Kali ini akan di tulis artikel yang berangkat dari keresahan penulis. Keresahan yang selalu muncul ketika hendak melakukan perjalanan.

Ok kali ini akan ditulis artikel yang berangkat dari keresahan penulis. Jadi gini, Setiap hendak bepergian atau travelling ke suatu destinasi di luar kota misalnya, sebentar di sana titk titik titik ya…. #ehh apa siy

Advertisement

Lebih – lebih saat travelling atau backpacker-an ke luar negeri abroad. Ada Masjid nggak ya di sana? Seperti yang pernah penulis alami ketika mau jalan jalan ke negeri singa beberapa waktu yang lalu. Keresahan ini bukan hanya menghinggapi penulis saja. Penulis yakin banyak pembaca setia blog dan tentunya banyak juga traveller dan backpacker jago di luar sana yang punya keresahan yang kurang lebih sama.

Bahkan ada beberapa traveller dan backpacker yang lebih gawat lagi, bisa ‘sakaw’ kalo sehari aja nggak denger suara Adzan. Ini serius. Penulis belum sampai ke level sana, tapi melihat hal yang seperti itu terasa indah banget gitu ya…. But Anyway

Bagi penulis, bisa bepergian sampai ke luar negeri itu adalah sebuah anugerah. Dan bagi penulis salah satu wujud rasa syukur berterima kasih bisa travelling abroad adalah dengan mengunjungi atau mendatangi Masjid di kota atau negara yang menjadi tujuan travelling atau backpacker. Nah berbicara UK tentu menjadi suatu keresahan tersendiri bagi penulis dan kita semua pada umumnya serta bagi anda sekalian, khususnya muslim yang hendak bepergian ke sana. Asli kuepo banget, ada Masjid nggak ya di UK? Kalau ada seberapa besar, mudah diakses nggak, dan seterusnya dan selanjutnya.

Advertisement

Maka, untuk menghapus keresahan dan mengikis ke-kepoan kalian di tulis lah artikel ini.

1. East London Mosque

Berlokasi di 82-92 Whitechapel Rd, London E1 1JQ, Inggris. Dari namanya kelihatan bahwa Masjid ini berlokasi di *del -Meduro- 🙂 Inggris Timur. Dibuka pada tahun 1985. Masjid berasitektur moderen ini adalah Masjid terbesar di UK di mana ELM mampu menampung hingga 7.000 jamaah.

ELM adalah salah satu Masjid pertama di London yang dibolehkan menyuarakan Adzan menggunakan pengeras suara atau LoudSpeaker. Suatu hal yang luar biasa di mana, seperti kita ketahui bersama bahwa pemerintah Inggris menerapkan aturan yang sangat ketat mengenai kumandang Adzan yang menggunakan pengeras suara.

ELM didampingi 2 bangunan besar yaitu London Muslims Center, dan Maryam Center. Pembangunan London Muslims Center diprakarsai langung oleh Pangeran Charles waktu itu di sekitar tahun 2001. LMC kini menjadi pusat kegiatan komunitas muslim di London, begitu juga dengan Maryam Center yang menjadi pusat muslimah di London yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Masjid terbesar di UK ini sangat berdekatan dengan Altab Ali Park, 30 St Mary Axe, London Wall, Tower of London dan tentu saja Tower Bridge yang terkenal itu yang sudah pernah di ulas di sini sebelumnya.

2. London Central Mosque

Berlokasi di 146 Park Rd, Marylebone, London NW8 7RG, Inggris. Masjid yang mulai beroperasi pada tahun 1977 ini kini mampu menampung hingga 5.400 jamaah.

Sedikit mengenai latar belakang Masjid ini. LCM didirikan di atas tanah yang merupakan tanah hibah dari Raja George ke 6 kepada komunitas muslim Britania Raya waktu itu. Jadi sebenarnya indah sekali ya kebersamaan di UK sana.

Masjid ini dilengkapi dengan bookshop dan cafe yang tentu saja menyediakan makanan dan minuman halal.

London Central Mosque dekat dengan taman Regent atau yang lebih di kenal dengan Regent’s Park, yang juga merupakan destinasi wisata favorit di London. Selain itu LCM juga dekat dengan The Sherlock Holmes Museum, Madam Tussauds London, ZSL London Zoo, Hyde Park dan Kensington Palace yang kesemuanya itu bisa dijangkau dengan hanya berjalan kaki dari LCM. Waow asyik nggak tuh….

3. Finsbury Park Mosque

Berlokasi di 7-11 St Thomas’s Rd, London N4 2QH, Inggris. Didirikan sejak 1988 yang kemudian mengalami renovasi besar di tahun 1994, FPM kini mampu menampung sekitar 2.000 jamaah.

Finsbury Park Mosque pernah di tutup di tahun 2003 oleh otoritas setempat, namun kemudian di buka kembali di tahun 2005. Masjid ini sering menerima serangkaian terror, di mana terror terakhir terjadi di sekitar Juni 2017 yang menyebabkan 1 orang tewas dan belasan lainnya luka – luka. Yuk kita doakan semoga Finsbury Park Mosque semakin aman, tentram dan makmur. Aamiin YRA.

Muslim yg penggemar bola jangan sampai melewatkan Masjid ini jika bisa berkunjung ke London karena FPM sangat dekat dengan Emirates Stadium yang tak lain adalah kandang club bola terkenal Arsenal. Seperti namanya, FPM terletak di salah satu sisi Finsbury Park yang merupakan salah satu taman kota terbesar di London. Selain Finbury Park, FPM juga dekat dengan taman kota lainnya seperti Gillespie Park, Clissold Park, Abney Park, dan Parkland Walk. Surganya penggemar taman kota.

Demikian. Semoga kita selalu diberi kekuatan lahir, bathin, dan kekuatan finansial oleh-Nya untuk bisa dan kembali (bagi yang sudah pernah ke sana) mengunjungi destinasi – destinasi luar biasa yang baru saja kita bahas di atas.

Happy travelling….

#AyokeUK

#WTGB

#OMGB

ahstravelling.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya