Setiap orang yang menjalani kehidupan tentunya memiliki impian yang ingin di raihnya. Tercapainya impian itu sebagai kebahagiaan dalam setiap pencapaian di hidup ini. Dan hal itu sangat manusiawi sekali. Begitu pula dengan diriku yang ingin mencapai banyak hal dalam hidup ini. ingin memiliki banyak ketrampilan, melanjutkan kuliah di kampus impian, hidup berkeluarga dengan orang yang kudambakan, memiliki pekerjaan yang bagus, dan berbagai keinginan lainnya. Kukerahkan seluruh tenagaku untuk bisa mewujudkan segala keinginanku. Walau panas badai merintangi setiap langkahku. Walau harus berjuta-juta kilometer yang harus kutempuh. Walau harus mendaki gunung dan menyeberangi lautan yang luas sekalipun. Namun, hal itu sama sekali tak menyurutkan semangatku untuk mewujudkan semua impianku.

Namun, tak jarang kegagalan demi kegagalan menghiasi sepanjang perjalananku dalam berusaha mewujudkan setiap impianku. Hal itu sama sekali tak membuatku menyerah. Justru membuatku semakin tertantang untuk berjuang lebih keras lagi dalam mencapai semua impianku. Karena aku yakin bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Dan aku yakin aku pasti mampu mencapai semua impianku.

Advertisement

Namun, ada kalanya aku ingin menyerah saja pada keadaan yang terjadi ketika semua yang kuusahakan hancur begitu saja dalam sekejap mata. Gagal memiliki banyak ketrampilan, gagal masuk di kampus impian, gagal mendapatkan seseorang ku dambakan, gagal mendapatkan pekerjaan yang bagus atau bahkan masih menganggur dan berbagai kegagalan lainnya yang terjadi secara bertubi-tubi menyerangku tanpa ampun.

Aku merasa sangat putus asa seolah semua usahaku tidak ada gunanya. Kecewa, mungkin itulah yang aku rasakan saat sudah lelah berusaha namun tidak ada hasilnya. Perasaan kecewa itu bertahan begitu lama dan membuat hatiku menjadi tersiksa. Semangat yang dulunya membara kini tinggal asapnya saja, Seolah tiada harapan lagi yang tersisa dalam hidup ini.

Namun, seiring berjalannya waktu aku pun berusaha untuk bisa berdamai dengan keadaan. Kemudian aku pun belajar untuk bisa mengikhlaskan semua yang telah terjadi dalam kehidupan ini. Walaupun mengikhlaskan itu bukanlah hal mudah. Tapi aku yakin bisa melakukannya. dan baru kusadari ternyata dengan mengikhlaskan sesuatu yang menjadi kehendak Allah membuat hatiku mejadi lebih tenang dan mampu memandang positif setiap kejadian dalam hidupku.Dan kini pun aku sangat bersyukur karena Allah telah mengajariku untuk bisa mengikhlaskan sesuatu yang terjadi dalam hidup ini sehingga hatiku menjadi terasa lapang, mampu berpikir positif dan siap berjuang lagi untuk mewujudkan semua impianku.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya