Untuk beberapa orang, mobil merupakan kendaraan yang wajib digunakan sehari hari, tidak seperti halnya motor mobil dapat melindungi penggunanya dari panasnya terik matahari dan dinginnya hujan di jalanan. Kendaraan yang prima sangat dibutuhkan untuk mnerobos kemacetatan dan kepadatan jalan raya. Namun agar kendaraan yang ditumpanginya melaju dalam keadaan prima, tidak semua orang mempunyai waktu dan tenaga untuk merawatnya. Nah, oleh sebab itu saya ingin mencoba membagikan sedikit trik merawat mobil agar tetap berada dalam kondisi prima.

Ganti Oli Mesin Secara Berkala

Advertisement

Oli digunakan untuk melumaskan mesin, oli yang masih baik membuat mesin lebih halus dan tarikan mesin menjadi lebih optimal. Pengurangan gesekan mesin yang terjadi menjadikan oli sebagai komponen krusial mesin yang perlu diperhatikan.

Penggantian oli ini sebaiknya dilakukan setelah kendaraan telah menempuh jarak 3000 sampai 5000 kilometer. Jika setelah menempuh jarak tersebut oli tidak diganti, maka kemampuan oli untuk melumaskan mesin dan menahan panas akibat gesekan mesin akan berkurang yang lama kelamaan akan membuat performa mesin memburuk.

Cek Cairan Radiator

Advertisement

Cairan radiator berfungsi untuk mengurangi panas mesin mobil, kekurangan cairan atau air radiator akan membuat mesin menjadi overheating (panas yang berlebihan) yang jika terjadi terus menerus akan mengakibatkan mesin menjadi rusak atau pada beberapa kasus mesin akan mengeluarkan asap dan terbakar. Jadi pengecekan mengenai cairan kabulator harus rutin dilakukan apalagi setelah mobil dipacu untuk jarak yang cukup jauh.

Bersihkan Saringan Filter Karburasi

Saringan filter karburasi yang kotor akan menyebabkan masalah pada sulitnya mesin dihidupkan, filter yang tersumbat oleh debu mengakibatkan sirkulasi udara pembuangan menjadi terganggu sehingga perlu diambil langkah untuk pembersihan. Pembersihan dapat dilakukan dengan cara menyikat saringan filter karburasi tersebut menggunakan sikat gigi supaya dapat mudah menjangkau bagian yang sulit sekalipun.

Pacu Kendaraan Anda

Mobil yang lama tidak digunakan atau yang sering digunakan tapi tidak optimal akan menimbulkan kerak dibanyak bagian mesinnya. Solusi untuk masalah ini adalah dengan memacu kendaraan anda dengan lebih cepat. Anda harus menginjak pedal gas lebih dalam supaya mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Carilah jalanan yang cukup aman dan sepi untuk melakukan hal ini.

Sekian tips dan trik merawat mobil dengan cara sederhana dari Honda Lampung, semoga bermanfaat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya