“Angkatanmu aja udah lulus semua. Kamu kapan nih? Nggak bosan apa bolak-balik ke kampus nggak wisuda-wisuda??”

Idealnya mahasiswa S1 lulus kuliah dalam waktu 4 tahun, sementara D3 atau vokasi lulus kuliah setelah 3 tahun. Namun, kamu cukup berbeda. Kuliah teorimu sudah selesai sejak lama. Tapi kamu tak kunjung mendapat gelar sarjana. Orang-orang pun menganggapmu mahasiswa abadi, dan masa depanmu diprediksi bakalan suram atau malah di-DO sekalian.

Advertisement

Tapi lulus telat nggak selamanya jelek kok. Apalagi kalau alasan telat lulusmu bukan karena kamu bermalas-malasan. Kamu yang lulusnya tidak tepat 4 tahun seperti teman-teman lainnya, tetap bakal punya masa depan.

1. Lulusmu ketunda karena kerja sana-sini untuk mencari sesuap nasi

kamu molor karena nyambi kerja via www.istockphoto.com

Kamu kuliah sambil kerja? Kalau iya berarti kamu termasuk mahasiswa yang rajin dan bukan hanya leha-leha. Udah pasti kamu bakal bertahan dengan situasi apa pun nantinya ketika bekerja. Kelulusanmu memang tidak didapat dengan segera, tetapi paling tidak kamu sudah menyiapkan mental untuk bisa bekerja kelak. Pun, kamu sudah punya satu modal yang bisa kamu tulis di CV-mu, sehingga saat melamar kerja pengalamanmu sudah terisi.

2. Lama belum lulus karena kamu mendalami salah satu hobimu. Lumayan kan bisa mengejar passion-mu

passionmu bikin game via www.pexels.com

Bagi sebagian mahasiswa tingkat akhir, sudah selayaknya dirimu memikirkan akan seperti apa kamu di masa depan. Apakah akan bekerja ikut orang lain, atau menjadi enterpreneur dari hobi yang kamu geluti? Jawabannya tentu kamu yang tahu. Jika karena mendalami hobi atau passion-mu kelulusanmu yang tertunda pun bukan sesuatu yang buruk, karena terbukti kamu tetap berkembang.

3. Kamu lama lulus karena terlalu berkutat dengan teori yang diajarkan dosenmu

terlalu senang mengulik teori via www.pexels.com

Advertisement

Ada tipe mahasiswa yang lulus lama karena mendalami teori selama duduk di bangku kuliah. Mungkin kamu adalah tipe asisten dosen yang sering diajak ikut berbagai penelitian. Mungkin juga, passionmu yang sebenarnya memang belajar dan cita-citamu adalah menjadi dosen. Lulus lama pun bukan tanpa faedah. Kalau kamu bisa mencari link dari dosen-dosenmu, mudah untuk dapat rekomendasi untuk melanjutkan S2. Ya ‘kan?

4. Banyak bersosialisasi membuatmu dekat dengan lapangan kerjamu

Cari teman sebanyak-banyaknya via www.pexels.com

Kamu terlalu banyak bersosialisasi dengan lingkungan. Tak jarang juga kamu mengikuti komunitas-komunitas yang ada. Nah meskipun belum lulus, tapi jejaring pertemananmu bisa kamu manfaatkan kelak ke depannya. Hal ini menyangkut tentang pekerjaan apa yang akan kamu geluti nantinya. Jaringan pertemananmu bisa menjadi penyelamatmu!

5. Kamu lulus lama karena kamu banyak menjadi relawan dari berbagai kegiatan baik sosial

Image result for volunteer

ikut aksi relawan

Nah, kalo yang satu ini adalah alasan paling berharga yang kamu punya hingga belum terwujudnya kelulusanmu. Kamu sering mengikuti aksi relawan untuk sesama. Hal ini membuatmu menjadi mahasiswa tingkat akhir yang berkualitas.

6. Kamu sudah magang duluan di sebuah kantor. Buat dirimu bisa mengaplikasikan pelajaran selama di bangku kuliah

sering magang via www.pexels.com

Alasan terakhir ini merupakan alasan yang sama bermanfaatnya ketika kamu lulus lama. Kamu sudah magang terlebih dahulu untuk sebuah kantor yang bisa jadi di situlah pekerjaanmu nanti. Buat kamu yang belum memiliki ijazah, magang adalah salah satu celah kamu untuk memasuki dunia kerja.

Menjadi mahasiswa abadi yang lama lulusnya nggak selalu buruk ataupun karena kamu kurang pintar kok. Yah, semuanya tergantung dari alasan kenapa kamu tak kunjung lulus. Karena di luar ruang kelas, ada banyak hal menarik nan bermanfaat yang bisa kamu tekuni selama kuliah. Tapi tetap saja, seasyik apa pun kegiatan bermanfaatmu itu, jangan sampai melupakan tugas akhirmu ya.

Nah, dari keenam hal di atas, kamu yang mana nih? Atau kamu tidak melakukan apa-apa? Ayo guys jangan membuang-buang waktu untuk masa depan. Segera lanjutkan tugas akhirmu dan cepat lulus ya 🙂

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya