#BeraniWujudkanMimpi-Jangan Pernah Menyerah Meraih Mimpi! Siapa Tahu Kesempatan Itu Akan Datang dalam 1 Menit.

Sebagai remaja, saya sering banget gonta-ganti mimpi. Mulai dari dokter, jaksa, dosen, penyanyi, dan lainnya. Dalam menentukan mimpi biasanya saya terpengaruh oleh drama apa yang ditonton. Misalnya, kemarin saya nonton drama bertemakan medical drama, akhirnya saya bermimpi jadi dokter. Besoknya saya nonton drama bertemakan hukum, akhirnya saya pengen jadi jaksa/hakim. Emang labil banget, yaa namanya remaja.

Advertisement

Di suatu hari yang tenang, entah ada angin apa yang datang, tiba-tiba saya menetapkan mimpi saya sebagai seorang penulis. Padahal sebelumnya saya sama sekali nggak ngerti tentang sistematika penulisan dan segala hal yang berhubungan dengan kepenulisan. Tapi saya yakin banget waktu itu, kayak, oke sekarang saya akan fokus mengejar mimpi saya sebagai seorang penulis.

Tapi, masalahnya saya nggak tahu mulai dari mana.

Sebenernya saya udah hobby nulis-nulis sihh di drawing book . Iya di drawing book, karena biasanya saya lebih free menuangkan ide-ide atau nulis apapun itu di drawing book . Selain drawing book, biasanya saya nulis-nulis di jurnal juga, bahkan waktu sekolah saya suka nulis di buku atau modul pelajaran. saya nulis apapun yang saya rasain, apapun yang saya pikirin, dan apapun itu ide-ide yang kepikiran sama saya. Mulai dari short story sampe poem. Cuma artikel yang gapernah saya bikin, karena saya pikir ribet bikinnya.

Advertisement

Sampai akhirnya saya nyampe di titik dimana saya bener-bener bingung untuk harus mulai darimana untuk menggapai mimpi saya. saya yakin pasti banyak para pejuang mimpi yang pernah melewati fase ini. Fase bingung harus gimana, harus mulai belajar dari mana. Tapi, Tuhan memang sayang banget sama hambanya.

Di saat saya lagi bingung-bingung nya, pas saya lagi nontonin storygram following saya, tiba-tiba saya liat storygram Hipwee. Saat itu Hipwee ngadain lomba menulis bertemakan kpop, dunia yang udah jadi bagian saya selama kurang lebih 12 tahun ini.  Dan pas saya liat hadiahnya, WOW.. hadiahnya yang lagi saya bener-bener pengen, yaitu album grup kpop yang saya suka. Dan saat itu juga saya tertarik untuk ikutan lomba itu dengan mindset, jadikan ini sebagai salah satu pengalaman saya menulis dan menjadi langkah saya untuk #BeraniWujudkanMimpi saya.

Advertisement

Saya ingat, saya ngeliat postingan itu beberapa hari sebelum deadline. Dikarenakan kesibukan kuliah saya, saya baru sempet nulis artikelnya H-1 deadline. saya nyari-nyari topik yang bener-bener menarik dan yang bener-bener saya kuasai biar penyampaiannya lebih enak. Mulai dari bikin sinopsis salah satu drakor kesukaan saya, tapi karena saya gak pandai bikin sinopsis drakor, akhirnya saya stuck, nggak bisa lanjut nulis, dan kesan tulisannya boring.

Akhirnya saya nyari topik lain yang bener-bener saya kuasai. Dan saya inget sama vlog-vlog korea yang selama PJJ ini saya tontonin tiap hari dan bener-bener pengen banget saya rekomendasiin ke banyak orang karena selain menghibur, juga banyak hal yang bisa kita contoh dari para vlogger tersebut. Akhirnya saya mulai nulis dengan menuliskan hal-hal yang saya sukai dari channel vlog-vlog itu.

Setelah saya rasa artikelnya beres, alias saya gatau mau nulis apalagi, saya submit lah artikel tersebut beberapa jam sebelum deadline. Tiap hari saya cek apa artikel saya di acc atau ditolak. Saya pun terus pantau storygram Hipwee Community dan lihat judul-judul artikel lain yang bagus-bagus banget dan pas saya liat profil penulisnya udah pada berpengalaman, dan di situ saya ngerasa kaya remahan rengginang:(.

Beberapa hari kemudian, pas saya cek, ternyata artikel saya di acc dan masuk top 5 director’s pick. Sebenernya saya nggak ngerti itu artinya apa, tapi saya tetep senang karena akhirnya apa yang saya tulis ada yang baca gitu dan saya bener-bener terharu:”.

Tanggal 9 November 2020, pas saya ulang tahun ke-20, akhirnya pengumuman pemenang lomba nya keluar. Dannnnnnnn saya kaget liat judul artikel saya ada di posisi pemenang utama. Saya be lyke “HAHHH KOK BISAAA???”.

Saat itu saya bener-bener gemetaran karena saya nggak nyangka tulisan saya juara lomba. Ini pertama kali saya menang lomba:” dan saya bener-bener speechless banget kaya lagunya Princess Jasmine speechless. Saat itu pula saya langsung kasih kabar ke papah saya dan papah saya bener-bener bangga banget sama saya.

Dan saya bener-bener berterima kasih banget sama Hipwee dan orang-orang yang udah baca artikel saya yang masih banyak salahnya pasti karena ini pertama kali saya bikin artikel.

Beberapa hari kemudian mang paket akhirnya mengeluarkan mantranya “PAKETTTTT!!!”. Saya yang nggak nunggu paket apapun santai aja rebahan di kamar. Sampai akhirnya kakak saya sang penerima paket datang nganterin paket ke kamar dan saya kaget ngeliat ada paket dari Hipwee, “Oh hadiah lomba hipwee” kata saya. Pas saya buka kok kecil, ga seukuran album inceran saya. Pas saya buka kagett dong isinya HP.

Kayak hah kok bisa HP, kok saya dapet hadiah sebagus ini. Pas saya cek postingan Hipwee lagi ternyata disebutkan bahwa hadiah utamanya emang smartphone. Saya pikir postingan-postingan kaya gitu tuh cuma tulisan doang atau smartphone nya bukan yang terbaru.

Tapi ini smartphone-nya emang yang terbaru guys nggak boong, Hipwee nggak tipu-tipu. Pas saya liat hp nya, saya cuma bisa senyum nggak percaya sambil tangan gemetaran. Saya langsung bangunin mamah papah buat liatin hp nya. Dan hp tersebut sekarang menjadi milik papah saya, karena hp papah saya udah rusak parah:(. 

Saya bener-bener bangga sama diri saya sendiri karena saya berani melangkah untuk #BeraniWujudkanMimpi saya. Saya yakin, kita semua pasti punya satu mimpi yang nggak disangka-sangka, atau mimpi yang sempat tenggelam karena ekspektasi nggak sesuai harapan, atau merasa tersesat, atau mungkin sebagian dari kita di tahap yang masih sangat-sangat awal dan hampir menyerah, saya berpesan untuk JANGAN PERNAH MENYERAH.

Kita nggak pernah tahu, siapa tahu kalau kita bertahan bahkan untuk 1 menit saja, kesempatan untuk meraih mimpi itu akan datang. 

Kegagalan bukan berarti mimpi kita gagal. saya, sering upload tulisan saya ke salah satu platform tapi ga pernah ada yang baca. Tapi saya yakin suatu saat pasti ada yang bakal baca tulisan saya dan mengapresiasinya. Intinya, percaya aja dulu sama diri sendiri, terus mengembangkan skill dan bersabar. Tidak ada kesuksesan yang datang tanpa proses. Bahkan pelangi pun datang setelah hujan. Yuk bareng-bareng kita #BeraniWujudkanMimpi. Pelan-pelan aja dulu, yang penting sampai.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE