Aku, yang pernah gagal berjuang. Saat itu, terpuruk dan kecewa yang ku rasakan. Pedih hati menerima semua kenyataan. Anganku yang dulu berkobar, kini telah padam. Sebuah perjuangan yang ingin aku akhiri waktu itu. Kesal rasanya jika harus ku ingat-ingat lagi. Walau aku sadar, tak hanya aku yang merasakan ini. Memang butuh waktu untuk bisa mengikhlaskan. Tak semudah dan tak secepat yang kau mau. Hingga akhirnya kini aku bangkit dari keterpurukan itu.

Kata itu yang telah menyadarkanku, bahwa kekecewaan datang karena kita terlalu berharap. Perjuangan memang harus kita lakukan agar apa yang kita inginkan bisa tercapai. Jangan pernah menyerah, jika apa yang kamu perjuangkan belum membuahkan hasil. Jangan pernah melewatkan kesempatan yang telah Tuhan berikan kepadamu. Ingat! Penyesalan pasti datangnya belakangan. Belajar dari pengalaman itu juga penting karena kesalahan yang kita perbuat dulu, pasti menjadi bahan pertimbangan kita untuk melakukan sesuatu di suatu saat nanti.

Advertisement

Kita jadi banyak belajar tentang apa arti perjuangan yang sesungguhnya. Semua orang pasti pernah berjuang dan semua orang juga pasti pernah gagal. Tapi, mereka tidak menyerah begitu saja. Mereka malah semakin tertantang dengan segala rintangan yang menghadang. Mereka mengorbankan segalanya hanya untuk apa yang diperjuangkan. Tak heran jikakalau mereka bisa sesukses itu.

Masa sih, kamu biarin mimpimu lenyap begitu saja? Nanti yang bakal nyesel bukan cuma kamu, lho. Tanpa kamu sadari, kamu juga sudah mengecewakan orang-orang yang sudah dukung kamu selama ini. Mimpi bukan mainan, yang bisa kamu tinggalkan ketika kamu sudah bosan. Mimpi harus kita perjuangkan. Bersungguh-sungguhlah dalam mengejar mimpi. Jalani apa yang ada dulu dan jangan pernah mengeluh. Itu adalah proses dan kamu harus nikmatin setiap proses itu.

Apapun hasilnya nanti semoga tidak membuatmu down, yang penting kita sudah berusaha dan berdoa. Mungkin saja itu belum rezekimu. Jangan pernah menuntut dirimu untuk selalu menjadi yang terbaik. Sebab, yang baik menurutmu belum tentu baik menurut-Nya. Jadikan cacian-cacian mereka sebagai pupuk agar kamu bisa terus tumbuh. Jangan mudah terpuruk, masih banyak orang yang selalu mensupport kamu bagaimanapun keadaanmu. Bersyukurlah, karena banyak manusia di luar sana yang gagal karena mereka tidak memanfaatkan kesempatan. Kali ini, giliran kamu untuk bangkit dan tunjukkan pada dunia bahwa kamu bisa!

Advertisement

Jadilah diri sendiri yang bisa menginspirasi orang lain. Jangan pernah iri dengan kehidupan orang lain. Jangan pernah melupakan orang-orang yang telah membantu prosesmu dalam mengejar mimpi. Kenang selalu perjuanganmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya