, namun sedikit demi sedikit hal-hal diatas bisa membuat kondisi dunia lebih baik dibandingkan hanya mengeluh saja. Kalau menurut kamu, cara sederhana apa yang bisa mengubah dunia? Tulis di kolom komentar, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya