Tak sebatas perilaku saat jatuh cinta dan patah hati. Ternyata, ketika sedang berselingkuh, laki-laki dan perempuan punya gaya yang berbeda dalam menutupinya. Lalu, siapakah yang paling cerdas dalam menyembunyikan kekasih idaman lainnya, laki-laki atau perempuan? Berikut ulasannya!

Perempuan rata-rata bisa dengan mudah menebak apakah seorang lelaki termasuk tipe yang doyan selingkuh hanya dengan melihat wajahnya, tetapi lelaki justru sebaliknya, kurang mampu menebak apakah seorang perempuan berselingkuh atau tidak. 

Advertisement

Para ilmuwan dari University of Western Australia, setelah menggelar eksperimen yang melibatkan 1.500 sukarelawan. Kepada mereka ditunjukkan foto 189 orang dewasa, yang terdiri dari 101 lelaki dan 88 perempuan. Sebelumnya para peneliti sudah mewawancarai orang-orang di dalam foto tersebut, apakah mereka pernah berselingkuh dan berbohong kepada pasangannya. Kemudian para sukarelawan diminta menilai wajah dalam foto-foto itu untuk menentukan siapa yang paling berpeluang berselingkuh dan merebut pasangan orang lain.

Hasilnya, para ilmuwan dalam jurnal Royal Society Open Science; menunjukkan bahwa baik sukarelawan lelaki maupun perempuan mampu menebak dengan akurat ketika diminta untuk menilai apakah seorang lelaki berselingkuh atau tidak. Tetapi mereka tidak mampu menilai dengan akurat ketika diminta menilai apakah seorang perempuan pernah berselingkuh atau tidak. Penelitian itu digelar karena penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa 70 persen orang dari lebih dari 50 budaya dilaporkan pernah berusaha merebut pasangan orang lain.

Seperti yang dilansir AFP, para ilmuan menyatakan bahwa "Lelaki dan perempuan memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk menilai wajah lelaki, tetapi ini tidak berlaku ketika menilai wajah perempuan".

Advertisement


Sangat sukar bagi lelaki maupun perempuan untuk menebak apakah seorang perempuan gemar berselingkuh atau tidak. Sebaliknya lelaki sangat mudah ditebak. 


Menurut studi itu, faktor utama adalah kecenderungan untuk tampil lebih maskulin. Uniknya ditemukan bahwa lelaki berwajah tampan justru tak doyan selingkuh. Bahkan ketika banyak yang menilai lelaki tampan gemar berselingkuh, mereka justru jarang merebut pasangan orang lain. Dalam penelitiannya, para ilmuwan juga mewanti-wanti bahwa hasil temuan mereka tak bisa digunakan ketika berkencan. Mereka mengatakan bahwa untuk mengetahui seorang gemar berselingkuh atau tidak, melihat wajah tidaklah cukup. 


Jika kamu mengandalkan kesan pertama untuk mendeteksi tukang selingkuh, maka anda akan membuat kesalahan besar~ Yong Zhi Foo.


Sedangkan, berdasarkan psikolog di Manchester Metropolitan University, Dr David Holmes, wanita lebih sering memiliki hubungan gelap namun perilaku mereka tak berubah di hadapan pasangannya. Mereka membuat rencana dan strategi secara emosional sementara para pria terlalu impulsif. Perbedaan terbesarnya adalah karena wanita lebih baik saat menyembunyikan hubungan gelapnya.


Wanita adalah pembohong yang lebih baik karena mereka lebih pintar secara psikologis~ Holmes pada Daily Mail


Sebuah survei menunjukkan hampir 100% wanita yang berselingkuh tak pernah ketahuan oleh pasangan mereka, sementara 17 persen pria mengaku pernah kepergok selingkuh oleh pasangan mereka. Survei ini dilakukan pada 3.000 orang wanita dan pria oleh Undercover Lovers. Sekitar 95% wanita dan 83% pria mengaku mereka berhasil menutupi hubungan gelap mereka dari pasangan. Ini berarti menunjukkan rata-rata 89% orang yang berselingkuh tak pernah ketahuan.

Hal yang serupa  juga dikatakan oleh Emily Pope dari Undercover Lovers, "Banyak dari anggota kami yang telah berselingkuh selama beberapa tahun tanpa ketahuan. Namun penelitian telah menunjukkan bahwa wanita lebih pintar berbohong daripada pria. Jadi, tidak mengejutkan saat mengetahui bahwa kebanyakan wanita berhasil menutupi hubungan mereka dari pasangan".

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya