Lampung Selatan sudah dikenal dengan pariwisata pantainya, ditambah Lampung Selatan menjadi banyaknya lokasi pelabuhan penyebrangan ke pulau-pulau sekitar yang berada di sekitaran Lampung seperti pulau pahawang hingga teluk kiluan yang mendatangkan banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri. Indonesia sebagai negara kepulauan sudah sepantasnya memiliki pulau-pulau yang sangat eksotis dan mampu mengembangkannya. Tak perlu berkelana jauh hingga Indonesia timur, Lampung selatan adalah jawaban yang tepat bagi wisatawan yang rindu akan dinginnya air laut dan membutuhkan vitamin sea.

Lampung sebagai provinsi paling selatan di pulau Sumatra menyimpan pulau-pulau eksotis untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau kerabat. Bagi para penikmat laut, Lampung adalah tujuan kalian selanjutnya. Lampung Selatan lebih tepatnya menyimpan keindahan laut yang eksotis tidak hanya pantai dan pulaunya saja tapi juga keindahan bawah lautnya. Kini akses menuju Bandar Lampung sudah semakin dekat sejak beroperasinya tol trans Sumatra, jika sebelum tersedianya tol kita harus melalui lintas timur yang memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan, kini dengan tol dapat memangkas waktu perjalanan yaitu cukup dengan 1 jam perjalanan kita sudah masuk ke kota Metro alias Bandar Lampung.

Advertisement

Dengan banyaknya lokasi pariwisata laut yang terletak di Lampung Selatan, akses jalanan untuk masuk ke daerah ini sangat baik untuk perjalanan darat, wisata dilampung Selatan ini berjajar dari pantai sari ringgung yang paling dekat dengan kota Bandar Lampung hingga diujung sana teluk Kiluan. Daerah ini memiliki banyak wisata pantai yang bisa kalian pilih, seperti pantai sari ringgung, klara, pahawang hingga kiluan di Tanggamus. Salah satu rekomendasi wisata di Lampung Selatan adalah pantai Sari Ringgung, objek wisata yang berada di kabupaten Pesawaran ini menawarkan keindahan alam dan permainan air yang sangat cocok bagi keluarga, pantai sari ringgung juga merupakan pintu masuk untuk ke pulau tegal mas. Pulau yang berada sekitar 20 menit perjalanan laut dari sari ringgung ini menawarkan penginapan berbentuk rumah Lombok yang bisa disewa dengan hamparan laut lepas nan biru sebagai pemandangannya.

Sari Ringgung memiliki pantai yang bersih dan hamparan pasir putih disepanjang garis pantainya. Dilengkapi dengan beberapa permainan air dan tersedianya seluncuran seperti di kolam renang menambah keunikan yang tersedia dipantai ini. Dengan tiket masuk sebesar Rp 20.000 / orang pengunjung sudah bisa menikmati seluruh keindahan pantai ini dan juga tersedia kamar bilas untuk yang tidak ingin bermalam dipantai ini dan hanya ingin berenang. Namun rasanya kurang puas bila tidak bermalam disini dan hanya menghabiskan waktu di pantainya saja. Bagi penyuka snorkling ada baiknya untuk bermalam dan menjelajahi beberapa spot snorkling yang ada disini.

Menyusuri pulau di sekitar pantai Sari Ringgung kalian bisa menyewa kapal seharga Rp 250.000, dengan tujuan menyebrang ke pulau tegal mas pergi dan pulang. Tiket masuk di pulau tegal masĀ  yaitu seharga Rp 40.000 per orang untuk mengelilingi pulau yang terlihat mewah ini. Jika tidak ingin melihat ke dalam kalian tetap bisa bersnorkling di dekat pulau secara gratis. Keunikan di spot ini adalah lokasi yang terbilang dangkal jadi sangat aman bagi yang tidak terlalu mahir snorkling, bersebelahan juga dengan spot yang memiliki kedalaman lebih dari 3 meter, jadi dispot ini kalian bisa memilih spot mana yang lebih cocok dan aman bagi kalian untuk menikmati bawah laut. Spot ini memiliki kondisi air yang sangat tenang dari gelombang. Selanjutnya setelah puas snorkling di tegal mas saatnya bergeser ke area spot snorkling selanjutnya yaitu Mahitam.

Advertisement


Nah di spot ini arusnya tidak setenang di tegal mas apalagi kalau sudah mulai sore gelombang semakin membesar, tapi masih dalam taraf yang aman untuk snorkling jadi lebih baik untuk snorkling di spot ini terlebih dahulu baru pindah ke Tegal Mas.


Lokasinya lebih terbuka dibanding tegal mas membuat spot ini mendapat gelombang laut yang lebih besar, berbeda dengan tegal mas yang berdekatan dengan pulau. Terumbu karang yang cantik dan ikan-ikan kecil menghiasi spot ini, menyerupai dengan spot tegal mas. Keduanya terdapat monumen didasarnya, jadi tahan nafas sedikit dan menyelam lah lebih dalam. Setelah selesai dari spot ini bisa melanjutkan penjelajahan ke pasir timbul atau bisa kembali ke pantai sari ringgung.

Puas menikmati wisata air di sari ringgung kini saatnya beristirahat. Penginapan di sari ringgung tersedia kamar dengan harga Rp 700.000 untuk kapasitas 3 orang menggunakan AC dan kamar mandi di dalam, ada juga yang tidak menggunakan AC dengan harga yang sama namun kapasitas hingga 10 orang. Bermalam di Sari Ringgung memang terasa sedikit hening karena tidak tersedianya warung makan di area pantai saat malam, jika mau dapat keluar menggunakan kendaraan menuju pasar hanura yang tidak jauh dari sari ringgung masih tersedia banyak warung makan yang menyediakan makan malam. Keesokan harinya saatnya menunggu matahari terbit tanpa perlu mengarungi lautan, matahari terbit di sari ringgung terlihat jelas dari bibir pantai. Untuk melihat sunrise setidaknya pukul setengah enam harus sudah bersiap berada di pinggir pantai. Matahari terbit yang cantik akan menjadi tanda memulai hari. Jika ingin mencari penginapan di Bandar Lampung, jarak dari pantai sari ringgung menuju Bandar Lampung pun tidak terbilang jauh hanya sekitar 24 km atau satu jam perjalanan darat.

Indonesia sebagai negara kepulauan sudah sepantasnya menjadikan wisata laut sebagai salah satu objek wisata andalan. Tersebarnya pulau-pulau eksotis diseluruh Indonesia harus menjadi primadona bagi wisatawan lokal dan asing. Indonesia tidak hanya memiliki kencantikan pulau-pulau di timur Indonesia, tapi pesona alam wisata bawah laut Sumatra sudah dapat disandingkan dengan pulau-pulau di timur Indonesia. Mulai kemasi barangmu, kini saatnya berkelana menikmati indahnya Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya