Bali merupakan pulau di Indonesia yang memiliki keanekaragmana budaya dan sejarah yang berbeda dengan pulau lainnya. Sejarah Bali tak bisa dipisahkan dari penyebaran agama Hindu di Bali.

Tak heran jika Bali masih mempertahankan agama Hindu sebagai agama mayoritas di pulau Dewata tersebut. Bali juga memiliki sejarah kepemilikan dan penguasaan tanah yang berbeda dari daerah lainnya.

Advertisement

Oleh karenanya, Bali memiliki banyak pilihan spot-spot wisata. Anda yang sering ke pulau Bali tentunya bosen dengan wisata itu-itu saja, tahu anda juga yang belum pernah ke pulau Bali pasti juga bosen melihat latar atau tempat itu-itu saja yang digunakan dalam serial FTV yang sering ditayangkan salah satu televisi swasta.

Meskipun dengan tempat yang itu-itu saja, nyatanya Bali tetap menjadi destinasi favorit bagi masyarakat asing atau turis mancanegara. Anda atau para turis mancanegara tentunya sangat familiar dengan spot wisata di Bali, seperti Kuta, Legian, Seminyak, Bedugul, Ubud, Tanah Lot dan spot-spot yang sering ditayangkan di televisi.

Bagi anda yang bosen dengan tempat wisata tersebut, atau ingin mencoba sensasi pengalaman baru anda boleh bergeser ke daerah Bali Barat, tepatnya di Kabupaten Jembrana. Lokasinya sangat strategis karena hanya dibatsi dengan laut pulau Jawa saja. Berikut tiga lokasi wisata Bali Barat yang cocok buat anda :

Advertisement

Bendungan Palasari

Bosan dengan suasana laut? Coba dengan suasana Bendungan Palasari yang terletak di Desa Wisata Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Sangat cocok untuk dijadikan spot wisata keluarga sambil memancing.

Sebab bendungan yang dibangun pada masa pemerintahan Suharto tersebut menawarkan pemandangan yang eksotis dan memiliki udara yang segar.

Untuk dapat mengunjungi lokasi tersebut memerlukan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan dari kota Denpasar, dan hanya sekitar 15 menit dari pelabuhan Gilimanauk. Anda tidak usah memikirkan akses jalannya, sebab meskipun terletak akses jalannya sangat baik dan mampu dilewati jenis kendaraan apapun. Kecuali kereta api. Heheheh.

Gereja Dan Goa Maria

Anda tak usah heran, meskipun Bali penduduknya mayoritas menganut ajaran Hindu, anda bisa sangat mudah untuk menemukan Gereja atau Masjid. Sebab masyarakat Bali memiliki sikap toleransi yang begitu kuat. Masih di Desa wisata Ekasari. Selain ada bendungan Palassari di desa tersebut juga terdapat wisata religi.

Ditengah-tengah Desa Wisata Ekasari terdapat Greja Katolik dengan Unsur bangunan Eropa serta dikombinasi dengan unsur bangunan Bali. Selain itu juga terdapat Goa Maria berikut dengan pancuran air sucinya.

Hamparan Tebing Hijau

Selain di Desa Wisata Ekasarii ada juga spot wisata di Desa Wisata Yehembang Kangin yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Desa Wisata Ekasari. Spot tersebut bernama Green Cliff.

Anda akan disuguhkan udara yang segar dan sejuh ditambah dengan pemandangan yang cocok digunakan untuk ber-selfie ria bersama pacar, kalau yang jomblo bisa sama teman atau keluarga

Apalgi jika anda menaiki puncak bukit, Anda akan mendapat kesan yang lebih menakjubkan dengan adannya panorama tebing yang sangat luas serta ditambah suara merdu gemericik air sungai di bawah tebing tersebut.

Bangunan penyangga pada tebing tersebut hanya menggunakan ornamen bambu yang tentunya sangat ramah lingkungan dan memberikan keunikan sendiri. Selamat liburan, dan jangan lupa untuk mengunjungi tiga spot tersebut.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya