Waktu luang adalah hak dan merupakan salah satu hal penting yang perlu dimiliki setiap orang yang mempunyai kesibukan dalam seminggu. Rumah biasa menjadi tempat di mana seseorang bisa leluasa untuk menikmati waktu luang mereka dengan berbagai kegiatan-kegiatan sederhana, tidak terlalu menguras tenaga maupun memberatkan beban otak. Setidaknya itulah yang membuat sebuah waktu luang terasa sangat nikmat.

Selain untuk refreshing, waktu luang yang digunakan untuk hal-hal ringan sekaligus digunakan kebanyakan orang untuk mengistirahatkan badan. Soal waktu luang, ada baiknya jika digunakan sesuai porsinya dan tidak terlalu membuang percuma banyaknya waktu luang yang dimiliki seseorang. Bisa untuk digunakan untuk melakukan hal-hal yang bersifat positif atau malah bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang produktif. Tergantung pribadi masing-masing saja dan bagaimana cara mengaturnya.

Advertisement

Ngomong-ngomong soal waktu luang, di Inggris, ada sebuah penelitan yang cukup unik di mana para pria dinilai lebih banyak mempuyai waktu luang untuk bersantai daripada kaum wanita. Dalam hasil penelitian the Office for National Statistics atau ONS disebutkan bahwa para laki-laki menghabiskan 6 jam dan 9 menit per hari untuk menghabiskan waktu luangnya, dibandingkan dengan 5 jam dan 29 menit yang dimiliki kaum wanita untuk bersantai di waktu luang.

Di bagian Inggris barat daya, rata-rata pria mempunyai waktu luang 36.2 jam, 7 jam lebih lama dari yang dimiliki wanita. Sedangkan di Irlandia Utara, perbedaan lama waktu luang yang dimiliki pria dan wanita tidak terlalu jauh. Ketika tidak sedang dalam waktu luang, wanita di Inggris lebih aktif dalam mengerjakan pekerjaan yang tidak berbayar seperti bermacam pekerjaan rumah tangga, seperti mengurus anak, memberi perhatian kepada suami, memasak, membersihkan rumah, membuat prakarya, berkebun, berkendara, menyetrika baju atau mencuci baju. Sedangkan bagi pria di Inggris, waktu luang yang mereka gunakan untuk mengerjakan sesuatu di rumah atau membantu pekerjaan rumah sang istri hanya antara hari senin dan sabtu. Setidaknya para pria menghabiskan 131 menit untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak berbayar. Menurut penelitian yang dilakukan ONS untuk para wanita di Inggris kebanyakan, waktu tertinggi untuk mengerjakan pekerjaan rumah adalah pada hari senin dengan total 207 menit per hari, lho!

ONS juga menyatakan bahwa mayoritas dari waktu bersantai antara pria dan wanita di Inggris dihabiskan untuk menikmati media masa maupun media elektronik, seperti kegiatan membaca, menonton televisi,atau mendengarkan musik dengan total waktu 16 jam 24 menit bagi pria, dan 14 jam 23 menit bagi para wanita di Inggris.

Advertisement

Seperti itulah waktu luang yang dimiliki oleh penduduk di Inggris. di Indonesia bagaimana ya?

source and link at https://www.theguardian.com/uk-news/2017/oct/24/men-uk-enjoy-more-leisure-time-than-women-study-shows

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya