Sederet Manfaat Penting Memasak Bagi Kesehatan Jiwa. Bisa Bikin Tenang, Kreativitas juga Jalan

Manfaat psikologis memasak

Mewabahnya pandemi Covid-19 membuat orang khawatir berlebihan. Orang-orang yang khawatir ini kemudian terserang secara psikis sehingga nggak produktif dan merasa bosan diam di rumah. Untuk mengusir kebosanan saat #JagaJarakSejenak biasanya orang-orang ini mencari hiburan. Dari mulai nonton film, main game online sampai baca novel. Nah gimana kalau coba lebih sering masak aja Guys?

Advertisement

Selain faktor keterpaksaan, gara-gara harus #dirumahaja dan sulit juga delivery saking banyaknya wilayah lokal yang lockdown sendiri-sendiri, memasak ternyata punya healing power lo. Dilansir dari Huffington Post, memasak bisa jadi semacam terarpi menenangkan yang baik untuk kondisi kejiwaan kita, terumata di masa-masa sulit seperti ini. Penasaran? Langsung simak aja manfaat kegiatan memasak di bawah ini!

Berdiam diri di rumah dan nggak berkegiatan dalam waktu lama bisa membuat kreativitasmu tumpul. Dengan mengolah berbagai bahan makanan, kamu bisa mengasah kreativitasmu sekaligus menjaga otakmu tetap sehat

Mengolah bahan makanan via unsplash.com

Berdiam diri sepanjang waktu tanpa berkegiatan bisa memicu kreativitasmu tumpul. Nah dengan memasak kamu bisa tetap mengasah fokus dan kreativitas sekaligus. Seperti yang kita tahu, memasak adalah aktifitas yang punya kesulitan tersendiri. Memasak ibarat kegiatan seni yang membutuhkan skill dan kreativitas untuk menghasilkan masakan yang lezat. Tapi ingat, jangan terlalu serius juga ya, keseriusan dan kegembiraan harus tetap seimbang. Kalau kamu bisa, memasak akan mengusir rasa khawatirmu dari virus yang merebak di luar sana.

Lakukan aktivitas memasak bersama keluarga. Kegiatan memasak ini akan memperkuat hubunganmu dengan orang-orang yang kamu sayangi, asal tetap ingat harus #JagaJarak ya~

Asal tetap jaga jarak aman ya, masak jauh-jauhan dulu via unsplash.com

Kalau biasanya kamu sibuk bekerja atau berkegiatan di luar rumah, otomatis intensitas interaksi dengan keluarga berkurang. Selain membantu mengasah kreativitas, kegiatan memasak bisa kamu lakukan dengan keluarga. Memasak jadi memperkuat hubunganmu dengan keluarga. Kamu akan tahu masakan favorit dan masakan yang nggak mereka sukai. Kegiatan memasak yang dilakukan bersama-sama akan menyadarkanmu bahwa kondisi wabah nggak perlu dikhawatirkan secara berlebihan.

Advertisement

Memasak bisa membuatmu lebih menghargai makanan, karena paham prosesnya yang ternyata tidak mudah.  Di zaman ‘pesan-antar’ dan serba instan, kita sering terlena

Memasak itu menghargai proses via www.bustle.com

Dengan kemajuan teknologi, kini kita bisa menikmati makanan dengan instan. Apalagi dengan hadirnya aplikasi ojek online, kamu nggak perlu susah-susah untuk masak atau beranjak keluar. Nggak jarang kita menghamburkan makanan yang sudah kita beli. Sederhananya, makanan instan perlahan-lahan membuat kita meremehkan sebuah proses.

Momen memasak saat #JagaJarakSejenak akan membuat kamu lebih menghargai makanan. Kamu akan tahu sulitnya proses mengolah bahan-bahan makanan tersebut. Kamu juga bakal tahu bahwa masak bukan kegiatan yang mudah, semudah kita menghamburkan makanan. Pada titik ini timbul kesadaran bahwa menghargai proses adalah hal yang penting. Pengalaman memasak akan membuat kamu dewasa.

Setelah proses memasak selesai, kamu akan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang kamu kerjakan

Advertisement

Proses tidak akan mengkhiatanati hasil via unsplash.com

Kamu mungkin sering mendengar kata-kata “proses tidak akan mengkhianati hasil”. Saat kamu memasak, kata tersebut bukan isapan jempol belaka. Hal yang paling membanggakan pada aktivitas memasak adalah kala masakan yang kamu buat selesai. Proses sulit yang kamu lewati rasanya terbayar dengan hasil yang bisa kamu nikmati saat itu juga. Memasak merupakan aktivitas yang adil. Rasa dari masakanmu tergantung dengan proses yang kamu lewati. Semakin usahamu maksimal, maka hasil yang kamu dapat akan mengikuti.

Nah itu dia manfaat-manfaat yang kamu dapatkan dari kegiatan memasak. Daripada khawatir berlebihan dengan penyebaran virus yang berakhir nggak produktif, lebih baik isi waktu dengan memasak

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE