Indonesia sangat kaya akan keindahan, baik keindahan alamnya, keindahan budayanya, bahkan juga keindahan karya-karyanya. Di berbagai daerah di Indonesia sendiri, banyak mempunyai kain-kain khas terutama kain batik yang sudah diakui UNESCO sebagai milik Indonesia dan bahkan sudah diperkenalkan kepada dunia pertama kali oleh Presiden Soeharto yang pada waktu itu memakai batik pada saat mengadiri konferensi PBB.

Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Tradisi membatik adalah tradisi turun temurun, yang terkadang pada suatu motif dapat dikenali berasal dari keluarga tertentu dan bahkan juga dapat menunjukan status seseorang. Oleh sebab itu, saya sebagai pecinta batik ingin membagikan informasi seputar batik kepada anda.

Advertisement

Pada masa lalu, pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif bagi kaum perempuan. Namun, pada masa kini, semenjak industrialisasi dan globalisasi yang memperkenalkan teknik otomatisasi, batik jenis baru bermunculan, seperti Batik Cap dan Batik Cetak yang memungkinkan masuknya kaum laki-laki ke dalam bidang ini.

Saat ini batik banyak dijumpai di berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka, dan juga Iran. Selain di Asia, batik juga sangat popular dibeberapa Negara benua Afrika. Meskipun demikian, batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari daerah Jawa.

Ragam corak dan warna batik saat ini, banyak dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Namun, batik tradisional tetap mempertahankan coraknya dan masih dipakai dalam berbagai upaca adat, karena pada masing-masing corak biasanya memiliki makna masing-masing.

Advertisement

Jenis-jenis batik berdasarkan teknik pembuatannya adalah sebagai berikut:


  • Batik Tulis, yakni kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan.

  • Batik Cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap (terbuat dari tembaga).

  • Batik Lukis, merupakan jenis batik yang proses pembuatannya dengan cara melukis langsung pada kain putih.

Saat ini, batik benar-benar telah diterima oleh berbagai kalangan masyarakat. Buktinya, saat ini batik banyak dipakai oleh banyak orang, baik itu dari kalangan anak muda maupun orang dewasa, baik itu pejabat maupun orang biasa, kini terbiasa memakai baju batik. Selain itu ,kini memakai baju batik juga tidak lagi untuk acara formal saja, karena saat ini batik juga menjadi trend untuk dipakai di acara yang santai.

Batik telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah menetapkan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober. Pada tanggal tersebut, semua kalangan baik itu instansi pemerintah, swasta, sekolah, dan juga perguruan tinggi diwajibkan untuk memakai baju batik.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya