Dulu anak-anak ketika ditanya cita-citanya jadi apa, akan menjawab dokter, guru, ataupun polisi. Tapi sekarang, bila anak-anak ditanya, mungkin jawabannya akan berubah jadi YouTuber atau selebgram. Pergeserean dunai digital, membuat media sosial bisa menjadi dunia karier yang cukup menghasilkan. Selebgram menjadi salah satu referensi tren yang banyak diikuti oleh warganet. Tujuannya ya sudah jelas, supaya bisa keren dan hits seperti mereka.

Tapi perlu nggak sih kita mengikuti gaya-gaya selebgram yang keren dan hits? Apakah untuk jadi keren harus mengikuti apa yang lagi tren? Nggak juga kok. Kamu cukup menjadi diri sendiri dan menciptakan gayamu sendiri karena itu akan lebih nyaman. Ini dia alasannya kenapa kamu nggak perlu repot ikutin gaya orang di Instagram.

1. Kamu bisa stres sendiri karena berusaha menjadi pribadi yang nggak kamu banget

bikin stres via unsplash.com

Setiap orang punya gaya sendiri-sendiri yang bikin dia nyaman. Ada yang lebih suka pakai style kasual dengan celana jeans dan kaus oblong, ada yang senang memakai dress cantik motif bunga-bunga. Ada yang suka warna hitam karena merasa lebih sesuai kepribadian, dan ada yang suka warna-warni. Ada yang suka nongkrong di kafe dengan view artsy, dan ada juga yang lebih senang nongkrong di perpustakaan. Kalau memaksa mengikuti gaya orang demi dibilang hits, yang ada kamu malah nggak nyaman. Ya ‘kan?”

2. Tabungan bisa terkuras habis, alhasil kamu nggak punya tabungan untuk masa depan

bikin bocor di bujet via www.pexels.com

Gaya macam selebgram itu kadang butuh dana yang nggak kecil, setuju? Demi bisa tampil hits kekinian khas anak muda kamu harus rela merogoh kocek dalam-dalam. Mulai dari beli-beli baju, aksesori, hingga dana untuk ngopi-ngopi cantik di kafe. Kalau kamu nyaman dan danamu memang ada ya tidak masalah. Tapi kalau kamu memaksakan diri, dan bahkan itu bikin kamu nggak nyaman, kan sayang sekali? Mending kamu pakai gaya sendiri yang disesuaikan dengan bujet sendiri. Sehingga masih bisa menabung untuk masa depan.

3. Nyatanya banyak orang yang nggak memperhatikan penampilan, tapi attitude kamu

attitude juga penting via pixabay.com

Harus diakui bahwa kesan orang itu datang dari mata lalu turun ke hati. Penampilan menjadi media utama untuk menampilkan citra. Namun, untuk selanjutnya, penampilan bukanlah satu-satunya hal yang akan dipakai orang untuk mendifinisikanmu. Mereka juga akan melihat attitude-mu dalam keseharian. Bagaimana kamu berkomunikasi, bagaimana kamu bersikap kepada orang lain, dan lain sebagainya. Percuma kamu ngoyo mengikuti gaya di instagram, kalau attitude-mu malah nggak dibenahi.

4. Tampil stylish itu bukan pencapaian, kamu bakal dikenal orang karena karyamu atau kontribusimu

kontribusi nyata via www.pexels.com

Dikenal stylish dan punya penampilan yang trendi memang membanggakan. Apalagi kalau kemudian kamu berhasil menjadi trendsetter yang diikuti oleh banyak orang. Namun, dibanding tampilan yang stylish, apa kamu nggak ingin dikenal karena hal lain yang lebih berbobot? Lewat prestasi dan kontribusi nyata pada masyarakat misalnya.

Jadi, selain memikirkan gaya yang kece badai, coba deh pikirkan juga hal positif apa sih yang bisa kamu berikan untuk orang lain? Kan keren kalau kamu punya penampilan yang stylish serta kontribusi yang nyata juga untuk masyarakat.

5. Meski nggak cetar kayak selebgram, gaya yang membuatmu nyaman bisa membuat aura dan karaktermu lebih keluar lo

gaya sendiri justru bikin aura lebih keluar via www.pexels.com

Mungkin kamu berpikir bahwa mengikuti gaya orang keren akan membuatmu otomatis keren juga. Padahal gestur tubuh itu nggak bisa menipu lho. Stylish tidaknya kamu juga ditentukan oleh kenyamananmu. Meski gayamu trendi, kalau kamu sendiri nggak nyaman, pasti gesturmu akan kagok, kaku, dan mungkin gelisah. Sebaliknya, memilih gaya yang nyaman untukmu, meski nggak sama seperti orang-orang lain, akan membuatmu lebih rileks dan percaya diri. Auramu lebih keluar, dan karismamu berkobar. Gaya doang kalau nggak nyaman, percuma juga kan?

Honda Genio (dok. AHM Honda)

Ibaratnya motor, kamu harus seperti Honda Genio yang nggak hanya menawarkan desain yang stylish dan fashionable, tapi juga performa yang optimal dan body yang compact. Dilengkapi dengan mesin eSP generasi terbaru, Honda Genio cocok banget buat kamu generasi muda yang enerjik karena mengutamakan kenyamanan dan kelincahan dalam berkendara. Apalagi hemat bahan bakar sudah pasti hemat di kantong lho~

Pada akhirnya, stylish itu bukan sekadar gaya keren hasil ngikutin orang. Menemukan gaya sendiri yang “kamu banget” justru lebih baik karena stylish juga soal kenyamanan. Sebab itulah yang akan bikin aura kecemu lebih keluar. Toh kalau kamunya nyaman, orang-orang juga pasti akan seneng ngelihat kamu kan~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya