Bagi anda yang seorang traveler sejati, pastinya sudah pernah atau sangat ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Tempat ini pastinya sangat diidamkan untuk menjadi destinasi liburan para wisatawan nasional, bahkan mancanegara.

Mengapa tidak? Keindahan alam dibalut dengan spesies alien “Komodo” yang satu-satunya di dunia terletak di Pulau Komodo menjadi daya tarik yang sangat luar biasa.

Destinasi wisata yang harus kamu kunjungi apabila berkesampatan ke Taman Nasional Komodo ini di antaranya adalah Kampung Wisata Komodo, Pulau Kelor, Gili Laba, Pantai Pink, dan Loh Buaya. Kunjungan ke tempat-tempat tersebut memberikan sensasi berpetualang menyenangkan yang akan teringat dalam memori kamu sepanjang masa.

Kampung Wisata Komodo

Advertisement

Kampung ini terletak di pulau utama kawasan Taman Nasional Komodo, Pulau Komodo. Secara administratif, kampung ini berada di areal terluar Kabupaten Manggarai Barat. Di kawasan ini kamu dapat menikmati berbagai aktivitas tradisional masyarakat yang sangat eksotik dan tentunya jarang ditemukan di perkotaan. Souvenir berupa patung Komodo dari kayu pun dapat kamu dapatkan di kampung wisata ini.

Pulau Kelor

Pulau ini merupakan salah satu pulau yang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Di sini sangat terkenal dengan wisata snorkeling-nya. Lautan di sini masih sangat terjaga karena merupakan kawasan konservasi yang sangat dilarang untuk melakukan perusakan ekosistem. Keanekaragaman hayatinya pun sangat luar biasa, jenis terumbu karangnya sendiri terdapat 260 jenis dan dibalut dengan ribuan jenis ikan yang hidup di ekosistem taman nasional ini.

Gili Laba

Apabila kamu menemukan foto selfie dengan latar pulau yang berupa bukit-bukit, kemungkinan besar itu adalah Gili Laba. Gili Laba adalah tempat yang sangat cocok untuk mengambil gambar dengan lansekap yang luar biasa indah. Pada musim kemarau, savana yang berada di bukit-bukit ini akan mengering dan berwarna kekuningan, sedangkan pada musim hujan savana di sini akan hijau merona yang sangat menyejukan mata. Pemandangan di sini sangat cocok bagi kamu penikmat fotografi.

Pantai Pink

Pantai ini pastinya berwarna pink atau kemerahmudaan, sesuai dengan namanya. Pantai Pink ini dapat terjadi akibat adanya penumpukan dari sisa-sisa terumbu karang yang terbawa oleh derasnya ombak, sehingga tercipta pantai yang berwarna kemerahmudaan. Pantai ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berlibur bersama pasangan karena akan memberikan kesan sangat romantis.

Loh Buaya

Loh Buaya merupakan tujuan utama para wisatawan sekaligus menjadi gerbang bagi para wisatawan berkunjung ke Pulau Rinca. Di tempat ini kamu dapat bertemu dengan maskot taman nasional ini, yaitu Komodo. Untuk masuk ke tempat ini pastikan kamu telah membeli tiket dan menyelesaikan berbagai keperluan administrasi lainnya.

Untuk keamanan kamu dan orang-orang yang kamu cintai, pastikan kamu didampingi oleh penjaga taman nasional atau ranger Taman Nasional Komodo. Apabila tidak, tentunya resiko yang sangat besar sangat mungkin terjadi bagi kamu yang merupakan wisatawan baru.

Itulah destinasi wisata di Taman Nasional Komodo yang sangat dianjurkan untuk kamu kunjungi. Carilah paket wisata yang sesuai dengan budget kamu, lebih seru lagi apabila melakukan backpacker dengan teman-teman terdekat kamu.