#BeraniWujudkanMimpi-Melawan Sulitnya Keterbatasan dalam Meraih Impian.

Jadilah ilalang yang tumbuh di musim kemarau

Di dunia yang semakin kejam ini, kita hidup dalam keterbatasan. Terlebih lagi setelah pandemi corona menyerang, semua orang tak mampu berkutik. Akan tetapi diam bukanlah pilihan yang tepat, sebisa mungkin kita harus menerobos hambatan. Lakukan apa yang bisa kita lakukan, dan lihat hasilnya.

Advertisement

Sama halnya dengan bermimpi. Manusia punya imajinasi yang liar. Dari yang sederhana sampai yang tidak masuk akal. Tapi apakah imajinasi itu hanya pantas menjadi sebuah khayalan semata? Bukankah lebih baik mewujudkannya menjadi nyata? Bermimpi itu mudah, jadi bermimpilah setinggi langit. Tapi alih-alih memikirkan setinggi apa mimpi itu, lebih baik mulailah pikirkan, bagaimana cara mewujudkannya?

Mulailah dengan hal kecil seperti membaca buku. Lalu susun rencanamu setelah mendapatkan ide. Hindari pikiran buruk atau apa pun yang bisa menghambatmu. Ribuan kegagalan pasti terjadi pada setiap orang yang berjuang, tapi satu kesuksesan akan membuatnya sangat berarti. Hidup ini unik dan asyik. Semua kesulitan hanyalah guru yang ingin mengajarimu tentang kehidupan. Jadi bersabarlah.

Di sisi lain, keadaan ekonomi menjadi alasan utama mengapa banyak orang merasa gagal lebih awal. Namun selama masih bernapas, tentu semua yang tidak mungkin bisa kita jadikan mungkin. Contohnya saya. Sudah hampir dua tahun saya menulis di handphone retak yang kerap eror. Kesabaran adalah kuci mengapa saya mampu bertahan.

Advertisement

Impian ingin menjadi seorang penulis terkenal rasanya sangat mustahil. Ekonomi keluarga yang tak memadai, ditambah sosok ayah yang baru tiada di awal tahun ini membuat saya semakin rapuh. Tapi karena tekad untuk #BeraniWujudkanMimpi, saya bisa membeli handphone baru dari hasil tulisan yang saya kirim ke media online. Inilah keberhasilan awal yang membuat saya yakin bisa meraih mimpi itu di masa depan.

Bagi kita yang tidak punya hak istimewa seperti terlahir dari keluarga kaya, kita ini sudah istimewa, kita bisa hidup mandiri, dan kita bisa melawan gepuran badai untuk sampai di puncak. Orang lain bisa naik kendaraan untuk mencapai tujuan, kita masih punya kaki untuk mengejar. Jika tak punya kaki, kita masih punya akal.

Advertisement


"Orang besar bermimpi besar dan orang kecil bermimpi kecil. jika ingin mengubah dirimu, mulailah dengan mengubah ukuran mimpimu." (Robert T. Kiyosaki dalam buku The Business of the 21st Century)


Kutipan yang sangat memotivasi untuk kita yang merasa lemah. Meski kerap dicambuk oleh keterbatasan, tapi kita harus bermimpi besar. Tidak peduli seberapa banyak kekurangan yang kita miliki, jadilah ilalang yang tetap tumbuh di musim kemarau. Fokus pada tujuanmu dan raihlah mimpimu.

Jangan biarkan keterbatasan menjadi penghambat kita untuk menggapai impian. Jangan khawatir, karena semua orang berhak dan pasti bisa meraih mimpi meski dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Bagaimana, sekarang sudah siap untuk memulai danĀ #BeraniWujudkanMimpi?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menulis cerita fiksi

CLOSE