Mencintai diri sendiri? Terdengar gampang sih, tapi sebenernya sulit untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Jelas kita selalu cinta diri kalau kita lagi senang, kita merasa bagus, merasa cukup dan lagi dalam keadaan baik-baik aja.

Tapi, kalo misalkan kita lagi dalam keadaan susah, emosi atau merasa kurang, apakah kita masih cinta diri?

Advertisement

Orang yang cinta diri adalah mereka yang selalu menerima kekurangan dan kelebihan yang mereka miliki dan bisa menghargai dirinya sendiri sehingga bisa menjadi individu yang lebih baik bagi dirinya dan orang lain.

Terkadang sering sekali kita tidak sadar bahwa kita sering menghukum diri sendiri karena melakukan suatu hal yang salah atau mendapatkan hasil yang tidak sesuai dari apa yang kita mau. "Masa gini aja ga bisa" , "Bodoh banget sih" "Coba aja aku bisa jadi dia", suara kritik seperti itu sering kali kita sampaikan ke diri sendiri hingga menyebabkan diri sendiri kehilangan kepercayaan diri dan justru karena kita sendiri penyebabnya.

Kritik kasar yang tak berujung dan bahkan bersifat destruktif sebenernya tidak perlu kita lakukan, karena kritik tersebut lah justru yang membuat kita putus asa dan berhenti untuk percaya dengan kemampuan sendiri. Mulai lah mencintai diri sendiri, dengan bersahabat dan menjadi hakim yang baik bagi diri kita sendiri. Mulailah untuk selalu mengingat bahwa diri sendiri nantinya yang mampu yang mampu membawa kita untuk menjadi lebih baik lagi, bukan orang lain.

Advertisement

Dikala kegagalan datang dan kata menghakimi diri, mulailah untuk memeluk diri sendiri dan berkata " Tidak apa, banyak hal terkadang diluar kendalimu tapi yang penting kamu sudah berusaha kok! Nanti kita coba lagi ya. Pasti kita bisa!" (jangan lupa bilangnya bersamaan dengan senyum dan tutup mata) 

Percayalah, dengan cinta diri kamu bisa untuk menjadi apa yang kamu mau dan kehidupan mu akan selalu lebih mudah karena kamu punya sahabat sejati, yaitu diri kamu sendiri. Yuk cinta diri! :)

 

 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya