Jika orang pebisnis dewasa berbicara mengenai bagaimana cara mengendalikan uang maupun pendapatan, maka mereka akan melakukan yang namanya investasi. Hal ini juga bisa untuk kita lakukan dengan cara menabung. Karena dengan menabung, kita juga bisa belajar untuk mengendalikan semua uang yang kita miliki. Menabung setiap hari bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tak perlu banyak-banyak, sisihkan saja kelebihan uang harian kamu. Hal ini bisa kita lakukan jika memang menginginkan mengumpulkan uang untuk membeli ataupun melakukan semua impian. Apalagi untukmu yang memiliki penghasilan di bawah 3 juta. Menabung bukanlah angan-angan semata!

Advertisement

1.    Mencatat kebiasaan bulanan dan selalu mengutamakan pada anggaran. Hal seperti ini dapat kamu lakukan kalau punya kebiasaan yang buruk saat menghabiskan uang.

2.    Memprioritaskan menabung. Ingat, kalau dengan menabung setiap hari, maka nantinya uang kamu juga akan segera terkumpul dengan cepat. Kalau ingin menggunakan uang, selalu pastikan kalau itu memang perlu.

3.    Menentukan tanggal menabung. Saat kamu telah gajian, jangan lupa sebelumnya menentukan itu tanggal berapa, lalu tentukan juga sebenarnya berapa jumlah uang yang mau kamu tabung selanjutnya.

Advertisement

4.    Membayar hutang. Kalau kamu punya hutang, maka akan lebih baik untuk membayarnya lebih dulu. Hal ini agar nantinya gak kepikiran terus. Karena walaupun nantinya kita telah mengumpulkan uang tapi punya hutang, pastinya kesenangan kita akan menurun.

5.    Jangan menyepelekan uang receh. Uang receh mungkin saja akan gak kita peduliin. Tapi kalau bisa terkumpul banyak, bisa menambah jumlah tabungan kita menjadi lebih banyak lagi. Kalau gini kan kita bisa tetap untung. Maka dari itu jangan buang uang receh, walaupun sedikit tetap saja berharga.

6.    Tetap menabung setelah kredit. Setelah kita menyelesaikan kredit yang telah kita ambil, maka usahakan untuk selalu menabung terus agar nantinya uang kita terkumpul banyak di bank.

7.    Menahan belanja berlebihan. Ini yang seringkali akan susah banget. Tapi kalau kita bisa menghindari belanja, terutama belanja yang berlebihan. Akan membuat kita bisa menghemat lebih banyak pengeluaran. Usahakan jangan membuka-buka aplikasi jual beli online, kalau perlu hapus dulu aplikasi itu agar kamu gak buka-buka terus.

8.    Ikut asuransi. Asuransi memang sangat penting sekali sekarang ini. Terlebih lagi untuk melindungi terjadinya resiko.

9.    Dapat uang langsung masukan ATM. Jika mendapatkan uang, usahakan langsung aja masukan ke dalam ATM kamu, melebihkan saja sedikit uang cash untuk sehari-hari.

10.    Ikut arisan. Arisan memang identik sama ibu-ibu. Tapi tetap bisa kita ikuti kok. Saya juga sering ikut, walaupun kebanyakan ibu-ibu. Untungnya juga lumayan.

11.    Memotivasi diri sendiri agar selalu menabung. Motivasi diri sangat penting, apalagi yang namanya manusia pikiran dan fokusnya bisa selalu berubah-ubah.

12.    Simpan bonus. Bonus kerja yang telah kita peroleh sebaik mungkin jangan kita pakai. Tabung aja.

Itulah beberapa tips menabung setiap hari yang paling bagus.

Semoga bermanfaat.

Sumber : mitraperbankan.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya