#DiIndonesiaAja-Wisata Spot Surfing Terbaik Dunia Ada di Bumi Sikerei

Intip kekayaan wisata dan budaya di Bumi Sikerei

Keindahan adalah kata yang tak pernah lupa, tertinggal, maupun hilang dari kesan para wisatawan yang baru menginjakkan kaki di Bumi Sikerei. Demikian orang-orang menamai daerah yang berlokasi di sebelah barat provinsi Sumatera Barat tersebut. Daerah dengan sejumlah kebudayaan yang masih bertahan hingga saat ini, bersama dengan keelokan alam yang menjadi andalan bagi masyarakatnya. Daerah ini lebih dikenal sebagai Kepulauan Mentawai.

Advertisement

Bumi Sikerei ini memiliki 4 pulau besar, di antaranya Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Selain dikenal karena wisatanya, tato tradisionalnya juga menjadi ciri khas dari daerah kepulauan ini. Tato atau yang disebut Titi oleh masyarakat Mentawai dianggap sebagai tato tertua di dunia oleh beberapa antropolog. 

Wisata yang paling banyak digemari di Bumi Sikerei tak lain ialah surf resort yang juga sangat populer dikalangan turis-turis mancanegara. Bumi Sikerei memiliki 71 spot surfing, 33 spot snoorkeling, 38 area pemancingan favorit. Dari 71 spot surfing yang ada di Bumi Sikerei, 49 spot diantaranya masuk katagori executive berskala internasional dan 7 spot diantaranya merupakan yang terbaik dari 10 spot surfing yang ada di dunia. Spot surfing tersebut ini diantaranya berada di Pulau Nyang-Nyang, Karang Bajad, Karoniki, Pananggelat dan Mainuk di Pulau Siberut, Kateil Basua di Pulau Sipora dan Pagai Utara di Pulau Sikakap masuk 10 besar terbaik di dunia. 

Singkatnya, ada 2 spot surfing yang masuk 10 spot terbaik versi Surfing Magazine Australia. Dua spot tersebut di antaranya, Lances Right dan Macaronies. Lances Right atau yang juga dikenal dengan Hollow Trees berlokasi di Pulau Sipora. Sedangkan Macaronies terletak di Pulau Pagai Utara.

Advertisement

Nah, buat yang mau berwisata ke Bumi Sikerei, harus menempuh selama 12 jam perjalanan laut dari Kota Padang, tapi sekarang juga bisa ditempuh dengan waktu hanya tiga jam dengan menompangi Mentawai Fast atau kapal cepat. Kapal cepat ini melayani penumpang Padang-Mentawai hampir setiap hari. Harga tiketnya Rp250 ribu per orang. Berangkat Padang-Mentawai pagi jam 07.00 di Pelabuhan Muara Padang, kembali Mentawai-Padang jam 15.00 dari Mentawai. Nggak masalah kan ya, kalau cukup memakan waktu, tetapi dijamin deh nggak bakal nyesel liatin beningnya laut biru plus pasir putih nan indah di sana.

Selamat berkunjung ! and Welcome to Mentawai Island

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE