Setiap manusia memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Ada manusia yang memang terlahir dengan unggulan dari kesuksesan keluarganya, ada yang memiliki keunggulan hidup karena memiliki fisik yang lebih dari standar, dan keunggulan lain lainnya.

Tetapi juga ada manusia yang sepertinya tidak memiliki keunggulan apapun, maupun dari keluarga, fisik maupun dari lingkungan sekitarnya. Semua manusia memiliki kesempatan sukses yang berbeda. Ada yang pada akhirnya sukses mendapatkan impiannya,  juga ada yang gagal dan langsung menyerah.

Advertisement

Tetapi, tokoh yang saya wawancarakan telah meraih hal yang dapat dibilang sebagai mustahil. Pria ini memiliki cerita kesuksesan yang cukup unik dan sangat inspiratif. Pria ini telah meraih impiannya yang luar biasa walaupun hanya berasal dari kota kecil di Jawa Timur yaitu Madiun. Pria yang telah saya wawancarakan adalah Bambang Soebianto.

Bapak Bambang Soebianto lahir pada tanggal 6 Mei, tahun 1950 di kota Madiun. Ia lulus SD (sekolah dasar),  SMP (sekolah menengah pertama) dan SMA (sekolah menengah atas) di kota dimana ia lahir yaitu kota Madiun. Madiun adalah kota kecil yang termasuk dalam provinsi Jawa Timur dan tidak terlalu jauh dari kota Surabaya.

Kota kecil tersebut kemungkinan besar hanya diketahui dengan masyarakat sebagai kota di mana dahulu PKI (Partai Komunis Indonesia) pernah melakukan kerusuhan atau pemberontakan. Terlahir dan dibesarkan di kota kecil tersebut, Bapak Bambang tidak memiliki banyak opsi untuk menjadi sukses. Ditambah juga dengan era dimana ia muda hidup, jalan satu-satunya yang ia percaya dapat membawanya kesuksesan adalah dengan cara edukasi.

Advertisement

Karena pola pikir yang ia miliki tersebut, ia menjadi sangat fokus dan niat jika berbicara mengenai edukasi. Ia menyatakan bahwa dari SD sampai SMA, ia terus menerus meraih nilai terbaik dan sesuai dengan ekspektasinya. Karena ia memiliki hasil sekolah yang sangat luar biasa, bapak Bambang melanjuti edukasinya sarjananya di ITB (Institut Teknologi Bandung) dan City University of London, mengambil jurusan tambang eksplorasi. Setelah lulus dan mendapatkan diploma sarjana, ia melanjutkan edukasi S2 nya (gelar master) di Universitas Indonesia, mengambil jurusan Health and Safety in Business.

Bapak Bambang sempat bekerja dalam sebuah perusahaan Risk Management, tetapi cerita kesuksesannya berasal dari pertama kali ia bekerja di perusahaan lokal yaitu Pertamina. Dari awal ia mulai bekerja, sampai 30 tahun kemudian ketika ia pensiun dengan jabatan Vice President. Bapak Bambang mengatakan bahwa kita dapat meraih apapun impian kita jika melakukannya dengan serius.

Semenjak kecil ia selalu ingin merubah nasibnya dan berani untuk mengatasi apapun rintangan yang ia harus hadapi. Semenjak ia pertama bekerja di Pertamina, ia sudah melawan rintangan yang cukup rumit. Walaupun ia memiliki gelar sarjana dalam jurusan eksplorasi tambang, ia bekerja di Pertamina, sebuah perusahaan yang berurusan dengan minyak.

Memiliki pendidikan yang tidak sesuai dengan tempat kerjanya membuatnya memiliki pengetahuan dasar yang kurang mengenai tempat kerjanya.Tetapi karena kondisi Indonesia pada zamannya yang masih kekurangan ahli refinery, ia dikirim untuk melanjutkan edukasinya di London mengambil jurusan Environmental Health and Safety. Walaupun hal tersebut tidak mudah, ia mengatakan bahwa ia harus selalu mengalir, beradaptasi maupun ke zaman, waktu atau pun lingkungan.

Setelah mendapatkan gelar S2 nya, ia lalu ditugaskan di Pertama dalam bidang Refinery. Pada tahun 1999, ia naik jabatan menjadi Vice President sampai tahun 2005 dimana ia berhenti karena pensiun. Walaupun ia pensiun dari Pertamina, ia tetap bekerja untuk beberapa tahun di perusahaan asing yang menyediakan layanan manajemen risiko dan asuransi. Dalam perusahaan tersebut, ia menjabat menjadi seorang technical advisor dan juga presiden direktur.

Ketika ditanya jika ia merasa sukses, ia menjawab tentu. Ia merasa sukses karena ia telah meraih impian-impiannya walaupun hanya berasal dari kota kecil di Jawa Timur. Ia merasa bahwa ia telah mengubah nasibnya dengan sukses. Ia mengatakan bahwa apapun yang kita inginkan di dunia dapat diraih jika melakukannya dengan serius.

Bapak Bambang lalu memberi beberapa masukan mengenai meraih mimpi. Masukan tersebut dapat dibagi menjadi tiga, yang pertama ia sebut adalah mengenai pergaulan. Kita harus mengelilingi diri kita sendiri dengan orang-orang yang akan membangkitkan kita, dan tentunya harus membuang orang-orang yang bersifat negatif kepada kita.

Masukan kedua adalah mengenai kejujuran. Beliau percaya bahwa rezeki telah ditentukan oleh tuhan, karena hal tersebut ia percaya dengan berbuat baik, kebaikan juga tentunya akan mendatangi kita. Yang terakhir adalah serius. Jika kita ingin meraih impian kita, apapun rintangan yang akan kita hadapi akan tentunya dapat dilalui.

Bapak Bambang Soebianto mengatakan bahwa di zaman ia dahulu hidup, opsi satu-satunya hanyalah edukasi. Tetapi bukanlah berarti di zaman kita sekarang kesuksesan hanya tergantung dengan edukasi, peluang untuk sukses pada zaman sekarang tentunya sangat banyak. Itulah cerita menarik dari tokoh Bambang Soebianto, semoga cerita dari tokoh tersebut dapat membuat pembaca terinspirasi dan akan membuat pembaca makin yakin dengan cara menuju kesuksesan masing-masing.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya