Indonesia telah dijajah oleh banyak negara. Inggris, Portugal, Spanyol, Perancis, Jepang, dan Belanda. Di antara keenam negara ini, Belanda adalah negara penjajah yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mengapa? Ini dikarenakan oleh jangka waktu Belanda menjajah Indonesia lebih lama dari negara-negara lain. Bung Karno pernah berkata bahwa Indonesia telah dijajah selama 350 tahun, dan juga ada ucapan di masyarakat yang berbunyi "Lebih menderita dijajah Jepang selama 3,5 tahun dari pada dijajah Belanda 3,5 abad." Ini membuat orang-orang Indonesia berpikir bahwa kita, Indonesia dijajah oleh Belanda selama 350 tahun. Namun, apakah hal ini pernyataan yang benar?

Pernyataan ini ternyata salah. Pernyataan Bung Karno yang mengatakan bahwa Indonesia telah dijajah Belanda selama 350 tahun itu hanya dikatakan oleh Bung Karno untuk membangkitkan rasa patriotisme, sedangkan ucapan "Lebih menderita dijajah Jepang selama 3,5 tahun dari pada dijajah Belanda 3,5 abad." Hanya digunakan karena kata 3,5 tahun berima dengan 3,5 abad sehingga dapat lebih mudah untuk diingat. Walaupun salah, pernyataan ini tidak seluruhnya salah. Memang ada yang terjadi antara Indonesia dan belanda 350 tahun yang lalu, apakah itu?

Advertisement

350 tahun yang lalu, pada tahun 1595, seorang kapten kapal dari Belanda, yang bernama Cornelis de Houtman mendarat di Banten. Cornelis de Houtman datang ke Banten untuk berdagang. Dia adalah orang Belanda pertama yang tercatat untuk mendarat di Indonesia. Saat berkedatangan ke Indonesia, dia tidak membawa satu pun tentara militer yang biasanya dibawa oleh negara-negara yang ingin menjajah. Dia benar-benar hanya ingin berdagang di Indonesia. Inilah hal yang terjadi sebenarnya pada tahun 1595 antara Indonesia dan Belanda. Perdagangan bukannya peperangan.

Kita sekarang sudah menemukan apa yang terjadi sebenarnya 350 tahun yang lalu. Namun, sekarang kita tidak tahu kapan Belanda mulai menjajah Indonesia. Ada lagi perkataan bahwa VOC lah yang memulai menjajah Indonesia. Apakah hal itu benar?

VOC datang di negara Indonesia pada tahun 1602, 6 tahun setelah orang pertama dari Belanda mendarat di Indonesia. Jika dihitung, jika VOC yang mulai penjajahan, Belanda berarti telah menjajah Indonesia selama sekitar 343 tahun (interupsi kependudukan Inggris menjajah di Indonesia tahun 1811-1816). Jadi, apakah ini benar kapan Indonesia mulai dijajah oleh Belanda? Pernyataan ini pun ternyata juga salah. VOC hanyalah sesuatu perusahaan perdagangan. Mereka bukanlah sebuah negara ataupun organisasi milik negara. Walaupun benar bahwa VOC mendapatkan hak yang besar di Indonesia waktu itu bukan berarti mereka bisa dianggap sebagai perwakilan Belanda.

Advertisement

Sudah dua pernyataan yang sudah kita buktikan sebagai salah. 350 tahun yang lalu tidak terjadi penjahan. Satu-satunya hal yang terjadi adalah kedatangan orang Belanda pertama di Indonesia. VOC pun juga bukan. Memang mereka mempunyai hak yang besar di negara kita pada waktu itu, namun mereka adalah perusahaan perdagangan. Mereka tidak mewakili negara mereka, Belanda.

Terus, kapan sebenarnya Belanda benar-benar datang untuk menjajah Indonesia?

Setelah VOC bangkrut (karena kebanyakan korupsi di dalam organisasi VOC) pada tahun 1799, kepemimpinan baru muncul di Indonesia. Pada tahun 1806, yaitu 7 tahun setelah kebangkrutan VOC, Indonesia diambil alih oleh seseorang dari Belanda-Perancis (waktu itu Belanda dikuasai oleh Perancis, sehingga kekuasaanya masih belum "penuh"), Herman Willem Daendels. Kepemimpinan Herman Willem Daendels berakhir pada tahun 1811. Negara Inggris mengambil alih Indonesia, dipimpin oleh Gubernur Jendral Thomas Stanford Raffles. Pada tahun 1816, akhirnya Belanda mulai menguasai Indonesia. Pada waktu itu Inggris akhirnya "mengembalikan" negara Indonesia kepada Belanda. Inilah saat di mana Belanda benar-benar memiliki kekuasaan atas Indonesia sepenuhnya. Mungkin kita bisa menganggap kepemimpinan Herman Willem Daendels sebagai waktu di mana Belanda berkuasa di Indonesia, namun menurut ini tidak dihitung dikarenakan waktu itu Belanda dikuasai Perancis.

Kalau dianalogikan kita bisa menganggap Belanda sebagai HRD dan Perancis sebagai bosnya. Belanda memang bisa dibilang di atas Indonesia, namun mereka masih mempunyai atasan lagi yaitu Perancis.

Kekuasaan Belanda tidak diterima begitu saja oleh Indonesia. Masyarakat yang ada di Indonesia melakukan perlawanan kepada Belanda. Perlawanan ini membuat Belanda sangat kesulitan. Namun pada akhirnya Belanda masih dapat menjajah Indonesia sampai dengan 1942, 126 tahun.

Penjajahan Belanda sangat mempengaruhi bangsa Indonesia. Mereka meninggalkan banyak peninggalan di negara kita, seperti benteng-benteng, kosakata, sistem pemerintahan, sistem pendidikan, dan lain-lain. Memang banyak hal yang hilang dari kita. Banyak orang yang meninggal, beberapa dari mereka adalah orang-orang yang sangat berjasa ke Indonesia yang mungkin jika tidak karena Belanda, dapat membantu membuat Indonesia lebih baik. Sumber daya alam kita pun dirampas dan digunakan seenak-enaknya mereka. Walaupun begitu, Indonesia bisa menjadi seperti sekarang hanya karena pengalaman yang telah dirasakan. Mungkin tanpa penjajahan kita tidak bersatu seperti sekarang. Oleh karena itu, mungkin kita tidak bisa melihat penjajahan dari Belanda sebagai kejadian yang menyenangkan, walaupun begitu kita tidak bisa membantah bahwa mereka membantu kita untuk menjadi seperti sekarang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya