Kista adalah salah satu jenis penyakit tumor jinak yang dapat menyerang siapa saja dan memiliki banyak jenis tergantung pada lokasi tumbuhnya kista. Salah satu faktor penyebab penyakit kista adalah dari faktor gaya hidup yang tidak sehat. Sehingga karena itu, tidak hanya pengobatan yang harus dilakukan untuk menyembuhkan penyakit kista. Namun gaya hidup pun harus di perbaiki, salah satunya seperti memperhatikan asupan makanan yang akan di konsmsi untuk penderita penyakit kista.

Oleh karena itu, sangat penting mengetahui makanan sehat untuk penderita kista, berikut di antaranya :

Advertisement
  • Telor

Cara mengkonsumsi telur ini adalah dengan cara merebusnya, lalu makanlah putih telurnya saja. Jangan sampai mengkonsumsi dengan kuning telornya, karena di dalam kuning telur mengandung kolesterol tinggi yang beresiko menyebabkan penyakit jantung.

  • Ikan
Advertisement

Ikan seperti salmon, sarden, mackerel dan herring mengandung asam lemak omega -3 yang dapat membatu mengendalikan gangguan hormon dan mengatasi resistensi insulin, yang sering dikaitkan dengan penyakit kista. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan-ikan ini.

  • Sayuran

Mengkonsumsi sayuran sangat di ajurkan untuk penderita kista agar dapat memenuhi nutrisi yang di perlukan tubuh dan ada bebrapa sayuran yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita kista agar dapat membantu menyembuhkan penyakit kista seperti brokoli hijau, bayam, wortel, leunca, pare dan selada.

  • Kacang–Kacangan

Kandungan yang terdapat dalam kacang–kacangan dapat membantu menyembuhkan penyakit kista, karena dapat dapat membantu mengatasi resistensi insulin di dalam tubuh sehingga penyakit kista yang ada di dalam tubuh tidak semakin parah malah dapat membantu menyembuhkannya.

  • Buah–Buahan

Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah dapat membantu proses penyembuhan penyakit kista, namun tidak semua buah baik di konsumsi oleh penderita kista. Buah yang baik untuk penderita kista adalah pepaya, tomat, belimbing, buah bit, jeruk dan apel (khususnya apel Malang).

Cara mengkonsumsi buah–buahan tersebut adalah dengan cara di buat jus, karena kandungan vitamin di dalam buah tersebut akan lebih cepat terserap (hindari penggunaan gula).

  • Susu

Susu merupakan minuman sehat yang kaya akan kalsium, selain itu sangat baik di konsumsi oleh penderita kista. Sehingga, rutinlah mengkonsumsi susu minimal 2 x dalam sehari agar penyakit kista dapat segera sembuh. Selain susu, produk olahan dari susu seperti yougurt juga sangat di anjurkan untuk penderita kista.

Di atas merupakan bebrapa makanan sehat untuk penderita kista yang dapat saya sampaikan, semoga informasi dapat bermanfaatnya khususnya bagi anda yang memiliki riwayat penyakit kista. Jangan lupa olahraga juga minimal 2 x dalam seminggu ya, agar tubuh tetap vit dan sehat 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya